DARI OHARA UNTUK NEGERI

Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai keanekaragaman budaya yang melimpah. Dengan lebih dari 17.500 pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke tersebar ribuan budaya dengan berbagai keunikan di dalamnya. Di setiap budaya yang tersebar di seluruh nusantara ini, terkandung cerita rakyat, permainan tradisional, ritual adat hingga kudapan sedap merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Dengan laju perkembangan globalisasi yang terjadi sekarang, sangat mudah budaya-budaya asing masuk ke negeri yang justru menjadi pusat keanekaragam kultural dunia, pola fikir masyarakat Indonesia yang merasa menggunakan hal-hal yang berbau luar negeri merupakan suatu kebanggaan dan dapat mengangkat status sosial menyebabkan budaya bangsa mulai tergerus secara perlahan ditinggalkan oleh para pemuda bangsa yang seharusnya menjadi para penerus bangsa. Bagaimana mungkin budaya bangsa yang kaya ini akan bertahan apabila para penerusnya tidak mengetahui identitas kebangsaannya?.

Bukan hanya itu, di era globalisasi ini pun, pemanfaatan hasil transfer kreatifitas pemuda untuk mempertahankan dan memajukan budaya bangsa masih jauh dari kata cukup, masih banyak pemuda yang belum menyadari potensi luar biasa untuk mengkreasikan keragaman budaya bangsa. Hal ini bukannya tidak mungkin menjadikan budaya-budaya bangsa yang kaya, hanya akan menjadi cerita turun-menurun saja atau bahkan hanya akan menjadi sekedar peninggalan sejarah saja.
Menilik fenomena di atas, SMART Ekselensia Indonesia menghadirkan Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) dengan upaya mempelopori semua lapisan masyarakat untuk menanamkan cinta budaya dan semangat memajukan budaya Indonesia yang merupakan identitas bangsa yang melekat pada setiap warganya.

Kegiatan yang bertempat di SMART Ekselensia Indonesia ini, sudah terlaksana selama 11 kali. OHARA terus berkhidmat untuk menghadirkan dan menanamkan kesan berbeda kepada pemuda-pemudi Indonesia yang akan menjadi penerus dari kekayaan bangsa dalam menebar indahnya budaya nusantara, mengkreasikan uniknya budaya negeri dan rasa cinta akan tanah air. Olimpiade Humaniora Nusantara juga turut berperan sebagai sarana mengenalkan khazanah kekayaan budaya bangsa yang menyatu dengan semangat pemuda.

CONTACT PERSON

Markom DD Pendidikan : 0812 8833 8840

Masfufatun : 0812 9138 7493

Mezi : 0812 8781 8831

PENDAFTARAN

Untuk mendaftar OHARA, klik salah satu lomba dibawah ini

FAKN (Festival Akulturasi Kuliner Nusantara)

Lomba Festival akulturasi Kuliner Nusantara (FAKN) adalah lomba yang menggabungkan dua kuliner nusantara atau lebih. Kuliner tersebut berasal dari daerah yang berbeda namun tidak menghilangkan keunikan kuliner tersebut. Karya inilah yang akan menjadi mahakarya kuliner yang lebih menggiurkan.

Tujuan diadakannya lomba FAKN ini adalah untuk memanfaatkan kreatifitas pemuda untuk memadukan berbagai kuliner nusantara untuk menghasilkan perpaduan kuliner yang akan menghasilkan cita rasa yang khas dari perpaduan tersebut. Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal dua tim. Tiap tim beranggotakan 3-5 orang.

Target Peserta : 30 Tim SMA/sederajat

LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah)

Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah lomba untuk menuangkan pemikiran atau inovasi terbaru yang mana karya tulis tersebut dapat bermanfaat di kemudian hari sebagai inovasi pemuda/i Indonesia. Karya ilmiah tersebut merupakan inovasi dan pemikiran sendiri atau kelompok dan belum pernah diikutkan lomba karya ilmiah lain.

Tujuan diadakanya LKTI ini adalah untuk memanfaatkan jiwa kreatif pemuda/i di bidang yang bermanfaat agar dapat menyejahterakan bangsa.Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal dua tim. Tiap tim beranggotakan 2 orang.

Target Peserta : 50 Tim SMP/sederajat

OVJ (Opera Van Jampang)

Opera Van Jampang merupakan lomba pementasan drama yang mengandung unsur komedi yang mengedepankan nilai kreatifitas pemuda dalam menjalankan seni peran. Selain unsur komedi, peserta juga dituntut untuk menjadikan nilai moral dalam pementasan drama komedi.

