Minat Kuat, Bakat Melesat, Jadilah Orang Hebat

16-09-11-12-45-46-101_photo-01

Oleh: Vikram, Kelas XII IPA & Duta Gemari Baca PSB Makmal Pendidikan

“Jangan pernah takut untuk menetapkan satu tujuan hidupmu!” ucap pak Zaid Syaifullah dalam sambutannya di Workshop “Minat Kuat Bakat Melesat” yang aku ikuti hari ini di Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Kalimat yang digaungkan pak Zaid langsung merasuk dalam benakku, juga dalam benak para Duta Gemari Baca. Kalimatnya membuat kami makin semangat dan memiliki motivasi tinggi untuk menambah wawasan baru, kami semua semakin antusias mengikuti kegiatan ini hingga selesai. “Karena waktulah yang akan membuktikan bahwa tujuan kita benar atau tidak,” ujar pak Zaid seraya menutup sambutan sekaligus membuka workshop yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi tersebut.

Workshop ini menitikberatkan pada pengembangan potensi diri serta pengembangan bakat dan minat kami. Sebagai Duta Gemari Baca kami dituntut untuk luwes dalam menyampaikan informasi seputar pentingnya membaca dan pentingnya menjadikan literasi bagian dari hidup, oleh karenanya kami juga harus tahu sampai sejauh mana minat, bakat, dan potensi kami di bidang yang akan kami geluti. Bu Yeti, pakar di bidang psikologi, menjadi coach kami hari ini. Menurutnya, minat merupakan keinginan yang menonjol dari seseorang terhadap sesuatu, sehingga membuat orang itu lupa waktu. Sedangkan bakat ialah kemampuan yang dimiliki seseorang sejak lahir yang relatif tetap dan memudahkan orang untuk menguasai bidang tersebut.

Selama 6 jam kami berkutat dengan berbagai materi dan tantangan yang makin mengasah minat dan juga bakat yang kami miliki. Dengan mengetahui bakat dalam diri dan mengembangkannya seseorang dapat menikmati kegiatan yang ia capai untuk meraih tujuan. Dengan menetapkan tujuan hidup, memperkuat minat, dan mengembangkan bakat maka seseorang akan lebih mudah menjadi orang hebat di masa depan.

Aku sangat bersyukur bisa mengikuti workshop ini, banyak ilmu baru yang kudapatkan. Mulai saat ini aku akan mengembangkan semua aspek di dalam diri sehingga ketika bertugas sebagai Duta Gemari Baca aku bisa memberi yang terbaik. (VM x AR)

 

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044