Bahagia.

 

Satu kata sederhana namun banyak orang tak menemukannya. Lho kenapa? Kok bisa? Jelas bisa karena manusia tak melulu berada di titik terbaik dalam hidupnya. Tapi jangan sampai rasa tidak bahagia malah menjadikan dirimu memiliki mental pecundang yang berakibat pada kurang memiliki arah dan tujuan  dalam berkehidupan. Misalnya, gara-gara gagal dapat kampus pilihan lalu kamu bermuram durja seakan dunia telah berakhir saat itu juga.

 

 

Ada cara keren dari kak Ahmad Shofwan Syaukani, PM 9 BAKTINUSA Regional Bandung, nih Sob supaya kamu bisa menjalankan setiap aktivitas dengan bahagia meskipun butuh usaha meraihnya. Di bawah ini merupakan hal-hal penting yang harus kamu garis bawahi ya:

 

  1. Setiap manusia berhak untuk memilih jalan hidupnya tersendiri.
  2. Menentukan prioritas dalam setiap aktivitasnya.
  3. Memaksimalkan perkembangan dirimu
  4. Bawa dirimu di satu titik supaya ketemu dengan versi terbaikmu, karena sejatinya Tuhan telah menciptakan kita dengan keunikan dan ciri khas masing-masing.
  5. Harus bisa menerima semua ketentuan yang telah digariskan oleh-Nya.

 

Yang perlu kamu ingat menjadi manusia dewasa berarti kita harus berani mengambil peran tanpa takut terjustifikasi oleh ocehan orang lain dan terus memainkan berbagai macam risiko pada setiap pertunjukan yang telah terpentaskan dalam kehidupannya. Tetap semangat ya Sob!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sob meski masih didera pandemi, tetapi kita juga perlu mengetahui potensi diri agar bisa terus bersaing di kancah global. Lalu apa saja ya kira-kira keterampilan yang kita butuhkan untuk menaikkan potensi diri? Simak di bawah dulu dong

 

Critical thinking

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran. Hari gini, percuma kalau hanya pintar tapi nggak kritis.

 

Creativity

Kreativitas adalah kemampuan dan kemamuan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan untuk mengembangkan sesuatu hal yang menjadi lebih baik. Kreativitas mampu melahirkan inovasi-inovasi baru. Salah satu contoh adalah Korea Selatan yang memiliki income tinggi karena kreativitasnya yang muncul dari motivasi ingin mengalahkan Jepang.

 

Communication

Mengomunikasikan pikiran, ide, dan gagasan kita lainnya memiliki peran sangat penting pada proses produksi informasi. Terutama tentang sains dan teknologi agar dapat diterima publik secara benar dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Rasanya sayangkalau kita mempunyai gagasan/pemikiran kalau tidak dikomunikasikan. Gak akan ada yang paham dan tahu dong hehe.

 

Collaboration

Ini dia nih kekuatan yang bisa membangun Indonesia, hanya saja pemuda Indonesia masih kurang dalam urusan kolaborasi. Padahal kita akan kuat kalau bisa bekerjasama dan mengerti satu sama lain.

Sokong Mimpi Pelajar, Skolla dan LPI DD Helat Seminar Nasional Merdeka Berprestasi Festival

Jakarta – Merdeka Berprestasi Festival merupakan acara kolaborasi antara Skolla dan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD).

Acara daring yang dilaksanakan pada Selasa (15/02) hingga Selasa (22/02) ini terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti Roadshow Seru ke Sekolah, Tryout Merdeka, Reels Video Challenge, Webinar Pendidik Future Educators, dan Seminar Nasional.

“Kami ingin mengakomodasi para pelajar agar bisa menambah wawasan, memperluas jaringan, dan berkonsultasi seputar SNMPTN dan SBMPTN bersama konselor pendidikan melalui grup komunitas,” ujar Tri Dimas Arjuna, Tim Skolla. Dimas menambahkan jika Merdeka Berprestasi Festival tak hanya ditujukan untuk siswa, pun orang tua dan guru bisa turut berpartisipasi.

Kolaborasi Skolla dan LPI DD ialah bentuk komitmen meningkatkan mutu pendidikan di ranah daring serta pengoptimalan potensi siswa. “Seiring meningkatnya kasus Omicron, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dialihkan kembali menjadi daring, sehingga siswa butuh penyegaran berupa kegiatan yang mampu menginspirasi mereka,” ungkap Akhie Ramadhan, Markom LPI DD.

