,

Bangga Berbatik. Bangga Menjaganya Sepenuh Hati

Bangga Berbatik. Bangga Menjaganya Sepenuh Hati

Oleh: Zaky, Kelas 4 IPS

 

Memasuki bulan Oktober kita sepatutnya berbangga hati karena tepat di hari ini Batik diakui dunia sebagai Warisan kebudayaan milik Indonesia. Iya benar banget Sob, 2 Oktober ialah Hari Batik Sedunia.

Kita semua semua tahu apa itu batik.

Kita semua tahu bagaimana bentuk batik.

Tapi tidak semua tahu sejarah dan makna batik.

 

Kita semua mengenal batik sebagai peninggalan luhur.

Kita semua mengenal batik sebagai warisan budaya.

Tapi tidak semua mengenal, mencintai, dan memaknai batik.

Sebagai peninggalan luhur bangsa ataupun warisan budaya.

 

Mengapa harus batik?

Batik bukan hanya sekadar gambar, bukan hanya sepotong kain, dan bukan pula seonggok karya seni. Batik adalah ekpresi dan intepretasi kehidupan kebudayaan Indonesia dalam bentuk simbol-simbol yang memiliki makna dalam. Selain itu batik juga mencerminkan nilai kearifan lokal Indonesia.

Sejak dahulu batik adalah sebuah kebanggaan di atas kebangaan.

Namun hari ini kita melihat banyak pemuda, generasi penerus yang digadang-gadang menjadi pemimpin bangsa malah memandang batik sebelah mata bahkan beberapa menatap batik dengan pandangan meremehkan. Jika ingin negara ini maju kita tak boleh bersikap bodo amat, nanti ketika kebudayaan kita diambil negara lain maka jangan kalang kabut karena itu buah dari sikap bodo amat kita terhadap budaya.

Jangan biarkan batik dan budaya lainnya mati. Sudah saatnya kita mengubah pikiran kita, kita harus bangga karena batik telah diakui patennya oleh UNESCO, tidak ada alasan untuk tidak bangga.

 

Buktikan! Bahwa batik sesuai dengan perkembangan zaman.

Buktikan! Bahwa batik bisa menjadi kiblat mode fashion dunia.

Buktikan! Bahwa Indonesia memiliki batik yang mampu mengubah dunia.

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Bangsa yang beradab adalah bangsa yang bangga akan budayanya. Batik adalah secuil bagian dari sejarah keragaman budaya Indonesia.

 

Ayo Sob! Pahami sejarah dan makna dari batik untuk mempertebal rasa kebanggaan. Dan tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bangsa yang bangga terhadap budayanya. Indonesia bangsa yang menghargai warisan kekayaan budaya leluhurnya.

 

Mari mulakan dari hal-hal yang sederhana, banggalah memakai batik!

Selamat Hari Batik Sedunia!