Belajar Asyik di SMART Ekselensia Indonesia

Keceriaan mewarnai suasana belajar siswa SMART Ekselensia Indonesia. Sebagian mulai tertawa dengan lepas dan sebagian yang lain tersenyum masam menghadapi pertanyaan yang tersedia dihadapan mereka. Keriuhan sesekali mewarnai aksi mereka dalam menyusun rangkaian kata-kata diatas kartu yang dibagikan oleh guru SMART Ekselensia Indonesia. itulah sedikit gambaran mengenai aktifitas belajar di alam terbuka yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indoensia pada hari Selasa (22/5/12) lalu. Topik pelajaran yang dilakukan pada hari itu tentang menyusun Laporan Perjalanan yang disampaikan menggunakan metode DOLAPER dan PUZLAPER.

Permainan kartu PUZLAPER dan DOLAPER ini dijalankan dengan memasangkan antara pertanyaan dan jawaban. Pemain dapat langsung memilih dan mengambil kartu sesuai dengan pasangannya. Pemain hanya harus beradu panjang pasangan kartu dengan lawannya. “Agar permainan dapat berjalan dengan seru, permainan harus dilangsungkan secara berkelompok. Kelompok dapat terdiri atas dua atau lebih pemain. Dengan begitu, tidak hanya materi pelajaran saja yang didapatkan, diharapkan juga tumbuh karakter dapat bekerja sama, dapat saling membantu, dan menghargai teman” ungkap Retno Winarsi, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMART Ekselensia Indoensia.

Penerapan permainan kartu PUZLAPER dan DOLAPER dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran dengan materi laporan perjalanan. “Dengan metode ini siswa lebih tertarik untuk membaca laporan perjalanan sebelum mereka benar-benar mengetahui, membaca, dan memahami pokok-pokok laporan perjalanan itu sendiri” Tukas Retno Winarsi seraya kembali ke para siswanya. (eL)

1 reply
  1. Fery Ardiansyah
    Fery Ardiansyah says:

    Ass,wr,wb..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak,atas perhatian pihak SMART Ekselensia,untuk RESUME saya berikut ini :
    Saya fery ardiansyah,bertempat tinggal di candi,sidoarjo,jawa timur,saya berharap besar dari program SMART Ekselensia untuk pendidikan/sekolah bagi yang tidak mampu,saya mempunyai 3 orang anak,yg pertama (natasya putri ardiansyah/umur 12 thn),yg seharusnya kelas 1 SMP,tetapi sekarang tidak bisa melanjutkan sekolah lagi,yg kedua (nazwa aurelya/umur 10 thn),yg seharusnya kelas 5 SD,dengan masalah yg sama,tidak bisa melanjutkan sekolah lagi dan yg ke tiga (ibrahim ardiansyah/umur 6 thn) tdk sekolah sama sekali,yg seharusnnya TK besar,ini semua karena saya,waktu itu tahun 2012 saya masuk penjara selama 2,5 thn,karena masalah,yg seharusnya bkn masalah saya,tetapi saya yg menjadi korban ketidak adilan hukum di indonesia,yg menyebabkan saya tidak bekerja dan tidak bisa menafkahi anak dan istri saya,sampai ke 3 anak saya tidak bisa melanjutkan sekolah lagi,karena tidak ada biaya untuk melanjutkan sekolah sampai sekarang,SAYA MEMOHON dan BERHARAP BESAR dari program SMART Ekselensia ini,bisa MEMBANTU ke 3 anak saya bisa KEMBALI SEKOLAH,selayaknya anak-anak pada umumnya yang seharusnya menikmati pendidikan sekolah.
    kurang lebihnya harap maklum dan saya mohon maaf,apabila ada kata-kata yg kurang berkenan.

    Wss,wr,wb…

    Hormat Saya

    Fery Ardiansyah
    telp ( 0838-480-25-333)

Comments are closed.