Menutup kegiatan Merdeka Berprestasi Festival dan sebagai puncak acara, Skolla dan LPI DD menghelat Seminar Nasional Merdeka Berprestasi Festival yang dihadiri Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor; Mohammad Mirdal Akib, CEO Media Group, Indonesia Best CEO 2021; Dr. Muh. Reza Syariffudin Zaki, S.H., MA., Dosen & Tokoh Filantropi Milenial; Goris Mustaqim, Social Entrepreneur, Founder Semut Nusantara Consulting & Asgar Muda Foundation; dan Sazha Busha, F&B Conceptor, Food Stylist & Photographer.

”Acara ini juga dimeriahkan SARFHANA, Juara Favorit Band Pensi Pelajar Indonesia dan Nafiri Adena Putri, Juara 1 Pemuda Pemudi Idol,” kata Dimas. “Tidak hanya itu, akan ada kuis berhadiah paket belajar UTBK dan hadiah untuk peserta,” tambahnya.

Selain LPI DD, rangkaian acara Merdeka Beprestasi Festival turut didukung Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, LINE OpenChat, LPP Salman ITB, Explore Bogor, Medcom.id, Wardah serta mitra lainnya.

“Kami berharap Merdeka Berprestasi Festival mampu membuncahkan semangat para pelajar supaya tak putus asa mengejar mimpi serta harapannya,” pungkas Akhie. (AR).

 

PUNCAK MERDEKA BERPRESTASI FESTIVAL

Komunitas Belajar Seru Poll (KOMBESPOLL) mempersembahkan 

Keynote Speaker: Mohammad Mirdal Akib, CEO Media Group, Indonesia Best CEO 2021.

Talkshow Inspiratif: “Merdeka Berprestasi untuk Indonesia Maju”
– Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor;
– Goris Mustaqim, Social Entrepreneur, Founder Asgar Muda Foundation;
– Dr. Reza Zaki, Dosen, Sosok Muda versi Koran Media Indonesia & Koran Tempo;
– Sazha Busha, F&B Conceptor, Food Stylist & Photographer;
Performance: Nafiri Adena Putri, Juara 1 Pemuda Pemudi Idol, & SARFHANA, Juara Favorit Band Pensi Pelajar Indonesia.

Selasa, 22 Februari 2022 |  15.30 WIB – Selesai | Zoom & Live YouTube

GRATIS & BERTABUR GIVE AWAY & DOOR PRIZE! TERBUKA UNTUK UMUM

Daftar sekarang: https://bit.ly/PuncakMerdekaBerprestasi  –  https://www.instagram.com/p/CaPFwfnB1NN/?utm_medium=copy_link

Zaman ini tak dapat dipungkiri, kalau gawai memegang peranan besar dalam keseharian banyak kita. Namun di balik kemudahan dan teknologi yang ditawarkan ada sisi negatif yang harus kita waspadai Sob di antaranya:

  • Batasi penggunaan gawai menjadi seperlunya saja.
  • Cobalah untuk mematikan gawai setidaknya 30 menit sebelum tidur. Jaga suasana kamar agar tetap gelap dan tenang agar kualitas tidur lebih baik.
  • Kurangi cahaya di layar gawai, bersihkan layar secara rutin, jaga jarak antara mata dan layar, serta besarkan ukuran teks untuk mencegah risiko terjadinya mata lelah.
  • Hindari penggunaan gawai saat sedang berkendara. Jika benar-benar perlu, sebaiknya berhentilah di tepi jalan sejenak untuk menjawab panggilan telepon atau membalas pesan.
  • Saat menggunakan gawai, cobalah untuk tidak terlalu menunduk. Beristirahatlah setiap 20 menit dan lakukan peregangan pada tangan, lengan, punggung, dan leher.
  • Lakukan latihan seperti yoga atau pilates secara rutin untuk mengurangi kekakuan otot akibat terlalu banyak menggunakan gawai.
  • Jangan menggunakan gawai saat berjalan untuk menghindari risiko terjatuh dan cedera.
  • Gunakan hands-free saat menelepon atau mendengarkan musik jika khawatir terhadap dampak radiasi gawai pada otak.

Pengguna gawai disarankan untuk beristirahat sejenak dari melihat layar dan mengikuti aturan “20-20-20”, yaitu istirahat selama 20 detik setiap 20 menit penggunaan dengan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter). Nah jangan berlebihan ya Sob.

