Karena Disiplin Itu Hebat

IMG-20170829-WA0003

Oleh: Asep Rogiya
Kesiswaan SMART Ekselensia Indonesia.

Ada analogi berupa kehidupan ayam dan kucing. Ayam yang hidupnya berdispilin. Bangun paling pagi, cari makan paling pagi, paling rajin mengais Rejeki, setelah bekerja keras seharian. Ketika malam tiba, Ayam akan segera pulang kandang lalu tidur. Tidak peduli nanti malam ada orkes dangdut, ada wayang kulit, ada sinetron top, ayam akan tetap tertidur. Karena dia sadar, esok hari dia harus bangun paling pagi, lalu membangunkan yang lain untuk bangun juga.

Maka lihatlah hasilnya. Berapa banyak ayam disembelih setiap hari? Berapa banyak telur ayam kita goreng, dadar, kita buat campuran kue, kita rebus setiap harinya? Tapi pernahkah kita temukan bahwa ayam adalah binatang langka di dunia ini? Tidak. Dia adalah binatang produktif yang memberikan apa yang dia punya untuk kebahagiaan pihak lain. Tapi karena dia berdispilin, maka hidupnya bermanfaat, dan selalu bisa meningatkan produktivitasnya.

Beda dengan kucing. Malam hari dia masih keliaran cari rezeki. Tidurnya sembarangan. Tidak pernah disiplin waktu. Tidak pernah displin makan. Apalagi displin tidur. Maka meskipun hampir tidak ada orang yang makan kucing, jarang ada orang yang bunuh kucing, tapi kucing bahkan pernah jadi binatang langka. Kenapa?? Karena kucing kehilangan disiplin dalam hidupnya. Maka dia kehilangan produktivitas. Dia kehilangan manfaat bagi orang lain.

Itulah Displin. Siapapun harus hidup dengan disiplin jika ingin bermanfaat. Siapapun harus berdisplin untuk hidup produktif. Untuk bisa memberi manfaat bagi orang lain. Untuk bisa memancarakan kebahagiaan bagi orang lain. Dan menjadi manusia paling terbaik.

SMART mangajari siswa untuk itu.
SMART melatih siswa. Melatih semua alumninya.
karena tujuan SMART adalah menjadikan alumninya bermanfaat bagi orang laindan membawa manfaat bagi lingkungan.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044