“Kematangan siswa dapat diintervensi melalui pendidikan yang tepat di sekolah. Sekolah menengah atas bagi kebanyakan orang merupakan tempat menghabiskan masa remaja untuk kemudian beranjak ke fase dewasa.  Oleh karenanya diperlukan penanaman nilai-nilai kemandirian, kepercayaan, dan rasa tanggung jawab agar menjadi pribadi unggul dikemudian hari. Kami memberikan tantangan kepada para siswa untuk melakukan yang terbaik, agar masa depan yang telah dirancang dapat  mewujudkan kebanggaan untuk orangtua dan almamater tercinta.”
Kehidupan Sekolah
SMA SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah akselerasi. Para siswa dirancang agar dapat lulus dalam jangka waktu 2 tahun.  Setiap tahun kami berhasil mengantarkan 100% siswa  ke Perguruan Tinggi Negeri terakreditasi A di seluruh Indonesia.
Sistem Belajar Kelas

Kami menerapkan sistem Moving Class dengan membagi ruangan sesuai dengan jenis mata pelajaran. Moving Class dimaksudkan untuk memberikan penyegaran suasana pada saat siswa berpindah dari 1 mata pelajaran ke mata pelajaran lain, menghadirkan nuansa bidang studi di setiap kelas, serta sesuai dengan prinsip islam dalam mencari ilmu yaitu murid yang mendatangi guru untuk belajar.
Kami memiliki 4 rombongan belajar dimana setiap level dibagi menjadi 2 kelas. Setiap rombongan belajar dikepalai oleh 1 ketua kelas dan 1 walikelas. Kami menggunakan kursi yang tipis dan ringan agar memudahkan penataan ruang belajar dan memungkinkan untuk diubah posisi secara cepat.

Jadual KBM

Kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah, kami lakukan selama 5 hari dalam 1 pekan. Setiap hari para siswa menempuh 10 jam pelajaran dengan durasi 35 menit/ 1 jam pelajaran. Istirahat dilakukan selama 2 kali pada pukul 09.50 – 10.05 WIB dan 12.00 – 13.00 WIB untuk ibadah dan makan siang. Untuk mata pelajaran yang bersifat muatan lokal semisal Al Qur’an dan Bahasa Arab, maka kami ajarkan  pada malam hari setelah makan malam.

Seragam Siswa

SMART Ekselensia Indonesia memiliki 4 jenis seragam yang wajib dipakai pada saat belajar disekolah. Seragam tersebut meliputi seragam putih-abu, seragam batik, seragam pramuka, serta baju koko.

Program Akademik
SMART Ekselensia Indonesia adalah satu-satunya sekolah bebas biaya, akselerasi, berasrama untuk para duafa yang menerapkan kurikulum internasional sebagai bagian dari proses pendidikannya. Sesuai dengan visi lembaga menjadi sekolah kelas dunia, kami menyiapkan peserta didik untuk dapat bersaing pada tingkat dunia.
Jadual Sekolah

Seperti sekolah lainnya, SMART Ekselensia Indonesia membagi tahun pelajaran kedalam 2 semester. Yang menjadi kekhasan kami adalah libur panjang siswa dilakukan pada bulan Januari. Waktu libur panjang dimanfaatkan oleh siswa untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Moment berkumpul dengan keluarga seperti ini sangat dinantikan oleh para siswa SMART Ekselensia Indonesia.

Cambridge Curriculum

Kami menerapkan cambridge curriculum untuk bidang study:

  • Chemistry
  • English Language and Composition
  • Physics B
  • Physics C – Mechanics
SDM Pengajar
Guru yang hebat pasti akan melahirkan siswa yang lebih hebat. Dengan demikian, seorang guru yang hebat pasti selama hidupnya pernah dikalahkan oleh siswanya. Bersyukurlah jika anda memiliki murid yang dapat mengungguli kemampuan anda.
 
Pendidikan

Latar belakang pendidikan untuk para guru disesuaikan dengan mata pelajaran yang diambil. Setiap pendidik minimal lulusan S1 dengan konsentrasi keilmuan dari Ilmu murni atau ilmu kependidikan. Setiap pendidik wajib memiliki 4 kompetensi guru yang disyaratkan seperti Profesional, Pedagogik, Sosial, dan Kepribadian.

Konseling

Kami memiliki tim konselor yang membantu penanganan masalah anak baik akademik maupun non akademik. Petugas bimbingan konseling diampu oleh guru dengan latar belakang pendidikan psikologi. Kurikulum yang disampaikan menyangkut tugas perkembangan dan konseling untuk para siswa. Tim konselor memberikan pelayanan berupa Layanan Informasi, orientasi, penempatan, penyaluran, konseling individu dan kelompok, serta Mediasi. Tim ini juga memberikan bimbingan semisal bimbingan pribadi, sosial, karir, dan bimbingan belajar.

Support Belajar

Sinergi bidang studi kerap dilakukan oleh guru mata pelajaran. Dimana dalam 1 proyek kegiatan dapat mencakup 3 bidang studi yang berbeda. Masing-masing guru bidang studi menilai sesuai materi dan kompetensi yang diharapkan. Untuk mengefisiensikan pembahasan, kami menerapkan sistem belajar lintas kurikulum. Sistem ini memungkinkan para guru menggabungkan kompetensi-kompetensi dasar di beberapa level kelas, kemudian dilebur dengan penekanan pada aspek yang disepakati oleh guru mata pelajaran masing-masing.

Kegiatan Highlight
Pendadaran

Sebagai pembekalan menuju dunia kampus kepada para siswa di tingkat akhir, kami melakukan kegiatan penempaan yang disebut pendadaran. Salah satu dari rangkaian kegiatan tersebut, kami menantang para siswa untuk membuat project yang bermanfaat untuk masyarakat secara berkelompok. Semua siswa dikelas 5 kami libatkan untuk terjun ke daerah terpencil, menetap selama 2 pekan, dan melakukan kerja sosial di daerah tersebut.