Liburan Penuh Makna di Awal Tahun

Oleh: Fahmi Ammar

Kelas V Jurusan IPA

 

Selama liburan, aku hanya menghabiskan waktu di rumah saja. Nonton teve, bermain gawai cerdas, bercengkrama di Facebook, dan masih banyak lagi. Ada sih beberapa kegiatan di luar rumah seperti mengantar adik ke sekolah, bermain di warnet, mengikuti kajian seru di masjid, berwisata ke Dieng dan terakhir yang menurutku terbilang sangat seru adalah ketika acara di  Pantai Anyer bersama sebuah organisasi. Tentu tak hanya pengalaman kudapatkan, tetapi juga hal lain yang membuatku semakin dewasa.

IMG_20180106_170641

Nama saya Fahmi, pada Minggu (07-01) kemarin saya mengikuti kegiatan di Pantai Anyer bersama orangtua dan teman-teman dari sebuah organisasi. Setelah melakukan berbagai persiapan, saya dan ayah pergi menuju tempat bis yang akan membawa kami ke tempat tujuan. Aku sedikit terkejut karena tak seorangpun yang kukenali, awalnya sedikit khawatir namun aku lega karnea akhirnya mengenali sesosok wajah di sana, Bagas namanya.

Ketika bus berjalan, tiba-tiba Bagas menyalakan air conditioner padahal kemarin kondisiku sedang kurang enak. Ingin kukatakan hal tersebut padanya namun tak enak, ya sudah kuberanikan diri saja mematikan ac seraya berkata “Gas, ac-nya kumatikan ya”. Alhamdulillah ternyata keputusanku tepat karena bukan aku saja yang sedang tidak enak badan, setelahnya aku terlelap. Setelah terlelap cukup lama kami tiba di Pantai Anyer, kami segera turun dari bis dan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai daerah tempat tinggal. Kelompokku berkumpul dan kami saling berkenalan satu sama lain, sesi perkenalan pun selesai. Selanjutnya kami, Kelompok Idris, mulai berjalan  menuju panggung utama untuk makan hingga waktu Zuhur tiba. Sungguh nikmat bersantap di alam apalagi ditemani pohon kelapa dan angin sepoi-sepoi yang sejuk, kami semua bercengkrama dipenuhi canda tawa.

Setelah Salat Zuhur dan menanti beberapa lama, kami melaksanakan berbagai kegiatan seru yang mengasah kemampuan kami dalam berorganisasi dan memimpin. Seru sekali karena aku bisa belajar banyak dan berkenalan dengan teman-teman hebat dari berbagai daerah.

Banyak pelajaran bisa kuambil dari kegiatan kemarin adalah jangan lupakan silaturahmi. Kenapa aku bisa berkata begini? Karena aku sedih melihat teman lama yang kukenal lama di sana namun seolah tak mengenaliku, padahal menurutku penting sekali untuk menjalin silaturahmi. Kenapa? Karena menjaga silaturahim itu banyak hikmahnya seperti rezeki bertambah, terbentuknya keberkahan, dan sebagainya. Setelah mengikuti kegiatan ini aku semakin yakin untuk mempersiapkan masa depan lebih baik lagi.