Mau terhindar dari gangguan setan dan jin? Kamuk bisa membaca doa ini. Dijamin setan dan jin auto mingat Sob.

 

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ دِيْنَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِيْ عَيْنٍ وَذِيْ بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

 

Allaahumma innaa nastahfidhuka wa nastaudi’uka diinanii wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai’in a’thaitanaa. Allahummaaj ‘alnaa fii kanfika wa amaanika wa jiwaarika wa ‘iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin ‘aniid wa dzi ‘ainin wa dzi baghyin wa min syarri kulli dzi syarrin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

 

Artinya: “Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikan lah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.”

 

Buat para pemburu beasiswa pasti udah hapal deh sama berlikunya IELTS. Seperti yang kamu tahu kalau IELTS menjadi salah satu syarat untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri. Umumnya band score yang dibutuhkan berada di range minimal 6.5 atau 7.0 namun bisa ada syarat khusus dari jurusan yang dituju. Ujian IELTS ada empat macam yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Kebanyakan dari kita terlalu fokus terhadap persiapan dirangkaian tes dan melupakan persiapan sekunder yang ternyata berdampak besar di saat tes. Wah wah apa saja ya yang juga mesti kita perhatikan dan siapkan ya?

 

Paspor/KTP

Mengikuti tes IELTS, peserta harus memiliki kartu identitas. Disarankan buat teman-teman agar menggunakan paspor daripada KTP untuk ditunjukkan saat registrasi. Resiko pemakaian paspor lebih kecil daripada KTP, jika menggunakan paspor yang dicek hanya fotonya saja tapi jika menggunakan KTP tanda tangan teman-teman akan dicek dan harus sama persis titik dan lekukan-lekukan untuk bisa ikut tes. Jika dianggap tidak sesuai maka kamu fix gak bisa ikut.

 

 

Membiasakan diri menggunakan pensil HB

Biasanya kalau tes-tes kita umumnya menggunakan pensil 2B tapi IELTS menggunakan pensil HB yang teksturnya lebih keras daripada 2B. Kenyamanan alat tulis biasanya mempengaruhi kenyamanan menulis juga. Oh ya saat tes semua alat tulis disediakan oleh penyelenggara IELTS.

 

 

Menulis rapi

Ternyata kerapihan dalam menulis sangat penting tauk. Hampir seluruh tes IELTS ‘memaksa’ kita agar memiliki tulisan yang dapat dibaca oleh penguji. Jika kamu memiliki tulisan yang kurang rapi, jangan lupa berlatih menulis lebih rapi dan mudah dibaca.

 

 

Kroscek lembaga tempat tes IELTS

Setiap penyelenggara memiliki fasilitas yang terstandar namun tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Kamu kudu mengecek ulasan terkait fasilitas dan pelayanan yang diberikan demi kenyamanan saat tes berlangsung.

 

 

Menggunakan baju warna cerah

Gak disebutkan sih kalau perlu memakai baju warna cerah, tapi ternyata hal ini berpengaruh terhadap mood-mu. Warna cerah dapat membuatmu terlihat lebih segar serta dapat memancarkan mood yang baik juga.

 

 

Cek jadwal tes

Hal ini menjadi krusial untuk kamu yang punya target beasiswa. Biaya tes IELTS bisa dibilang gak murah sehingga pendaftarnya gak sebanyak TOEFL. Bisa saja tes yang teman-teman daftarkan dibatalkan karena tidak mencapai jumlah minimum peserta. Jadi pastikan bahwa jadwalnya sesuai.

 

Tidak banyak minum

Ruangan tes biasanya akan sangat dingin, jangan terlalu banyak minum agar di tengah tes gak bolak balik ke toilet. Selain membuatmu kurang fokus, juga membuat waktu terbuang percuma sedangkan gak ada penambahan waktu pengerjaan plus kamu mesti  scan sidik jari lagi di pintu masuk seperti saat memasuki ruangan di awal tes.

 

 

 

 

Sob, bisa menghafal Al-Qur’an adalah keinginan sebagian besar umat Islam. Meski begitu, menghafal Al-Qur’an ternyata bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Meski sudah mencoba berkali-kali, ayat-ayat Al-Qur’an belum juga tertanam dalam ingatan. Imam Syafi’i saja pernah mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Padahal, Imam Syafi’i menggunakan berbagai cara menghafal Al-Qur’an sejak berusia tujuh tahun.

