Ada yang Berbeda di Ramadan 2020. Kami Sedih Sob

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengubah wajah ceria ibu pertiwi. Mengubah suka menjadi duka setelah banyak korban berjatuhan. Namun kesedihan tak sampai di sini. Ramadan tahun ini dapat dipastikan akan berbeda dengan Ramadan tahun sebelumnya, bahkan Menteri Agama telah mengimbau umat muslim di Indonesia untuk melakukan tarawih dan tadarus di rumah saja selama Ramadan.

 

Sesak dada ini, sakit rasanya tak bisa lagi merasakan Salat Tarawih berjamah, tadarus dan mendengar kajian sama-sama di masjid, bahkan sekadar berbuka puasa bersama sanak saudara pun tak dapat lagi dilakukan.

 

Sob pandemi ini adalah cobaan untuk kita semua. Cobaan yang seharusnya bisa lebih mendekatkan kita kepada Sang Penguasa Pemilik Alam Semesta. Di Ramadan ini, taka da alasan untuk tak maksimal dalam beribadah. Karena Allah tidak akan menguji hambanya kecuali sesuai dengan kemampuannya.

 

Semoga Ramadan tahun ini mampu menempa kita menjadi manusia yang lebih baik dan pandai mensyukuri apapun yang Allah berikan, aamiin.