Asyiknya Belajar, Bermain, dan Berdiskusi

duta gemari baca

Oleh: Muhammad Ikrom Azzam.

Minggu kemarin menjadi hari yang luar biasa bagi saya. Pasalnya, kami selaku Duta Gemari Baca Makmal Pendidikan  mengadakan acara pertama kami yang bertempat di Jalan Duren,Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Ada banyak sekali keceriaan, keseruan, hingga hambatan yang kami hadapi. Bagaimana tidak, kami para Duta hanya dapat melakukan briefing sebanyak satu kali di H-1 sebelum acara dengan penampilan drama yang harus kami tampilkan.

“Agak sulit memang, tapi sudah lumayan dramanya bagus,” ungkap Tika, salah satu Duta Gemari Baca.

Dalam drama yang kami tampilkan, para duta memang diminta untuk berperan sebagai hewan-hewan hutan yang ada dalam naskah yang dibuat Atika berjudul “Nono dan Neni Berulang Tahun”. Bagi saya, ada rasa yang begitu luar biasa dalam pementasan drama tersebut  karena kami benar-benar harus dirias dan dibentuk sedemikian mirip dengan karakter hewan dalam naskah. Alhasil, muka kami yang keren-keren ini berubah menjadi berwarna warni mirip mirip seperti hewan yang kami perankan.

Selain pementasan drama, kami para duta gemari baca juga menginisiasi kegiatan lain seperti mengadakan permainan kekompakan dan literasi, membuat Pojok Baca Inspirasi, serta melakukan kegiatan dongeng buku kepada anak-anak yang berada di sekitar Jalan Duren. Alhamdulillah acara pertama kami terlaksana dengan baik, menyenangkan, dan sesuai dengan slogannya, “Asyik belajar, Bermain, dan Berdiskusi”.