Jika ingin mendengar kisah membuncah asa perjuangan anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi dari berbagai penjuru Indonesia, maka tengoklah SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa (SMART). Pada penghujung tahun ajaran 2019/2020 siswa kelas V SMART berjuang melukis asa lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

 

Mengapa mereka mesti berjuang masuk PTN? Karena, dengan berhasil masuk PTN, maka asa untuk melukis cita-cita bisa terjaga. Anak-anak ini memang berasal dari keluarga minus ekonomi, namun cita-citanya membumbung tinggi. Mereka ingin melukis hari esok yang lebih berarti untuk bisa berkontribusi bagi negeri.

 

Syukur alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari berbagai pihak, SMART berhasil menjaga tradisi meloloskan mayoritas siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tahun ini SMART berhasil meloloskan 26 dari 30 siswa kelas V (Kelas XII) masuk PTN. Mereka tersebar di berbagai kampus, di antaranya IPB, Unpad, Unibraw, Unair, Unand, USU, Unsoed, Unnes, dan Unsyiah).

 

Anak-anak ini belajar intensif sejak memasuki pertengahan semester I kelas V. Mereka mesti disiplin mengikuti program sukses PTN yang didisain sekolah. Mereka mesti bersabar melewati rasa jenuh dan berdamai dengan rasa penat. Semuanya, demi satu asa lolos seleksi PTN. Dan, kini perjuangan dan pengorbanan itu telah berbuah.

 

Kami haturkan terima kasih kepada para donator dan semua pihak yang telah bergandeng tangan menjaga mimpi dan cita-cita anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi dari berbagai penjuru Indonesia. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga karena kita cinta Indonesia.

 

SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa merupakan sekolah berasrama bebas biaya jenjang SMP dan SMA yang ditempuh selama lima tahun dengan sistem kredit semester yang diperuntukkan bagi anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi dari seluruh provinsi di Indonesia. (MSE)