Bekal Utama Menjadi Jawa Barat Juara

Bekal Utama Menjadi Jawa Barat Juara

Oleh: J. Firman Sofyan

Guru Bahasa Indonesia SMART

 

Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2018 semakin dekat ke tahap akhir. Seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, dan provinsi telah selesai dilaksanakan oleh dinas pendidikan masing-masing. Para juara dari tingkat provinsi tersebut akan mengikuti berbagai tes dalam final OGN yang akan dilaksanakan pada 4 sampai 8 Mei 2018 di Lombok, NTB.

Provinsi Jawa Barat mengirimkan 19 finalis OGN untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Berikut adalah rincian finalis OGN yang mewakili Jawa Barat dalam final OGN tingkat nasional

  1. Jenjang SD berjumlah 1 orang sebagai guru kelas.
  2. Jenjang SMP terdiri atas mata pelajaran Matematika 1 orang, IPS 2 orang, IPA 2 orang, Bahasa Indonesia 2 orang, dan Bahasa Inggris 1 orang.
  3. Jenjang SMA dan SMK terdiri atas mata pelajaran Antropologi 1 orang, Matematika 1 orang, Pendidikan Agama Islam 1 orang, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 orang, Bahasa dan Sastra Inggris 3 orang, Bimbingan dan Konseling 2 orang.

Kabupaten Bogor boleh berbangga karena berhasil mengirimkan tiga finalis ke OGN tingkat nsional. Mereka adalah  J. Firman Sofyan, S.Pd. dari SMA SMART Ekselensia Indonesia dan Retno Cahwati, S.Pd. dari SMA Dwiwarna untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta Irvan Dedi, S.Pd., M.Pd. juga dari SMA Dwiwarna. Ketiga guru tersebut menjadi finalis setelah bersaing dengan lebih dari 270-an peserta OGN Bahasa Indonesia dan 300-an peserta OGN Matematika.

IMG-20180426-WA0001

Para finalis OGN perwakilan Jawa Barat telah mengikuti kegiatan pembinaan OGN agar berprestasi di tingkat nasional. Kegiatan pembinaan/pembekalan peserta OGN jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018 di Hotel Takashimaya, Jalan Raya Grand Hotel Lembang Nomor 224 Kabupaten Bandung Barat tanggal 22 s.d. 25 April 2018.

Tujuan Pembekalan OGN jenjang SD, SMP, SMA dan SMK bertujuan untuk

  1. Memotivasi guru dalam meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme, dan kinerja guru;
  2. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru SD, SMP, SMA dan SMK;
  3. Membangun komitmen guru SD, SMP, SMA dan SMK dalam menignkatkan mutu pendidikan;
  4. Menguatkan profesi guru SD, SMP, SMA dan SMK sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat.

Pembukaan kegiatan Pembinaan/Pembekalan OGN Jawa Barat dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018. Salah satu materi yang disampaikan pada pembukaan pembekalan tersebut adalah berbagi pengalaman dari juara OGN nasional mata pelajaran Bahasa Inggris tahun 2016. Cerita yang sangat inspiratif, namun mampu membuat para peserta pembekalan panas dingin.

Pada hari Senin sampai Rabu, 23 s.d. 25 April, para finalis dibimbing dan dibina oleh para narasumber berpengalaman. Narasumber adalah dosen-dosen dari dua PTN terkemuka di Jawa Barat, yaitu UPI dan ITB.

Para finalis dibimbing dalam mengerjakan soal-soal profesional dan pedagogik. Selain itu, para finalis pun diberikan materi penulisan best practice. Tidak lupa juga, para finalis dilatih cara berbicara di depan umum dengan efektif. Para finalis pun tentu saja diberi keterampilan menyusun salindia (slide) materi pembelajaran serta cara efektif mempresentasikan salindia tersebut.

Pada hari ketiga, para peserta mempresentasikan materi pembelajaran yang telah dibuat. Pelaksanaan presentasi dilaksanakan semirip mungkin dengan kisi-kisi presentasi final OGN. Para peserta dibera waktu 30 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan juri. Sesi tanya jawab tersebut merupakan salah satu penilaian tertinggi dalam final OGN. Peserta yang tidak mampu menjawab pertanyaan juri harus berbesar hati saat digertak, disalahkan, bahkan dinyatakan gagal. Gertakan tersebut bertujuan untuk melatih mental para finalis OGN.

IMG-20180426-WA0004

Presentasi peserta selesai puku 10.00. Pada waktu yang bersamaan, panitia pun dengan resmi menutup acara pembinaan/pembekalan peserta OGN jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018.

Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menjadi lokasi pertarungan dan persaingan para finalis OGN dari seluruh Indonesia. Kontingen Jawa Barat memiliki tekad untuk bertarung dan bersaing dengan siap, baik jiwa maupun raga. Sportivitas dan integritas menjadi modal utama kontingen provinsi yang terkenal dengan PERSIB-nya. Modal materi yang telah dimiliki semoga menjadi senjata utama untuk meraih gelar juara. Mari kita doakan agar kontingen Jawa Barat, terutama Guru Bahasa Indonesia SMART Ekselensia Indonesia, Ust. J. Firman Sofyan, mendapatkan medali emas pada ajang Olimpiade Guru Nasional 2018. Gelar juara tersebut sekaligus menasbihkan slogan Jawa Barat: Jabar Kahiji, Jabar Juara!