OVJ bertujuan untuk menambah kecintaan pemuda/i Indonesia dalam memainkan seni peran. Lomba ini identik dengan drama yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi komedi yang dapat menyampaikan pesan-pesan moral yang terdapat dalam peran yang dimainkan. Setiap sekolah hanya diperkenankan mengirim satu tim saja. Setiap tim terdiri dari 8-15 peserta.

Target Peserta : 20 Tim (SMP/sederajat dan SMA/sederajat)

LINTARA (Lintas Nusantara)

Lomba Lintas Nusantara (Lintara) merupakan lomba yang memerlukan kemampuan fisik yang prima untuk lintas alam dan dapat berpikir cepat dan tanggap untuk menguji kemampuan berpikir kritis dalam tes tulis.

Tujuan dari lomba Lintara adalah untuk menyelaraskan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan fisik yang prima agar dapat melatih jiwa kepemimpian pemuda/i bangsa yang nantinya akan melestarikan budaya bangsa. Satu sekolah diperkenankan mengirimkan dua kelompok. Satu kelompok terdiri dari tiga orang.

Target Peserta : 100 Tim Siswa/i (SMP/sederajat)

FESTIVAL BUDAYA

Festival Budaya adalah acara non-formal, yang bertujuan untuk menyatukan fikiran, aspirasi dan mempererat silaturrahmi antar peserta lomba, Festival Budaya adalah ajang menunjukkan identitas dan ciri khas dari OHARA itu sendiri. Di Festival Budaya, peserta yang menginap dan peserta Lintara wajib menampilkan penampilan di atas panggung yang bersifat nonformal. Di samping itu, peserta FAKN juga biasa membuka stand bazar yang disediakan, untuk meraih keuntungan sendiri secara langsung. Di akhir acara peserta akan menerbangkan lampion sebagai wujud harapan untuk budaya Indonesia dan harapan untuk OHARA kedepannya.

Target Peserta : Peserta yang menginap, peserta Lintara dan umum.

DOKUMENTER BUDAYA

Lomba Dokumenter Budaya ialah lomba membuat suatu video dokumenter yang menilik suatu kebudayaan daerah tertentu. Dengan tema “Kreasikan Indahnya Budaya Bangsa” diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas pemuda/i bangsa dalam mempublikasikan kebudayaan bangsa Indonesia yang mulai dilupakan oleh generasi mudanya.

Lomba Dokumenter Budaya merupakan lomba yang diperuntukkan bagi siswa/i SMA/sederat. Video yang telah dikirimkan akan dinilai oleh dewan juri. Sepuluh tim dengan nilai tertinggi akan diundang sebagai finalis OHARA untuk mempresentasikan karyanya di depan juri. Setiap sekolah maksimal mengirimkan tiga tim. Satu tim terdiri dari 3-5 orang. Setiap tim hanya diperkenankan mengirimkan satu video.

Target Peserta : 30 Tim SMA/sederajat

MINI SOCCER

Lomba Mini Soccer merupakan lomba pra-OHARA yang akan diselenggarakan H-5 OHARA. Lomba Mini Soccer bertujuan untuk melatih kekompakan dan menjalin silaturahim antar peserta OHARA. Lomba Mini Soccer yang dimunculkan untuk OHARA kali ini diharapkan dapat menggelorakan semangat hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Lomba ini dilaksanakan dengan system cup/kompetisi yang menggunakan undian bagan. Setiap pertandingan akan dilaksanakan dalam waktu kotor 2 x 20 menit. Setiap sekolah maksimal mengirimkan dua tim. Satu tim terdiri dari 7-14 orang.

Target Peserta : 30 Tim SMP/sederajat

STORY TELLING

Story Telling merupakan lomba menyampaikan cerita rakyat dengan memodifikasikan isi cerita dari peserta namun tetap dalam garis besar cerita tersebut. Isi cerita disampaiikan dengan bahasa Inggris dan menggunakan properti untuk menghidupkan cerita serta menggunakan bahasa daerah pada awal dan akhir cerita tersebut. Tujuanya adalah untuk menghidupkan nuansa budaya nusantara dalam cerita tersebut.

Tujuan diadakanya Story Telling adalah untuk menarik minat pemuda/i bangsa untuk melestarikan cerita rakyat yang semakin memudar tergerus peradaban barat. Setiap sekolah diperkenankan mengirimkkan dua orang untuk lomba ini.

Target Peserta : 50 Peserta Siswa/i (SMP/sederajat dan SMA/sederajat


DOWNLOAD

Download Proof of Egibility

Download Buku Panduan OHARA 2019

Copyright © 2019 - SMART Ekselensia Indonesia - All Rights Reserved.