Aku Si Anak Rantau, Aku Si Anak UI

SMART Ekslensia Indonesia

Aku Si Anak Rantau, Aku Si Anak UI

Oleh: Ahmad Rofai

SMART Ekslensia Indonesia

Namaku Ahmad Rofai, Alumni SMART Ekselensia Indonesia Angkatan 6 asal Lampung. Aku berkuliah di Jurusan Ilmu Kesejahteran Sosial Universitas Indonesia.

 

Aku anak rantau, maka jarang sua dengan famili adalah absolut konsekuensi.
Aku anak rantau, maka rindu masakan mama, tangisan adik, tawaan ayah, obrolan kaka, marahan tetangga adalah sajian pikiran sehari-hari.
Aku anak rantau, bukan main makin paham arti jarak, cinta, waktu, sayang, benci (untuk menjadi cengeng karena amat rindu) dan tangis sebagai satu satuan paket rasa hidup.

Aku anak rantau, maka tak punya kata untuk ungkap bahagia saat famili datang membersamai tempat selama kau menetap dalam masa perantauan. Lalu haru dalam tangis.
Alhamdulillah, Alhamdulillah. Tiba masa merasa perlu menghargai apa apa yang telah selesai. Aku malas mengangguk, meng-aamiin-i dan mengiyakan kalimat “Ini bukan lah akhir, melainkan awal untuk itu, itu dan ini” pada segala jenis pernyataan seremonial.
Selalu ada selesai pada apa-apa yang pernah dimulai. Olehnya, penting mensyukuri dan menghargai diri dengan mengaku ‘selesai’ pada apa yang secara sadar pernah memulai.
Alhamdulillah aku telah menyelesaikan studiku di UI. Mendatang, tiba saat menyelesaikan apa-apa yang belum selesai. Mohon doa kawan :”)