Amazing Race. Amazing MPLS. Amazing SPIRIT. Amazing US!

COVER

Menjelang tahun ajaran baru setiap sekolah pasti memiliki agenda tersendiri untuk menyambut para siswa (lama) dan baru, salah satunya dengan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah alias MPLS. Dulu sekali sebelum MPLS dicanangkan, sekolah-sekolah di Indonesia mengusung Masa Orientasi Siswa (MOS) sebagai acuan untuk mengenalkan sekolah kepad para siswa barunya, sayangnya banyak kejadian tak mengenakan selama MOS diterapkan, kejadian demi kejadian memilukan banyak menimpa mereka yang berniat untuk sekolah sebaik-baiknya. Namun semua berubah menjadi lebih baik setelah pemerintah (melalui wewenang Kemendikbud) mengelurakan Permendikbud No 18 Tahun 2016.

IMG-20170720-WA0002

Di SMART tradisi MPLS disambut dengan sangat baik, hal tersebut dikarenakan SMART memang tak menerapkan sistem orientasi berlebihan ala MOS, maka sejak 2016 lalu banyak kegiatan seru diterapkan untuk menyambut para siswa baru dan para siswa yang naik ke Kelas 10. Setiap tahunnya para panitia sibuk memikirkan ide-ide hebat agar MPLS selalu terkenang di hati para pesertanya, seperti yang dilakukan panitia MPLS SMA 2017. Tahun ini ada yang berbeda dengan MPLS SMA, karena selain menggelar Kelas Inspirasi yang menghadirkan narasumber dengan pekerjaan anti maninstream seperti Travel Advisor, Online Marketer, Penulis, dan Food Blogger; mereka juga menggelar “Amazing Race SMART Leader Camp”.

IMG-20170720-WA0015

Amazing Race SMART Leader Camp (ARSLC) merupakan kegiatan kekinian hasil kolaborasi Panitia MPLS dengan kakak-kakak dari Strategic Partnership (SP) Dompet Dhuafa Pendidikan (DDP) dan Navigatour Travel Service. Sebanyak seratus siswa dari Kelas 10 (IPA & IPS) dan Kelas 11 (IPA & IPS) mengikuti kegiatan yang digadang-gadang menjadi MPLS SMA terkeren, tersegar, dan tergreget di sepanjang pelaksanaan MPLS SMA. ARSLC sendiri bertujuan menjadi sarana pembuktian kami dalam pengaplikasian nilai-nilai Dompet Dhuafa Pendidikan melalui prinsip SPIRIT yaitu Sinergi, Persisten (kerja keras), Inovatif, Care (peduli), Continuous Improvement (perbaikan berkelanjutan), dan Trustworthy (amanah), juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat kami dalam menggapai mimpi.

17-07-20-20-09-38-908_deco

Mengambil lokasi di Taman Wisata Matahari, Cisarua, Jawa Barat, kemarin (20-07), akhirnya ARSLC yang dinanti datang juga.  Ditemani guru, kakak-kakak SP DDP dan Navigatour, serta kakak-kakak relawan dari beragam profesi –mereka menjadi fasilitator selama di sana—, kami dibagi menjadi dua belas kelompok. Setiap kelompok ditemani satu orang fasilitator yang akan membantu kami menemukan ragam petunjuk selama ARSLC berlangsung. Oh iya sebelum keberangkatan, kami juga di-brief terkait banyak hal termasuk aturan serta jenis kegiatan. Nah tugas seluruh kelompok adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari permainan, poin bertambah apabila kelompok berhasil menyelesaikan tantangan ditiap titik pos. Jika kami ingin menjadi kelompok terbaik maka harus menaklukkan enam titik pos tantangan, hanya saja kami tak dibiarkan melenggang mulus ke tiap titik pos karena diharuskan memecahkan petunjuk untuk sampai ke sana. Setiap tantangan harus diselesaikan dalam kurun waktu beberapa menit saja, jika lebih dari itu maka poin kami otomatis dipotong. Wah sedihnya.

