“Berkesempatan mendampingi siswa SMP dari seluruh Indonesia merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus membanggakan. Perbedaan latar belakang budaya dan kebiasaan para siswa menambah keeratan hubungan diantara seluruh warga sekolah. Masa ini adalah waktu yang tepat untuk membangun ikatan pertemanan yang kuat, menumbuhkan sikap toleransi antar sesama, dan mengeksplorasi cita-cita yang ingin diraih. Kami menyadari bahwa di usia ini adalah masa emas bagi pembentukan karakter para siswa. Ingin tahu bagaimana kami mengelola pendidikan untuk tingkat SMP? Mari kita intip informasi dari sekolah para kampiun.”
Kehidupan Sekolah
Setiap tahun kami menerima 40 siswa dari seluruh daerah di Indonesia melalui 5 tahap seleksi yang sangat ketat. Daya tamping maksimal siswa kelas 1, 2, dan 3 adalah 120 anak dengan rentang usia antara 11 – 15 tahun.
Sistem Belajar Kelas

Kami menerapkan sistem Moving Class dengan membagi ruangan sesuai dengan jenis mata pelajaran. Moving Class dimaksudkan untuk memberikan penyegaran suasana pada saat siswa berpindah dari 1 mata pelajaran ke mata pelajaran lain, menghadirkan nuansa bidang studi di setiap kelas, serta sesuai dengan prinsip islam dalam mencari ilmu yaitu murid yang mendatangi guru untuk belajar.

Kami memiliki 6 rombongan belajar dimana setiap level dibagi menjadi 2 kelas. Setiap rombongan belajar dikepalai oleh 1 ketua kelas dan 1 walikelas. Perlengkapan ajar yang tersedia didalam ruangan berupa 1 set LCD Proyektor, 2 papan display (soft board), 2 lemari arsip guru, 1 lemari ceruk ilmu, 1 perangkat computer dan koneksi internet. Kami menggunakan kursi yang tipis dan ringan agar memudahkan penataan ruang belajar dan memungkinkan untuk diubah posisi secara cepat. Papan display yang menggambarkan identitas kelas selalu terpampang diluar ruangan.

Jadual KBM

Kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah, kami lakukan selama 5 hari dalam 1 pekan. Setiap hari para siswa menempuh 10 jam pelajaran dengan durasi 35 menit/ 1 jam pelajaran. Istirahat dilakukan selama 2 kali pada pukul 09.50 – 10.05 WIB dan 12.00 – 13.00 WIB untuk ibadah dan makan siang. Untuk mata pelajaran yang bersifat muatan lokal semisal Al Qur’an dan Bahasa Arab, maka kami ajarkan  pada malam hari setelah makan malam.

Seragam Siswa

SMART Ekselensia Indonesia memiliki 4 jenis seragam yang wajib dipakai pada saat belajar disekolah. Seragam tersebut meliputi seragam putih-biru, seragam batik, seragam pramuka, serta baju koko.

smp1 smp4

Program Akademik
“Sangat penting untuk merumuskan metode pembelajaran kreatif. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari antipati siswa terhadap suatu bidang studi”
Jadual Sekolah

Seperti sekolah lainnya, SMART Ekselensia Indonesia membagi tahun pelajaran kedalam 2 semester. Yang menjadi kekhasan kami adalah libur panjang siswa dilakukan pada bulan Januari. Waktu libur panjang dimanfaatkan oleh siswa untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Moment berkumpul dengan keluarga seperti ini sangat dinantikan oleh para siswa SMART Ekselensia Indonesia.

Kurikulum Khas

Kami memiliki 7 mata pelajaran yang menjadi kekhasan sekolah. Kurikulum ini menjadi unik karena memadukan sistem pendidikan dan asrama. Kurikulum khas ini dirumuskan dengan target kompetensi kelulusan umum dan khusus yang lebih tinggi dari kurikulum pada umumnya. Ketujuh mata pelajaran tersebut meliputi Pendidikan Agama Islam, Al Qur’an, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Matematika, serta Teknologi Informasi dan Komputer.

