Berbagi Semangat Gemari Baca

img-20161211-wa0000

Masih dalam suasana semarak Hari Relawan Sedunia, pada Senin (12/12), Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan menyalurkan 1400 eksemplar buku bacaan dan cerita. Keseluruhan buku tersebut merupakan koleksi PSB yang didapatkan dari hibah para penerbit. Sebanyak 70 siswa SMART menjadi relawan untuk menyalurkan buku-buku tersebut melalui Program Pulang Kampung Menginspirasi. Pulang Kampung merupakan program tahunan siswa SMART dalam rangka melepas rindu dan menebar inspirasi di kampung halaman.

Selain melepas rindu para siswa SMART mengemban satu amanah besar yakni menjadi punggawa Gemari Baca dan menyalurkan buku-buku yang mereka bawa untuk diberikan kepada perpustakaan di kampung halamannya masing-masing. Terdapat 70 titik yang menjadi lokasi penyaluran, titik-titik penyaluran tersebut berada di wilayah Medan, Jambi, Padang, Lampung, Belitung, Bandung, Garut, Cianjur, Bekasi, Depok, Bogor, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Kalimantan, Luwuk, Banggai, Kendari, dan Nusa Tenggara Barat.

“PSB berupaya yang terbaik untuk menebar kebaikan melalui pendistribusian buku ke setiap perpustakaan sekolah. Kebiasaan membaca harusnya lahir dari sekolah karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Maka dari itu, setiap sekolah seyogyanya memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang mampu menarik minat anak-anak untuk membaca,” ucap Dini Wikartaatmadja, Creative Librarian Makmal Pendidikan.

“Alangkah baiknya jika, tradisi pulang kampung ini diikuti dengan tradisi membawakan bingkisan buku ke sekolah kita di kampung. Semoga hal baik ini bisa diikuti masyarakat lainnya,” tutupnya dihadapan 70 siswa SMART yang menghadiri serah terima donasi buku. (AR)