Banyak Belajar, Banyak Bermain di Pulang Kampungnya SMART

26732198_542626272782751_380926566_o

Oleh: Syehan Rizki Anesa.

Pada 15 Desember lalu adalah hari penerimaan rapor bagi seluruh siswa SMART Ekselensia Indonesia, semua siswa nampak sumringah karena setelah pembagian rapor kami kembali ke kampung halaman masing-masing. Beragam hal telah kusiapkan jauh-jauh hari; mulai dari koper berisikan pakaian,buku, barang-barang yang diperlukan selama pulang ke kampung halaman, hingga oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga tercinta.

26732370_542626296116082_840547189_o

Malamnya kami berangkat dari sekolah menuju Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 23.00 WIB  dengan menaiki bus pariwisata. Kami dibagi menjadi dua bus yang disesuaikan dengan terminal keberangkatan, aku yang pulang ke Pekanbaru dan turun di Terminal 1C disatukan dengan teman-teman dari Batam, Kupang, dan Bangka Belitung. Kami berdoa agar diberikan keselamatan selama perjalanan.

Kami pun menunggu waktu keberangkatan di bandara dengan tidur untuk menghemat energi. Setelah terlelap sebentar akhirnya waktu check in pun tiba, kami berpamitan kepada ustaz pembimbing dan langsung menuju ke dalam pesawat. Pesawat kami tujuan Jakarta-Pekanbaru Alhamdulillah mendarat dengan selamat pada pukul 07.25 di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Aku , Kak Rahim, Dede, dan Malik akhirnya tiba di kampung halaman. Bahagia rasanya.

Pulang kampung kali ini selain berlibur aku dan teman-teman lainnya juga melakukan sosialisasi tentang SMART ke beberapa Sekolah Dasar (SD) di Pekanbaru didampingi oleh Kak Lily, mitra dari Dompet Dhuafa Riau.  Oh iya sosialisasi sendiri bertujuan mengenalkan SMART dan juga memberikan motivasi ke siswa siswa SD berprestasi untuk mengikuti seleksi SMART.

Secara bergantian kami memberikan penjelasan kepada mereka tentang SMART Ekselensia Indonesia. Mulai dari kegiatan belajar,kehidupan di asrama, hingga prestasi yang telah diraih SMART. Hal ini merupakan salah satu upaya dari Dompet Dhuafa Riau untuk mencari calon-calon siswa SMART Angkatan ke-15. Alhamdulillah setelah selesai melaksanakan sosialisasi banyak yang antusias bertanya tentang SMART lebih jauh lagi. Selain ke SDN 20, kami juga memberikan sosialisasi ke SD lainnya,seperti SDN 165,SDN 137, dan SDN 81.

Hari-hari selanjutnya hanya Kuisi di rumah. Melakukan kegiatan-kegiatan seperti biasa. Beberapa hari juga kuisi dengan pergi ke pasar atau toko untuk memenuhi kebutuhan selama di sekolah nanti. Seperti pakaian dan perlengkapan lainnya. Melihat diriku hanya berdiam diri di rumah sepertinya membuat ibuku memutuskan untuk mengajakku, adik, serta Malik dan Dede (kawanku di SMART) untuk berkunjung ke tempat Wisata Ulu Kasok,Candi Muara Takus, dan Sungai Hijau yang terletak di Kabupaten Kampar. Ulu Kasok ialah tempat wisata yang sedang populer di kalangan banyak orang karena menyakijan pemandangan yang terlihat seperti Raja Ampat, tak heran jika tempat ini dijuluki “Raja Ampat KW”. Butuh beberapa jam untuk bisa menjangkau lokasinya karena lokasinya yang memang agak sulit diterjang, namun semua perjuangan ke sana terbayar dengan pemandangan yang indah.

26695080_542626306116081_1450332227_o

Setelah puas berfoto-foto dan menikmati pemandangan yang indah, kami melanjutkan perjalanan ke Candi Muara Takus. Setelah tiba di sana,kami beristirahat dan makan di sebuah pondok. Senangnya bisa makan bersama, karena aku yakin bisa menguatkan tali silaturrahmi. Setelah selesai makan, kami melanjutkan berkeliling kawasan candi. Kawasan candinya tidak terlalu luas jadi kami bisa meikmatinya secara menyeluruh.

26732275_542626302782748_1747494030_o

Tidak lama berada di Candi Muara Takus, kami langsung pergi mencari tempat Wisata Sungai Hijau. Dikarenakan lokasi yang agak terpelosok menyebabkan kami beberapa kali menanyakan lokasi pada warga setempat. Setelah tiba di sana kami langsung membentang tikar, mengganti pakaian, dan langsung berenang. Saya, Malik,Dede,dan adik berenang dengan sangat bahagia. Airnya dingiiiiiiiin sekali dan arus yang cukup deras membuat berenang menjadi semakin seru. Setelah puas berenang kami  langsung pulang ke rumah masing-masing.

Alhamdulillah liburan Pulang Kampung kali ini membuatku banyak belajar terutama di bidang public speaking dan juga cara menguasai panggung, aku berharap di masa depan aku bisa menjadi public speaker handal, aamiin.