 

Pengalaman Imam Syafi’i dapat ditemukan dalam kitab I’anatuth Tholibin. ” Aku pernah mengadukan kepada Waki’ (guru) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau mengatakan untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat”.

 

Bisa jadi, apa yang dialami Imam Syafi’i sebenarnya terjadi pada kita. Karena, dosa yang kecil saja bisa menjadi penghalang untuk menghafal Al-Qur’an. Selain itu, Allah menjamin bahwa ayat-ayat Al-Qur’an mudah dipelajari. Jadi, jika kamu mengalami kesulitan, mungkin cara menghafal Al-Qur’an kamu yang harus diubah.

 

Berikut tips cara menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan mudah dan cepat bagi pemula.

 

  1. Meluruskan Niat dengan Ikhlas karena Allah

Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Al-Qur’an. Jika niatnya salah seperti ada riya (pamer), ujub (bangga pada diri sendiri), atau menghafal karena ingin dipanggil ‘al-hafidz, maka itu sangat fatal akibatnya. Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Al-Qur’an.

 

  1. Melaksanakan Salat Hajat

Tips cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah selanjutnya adalah melaksanakan salat hajat. Jadi, setelah menata niat karena mengharap ridho dan pahala Allah, hendaknya kita melaksanakan salat hajat sebelum mulai menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan benar. Mohon kepada Allah agar mudah saat proses menghafal Al-Qur’an. Karena pemilik Al-Qur’an adalah Allah, maka kita memohon kepada pemiliknya agar diberi kemudahan.

 

  1. Menanamkan Keyakinan

Tanamkanlah pada diri kita bahwa menghafal Al-Qur’an itu sangat mudah, maka kita akan merasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, maka ia akan terasa sulit. Jadi, selalu motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara menghafal Al-Qur’an yang kita lakukan itu mudah.

 

  1. Mengakrabkan Diri dengan Al-Qur’an

Akrab dengan Al-Qur’an merupakan salah satu cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah dan cepat yang paling ampuh. Jangan pikirkan metode menghafal Al-Qur’an yang ribet terlebih dahulu. Tapi pikirkanlah bagaimana caranya mulai hari ini saya bisa membaca 5 juz per hari atau hari ini harus hafal satu ayat per hari.

 

 

Karya Je Firman

Guru Bahasa Indonesia SMART Ekselensia Indonesia

 

Gelap kelam gulita ini

Bukan enigma

Tapi ini

memang nelangsa

*

Kesunyian selimuti raga

Kala kita tidak bersua

di tempat nan penuh kaldera

*

Kini keheningan telah sirna

Lewati banyak suka duka

Kala puspa tiba

Siapa mereka….

Siswa kami tercinta..

 

Hari Jumat datang lagi nih Sob! Banyak sekali amalan istimewa yang bisa dilakukan di hari ini. Salah satunya membaca surat Al-Kahfi. Kalau kamu ingin sekali bisa menamatkan Al-Kahfi di hari Jumat, tapi waktumu terlalu sibuk PJJ kamu bisa pakai cara ini!

 

 

Caranya, kamu buat waktu membaca menjadi empat sesi. Bisa dimulai membaca di hari Kamis saat Maghrib, sebab hitungan dalam  kalender hijriyah, hitungan satu hari itu dihitung dari awal malam (tepat dengan tenggelamnya matahari malam itu) dan berakhir dengan tenggelamnya matahari pada keesokan harinya (di sore hari).

 

 

  1. Ba’da Magrib di hari Kamis bisa untuk memulai membaca Al-Kahfi dimulai dari ayat 1-31. Pada ayat-ayat ini menceritakan Kisah Ashabul Kahfi.
  2. Ba’da Isya pada malam Kamis/malam Jumat dari ayat 32-59. Ayat-ayat ini menceritakan tentang Kisah Dua Pemilik Kebun
  3. Ba’da Subuh hari Jumat mulai dari ayat 60-83, ayat-ayat ini menceritakan Kisah Nabi Musa dan Khidir
  4. Ba’da Zuhur mulai dari ayat 84-110, ayat-ayat ini menceritakan tentang Zulkarnain dan Yakjuj Makjuj.

 

Selamat membaca ya Sob! Semoga bisa membantumu meraih pahala lebih banyak.