Belajar Asyik di SMART Ekselensia Indonesia

Keceriaan mewarnai suasana belajar siswa SMART Ekselensia Indonesia. Sebagian mulai tertawa dengan lepas dan sebagian yang lain tersenyum masam menghadapi pertanyaan yang tersedia dihadapan mereka. Keriuhan sesekali mewarnai aksi mereka dalam menyusun rangkaian kata-kata diatas kartu yang dibagikan oleh guru SMART Ekselensia Indonesia. itulah sedikit gambaran mengenai aktifitas belajar di alam terbuka yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indoensia pada hari Selasa (22/5/12) lalu. Topik pelajaran yang dilakukan pada hari itu tentang menyusun Laporan Perjalanan yang disampaikan menggunakan metode DOLAPER dan PUZLAPER.

Permainan kartu PUZLAPER dan DOLAPER ini dijalankan dengan memasangkan antara pertanyaan dan jawaban. Pemain dapat langsung memilih dan mengambil kartu sesuai dengan pasangannya. Pemain hanya harus beradu panjang pasangan kartu dengan lawannya. “Agar permainan dapat berjalan dengan seru, permainan harus dilangsungkan secara berkelompok. Kelompok dapat terdiri atas dua atau lebih pemain. Dengan begitu, tidak hanya materi pelajaran saja yang didapatkan, diharapkan juga tumbuh karakter dapat bekerja sama, dapat saling membantu, dan menghargai teman” ungkap Retno Winarsi, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMART Ekselensia Indoensia.

Penerapan permainan kartu PUZLAPER dan DOLAPER dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran dengan materi laporan perjalanan. “Dengan metode ini siswa lebih tertarik untuk membaca laporan perjalanan sebelum mereka benar-benar mengetahui, membaca, dan memahami pokok-pokok laporan perjalanan itu sendiri” Tukas Retno Winarsi seraya kembali ke para siswanya. (eL)