IMG-20170720-WA0000

Beruntung fasilitator kami semuanya baik dan sabar, padahal medan yang ditempuh cukup menguras tenaga, peluh kami sampai bercucuran karena harus berlari ke sana ke mari mencari pos. Sisi positifnya, kami belajar banyak sekali tentang hidup di tiap pos yang kami datangi –pokoknya sesuai dengan tujuan kegiatan ini—. Di Pos Perahu Naga (Pos Sinergi) kami diminta mengajak pengunjung Taman Wisata Matahari menjaga kebersihan lingkungan dengan memunguti sampah selama dua menit. Semakin banyak orang yang diajak maka semakin besar poin kami dapatkan, tetapi intinya bukan sekadar poin namun lebih kepada bagaimana kami bisa mengajak orang lain pada kebenaran; Di Pos Perahu Kayak (Pos Persisten), kegigihan kami dalam menggapai mimpi ditantang. Kami diminta mendayung perahu secara bergantian untuk mengambil kertas mimpi yang berada di ujung sungai, selama sepuluh menit kami bahu membahu mendayung, kerjasama sangat dibutuhkan agar misi selesai dengan baik; Di Pos Water Park (Pos Inovatif), kemampuan kami berkomunikasi ditempa dengan cara mempresentasikan mimpi kami semenarik mungkin menggunakan ide tak biasa kepada pengunjung Taman Wisata Matahari. Awalnya malu, namun kami memberanikan diri agar misi sukses, karena semakin menarik maka semakin banyak tandatangan kami peroleh dari para pengunjung. Itu artinya semakin banyak poin kami dapatkan; Di Pos Foodcourt (Pos Care), kepedulian kami diasah dengan membantu pedagang disekitar Taman Wisata Matahari berjualan. Kami diminta meningkatkan omset para pedagang dengan menjajakan jajanan yang dijual para pedagang, semakin banyak kami menjual makin banyak poin kami peroleh. Mantap jiwa; Di Pos Perahu Karet (Pos Continuous Improvement) kemampuan kami bermarketing disulut, kami diminta menjadi fund raiser DDP dengan mencari relawan dan donatur sebanyak mungkin.  Namun sebelum melancarkan aksi, kami dibekali dengan pelajaran seputar DDP beserta program di dalamnya; Di Pos Menara Pandang (Pos Trustworthy) kami diajari tentang menjaga amanah dan kepercayaan, panitia menyiapkan skenario tertentu agar kami bisa menjaga amanah dan kepercayaan mereka selama tugas berlangsung.

IMG-20170720-WA0001

Setelah semua tantangan resmi diselesaikan, kami melakukan evaluasi kegiatan besar-besaran dari setiap pos seperti: apa saja hambatan yang kami hadapi?; bagaimana reaksi orang?; pelajaran apa yang bisa kami petik? dan lain sebagainya. Kami takjub dengan pelajaran yang kami terima kemarin, dibalik semua keseruan ternyata banyak pelajaran hidup tersembunyi bisa kami petik. Kami lebih takjub lagi karena setelah evaluasi, kami “dihajar” siraman motivasi yang membangkitkan semangat juang untuk terus menggapai mimpi. Siraman motivasi menjadi penutup kegiatan MPLS SMA 2017, kami  sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. Untuk kami, kegiatan ini sangat luar biasa sekali, bahkan kami tak merasa bosan sedari awal hingga menjelang pulang.

IMG-20170720-WA0004

Tak banyak bisa kami berikan selain ucapan terima kasih kepada para Panitia MPLS, kakak-kakak Strategic Partnership Dompet Dhuafa Pendidikan, kakak-kakak Navigatour Travel Service, kakak-kakak Pendekar Clothing, kakak-kakak fasilitator, dan seluruh partner (Winexwork, Maxima,Lenawisata, ICDC Indonesia, 8 Traventure, Pesona Highland, Pionir, Taman Wisata Matahari, Scorpion Holidays, Panorama, dan Hejou) yang telah memberikan banyak hal hebat sehingga MPLS SMA SMART 2017 terlaksana dengan sangat baik.

Sampai jumpa di MPLS tahun depan! (AR).

 

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044