Mata Pelajaran

Kelas 1, 2 SMP
Bahasa Arab, Bahasa Inggris, IPA Terpadu (Biologi, Fisika, Kimia), IPS Terpadu (PKN, Ekonomi, IPS), TIK, Kesenian, Matematika, Olahraga, Alqur’an, Bimbingan Konseling.

Kelas 3 SMP
Pendidikan Agama Islam, Al Qur’an, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Matematika, Teknologi Informasi dan Komputer, serta penguatan melalui bimbel UN SMP.

smp3 smp2

SDM Pendidik
“Disekolah ini, kami senantiasa menekankan pembinaan karakter sebagai ruh pembelajaran.”  
Pendidikan

Latar belakang pendidikan untuk para guru disesuaikan dengan mata pelajaran yang diambil. Setiap pendidik minimal lulusan S1 dengan konsentrasi keilmuan dari Ilmu murni atau ilmu kependidikan. Setiap pendidik wajib memiliki 4 kompetensi guru yang disyaratkan seperti Profesional, Pedagogik, Sosial, dan Kepribadian.

Konseling

Kami memiliki tim konselor yang membantu penanganan masalah anak baik akademik maupun non akademik. Petugas bimbingan konseling diampu oleh guru dengan latar belakang pendidikan psikologi. Kurikulum yang disampaikan menyangkut tugas perkembangan dan konseling untuk para siswa. Tim konselor memberikan pelayanan berupa Layanan Informasi, orientasi, penempatan, penyaluran, konseling individu dan kelompok, serta Mediasi. Tim ini juga memberikan bimbingan semisal bimbingan pribadi, sosial, karir, dan bimbingan belajar.

Support Belajar

Setiap siswa yang baru masuk ke SMART Ekselensia Indonesia harus mengikuti program matrikulasi untuk semua mata pelajaran. Sebagai pembekalan untuk siswa baru, maka dilakukan program Quantum Learning yang wajib diikuti selama masa orientasi. Muatan materi yang disampaikan meliputi: Speed Reading, Mind mapping, Short Memory System, dan Easy Writing.

Untuk mempersiapkan siswa memenangkan kompetisi yang dilakukan diluar, maka sekolah memberikan Enrichment bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih pada mata pelajaran tertentu.

Co-Curricular
“Berikan kepercayaan kepada siswa dengan beragam kegiatan yang sesuai minat dan bakat.”

Peserta didik perlu diberikan ruang untuk mengaktualisasikan minat dan bakatnya. Kami menghimpun siswa dalam beragam aktifitas co-curricular yang diarahkan untuk meraih prestasi sesuai minat dan bakatnya. Aktifitas ini dapat pula menjadi sarana untuk penanaman nilai nilai SMART terutama terkait kedisiplinan.

Adapun aktifitas co-curricular yang ada disekolah kami meliputi: Pramuka, Futsal, Jurnalistik, English Club, dan Silat. Diluar kegiatan tersebut kami memfasilitasi aktifitas siswa semisal Trashic (Trash Music) serta Ensamble.

OASE

Sekolah memfasilitasi siswa untuk berlatih manajemen kepemimpinan. Kami memiliki wadah untuk menaungi para siswa yang disenut OASE (Organisasi Academia SMART Ekselensia). Aktifitas OASE selain ditujukan untuk internal sekolah, juga dimaksudkan bagi sekolah diluar SMART Ekselensia Indonesia.

smp10 smp9

Highlight Sekolah
Field Trip

Sekolah merancang program FIELD TRIP sebagai sarana refreshing dan menambah penguatan terhadap bidang studi tertentu. Dengan belajar diluar sekolah para siswa kami berikan sebuah pengalaman yang tidak mudah untuk dilupakan. Aktifitas yang dilakukan antara lain Factory Visit, belajar di Museum, belajar ditempat hiburan, dll