Berjejaring dan Membentang Kebaikan

p_20161119_094124  

“Jadilah manusia yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk siapapun dan di mana pun,” ungkap kak Dini, pembicara dalam acara workshop bersama Duta Gemari Baca Dompet Dhuafa, penuh semangat.

Langit cerah dan mentari pagi menemani langkah kami menuju Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan. Di tengah indahnya Sabtu pagi (19/11), kami mengikuti workshop bulanan para Duta Gemari Baca bertajuk “Networking dan Partnership”. Acara yang diadakan di lantai satu PSB ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari Duta Gemari Baca, siswa SMART dan beberapa mahasiswa Sekolah Guru Indonesia (SGI). Melihat para peserta yang datang, semangat kami semakin menggebu untuk mendapatkan inspirasi baru dan cara asyik berelasi.

Sekitar pukul 9 pagi workshop penuh insprasi ini dimulai.

Terdapat dua sesi dalam kegiatan workshop kali ini. Sesi pertama ialah networking dalam workshop  dijelaskan betapa dahsyatnya berjejaring. Pada awal kegiatan, para peserta diajak untuk bercerita mengenai benda yang dibagikan kepada masing-masing peserta.  Para peserta diajak untuk aktif dan menemukan banyak inspirasi dari benda disekitar. Kak Dini menuturkan bahwa penting sekali memiliki  jiwa yang baik,murah hati dan tulus. Hal tersebut merupakan mata uang utama dalam kegiatan berjejaring.

Kegiatan interaktif seperti simulasi mengumpulkan kartu nama saat seminar dilakukan untuk menambah inspirasi para pejuang Gemari Baca. Aksi nyata untuk saling berbagi hasrat dan menunjukan perilaku baik dalam berjejaring.  Kisah-kisah inspiratif juga dibagikan untuk mengajak berjejaring dengan baik dan optimal. Sayangnya, sesi yang sangat mengasyikan ini hanya sampai pukul 12 siang saja. Namun kak Dini tidak segan untuk mengevaluasi seraya mengapresiasi aksi para peserta, ternyata banyak sekali ketidaksadaran untuk berelasi dengan baik yang selama ini kami lakukan.

p_20161119_094145

Waktu istirahat siang tiba. Seraya mencicipi hidangan nasi bakar spesial, para peserta saling berinteraksi dan bertukar pendapat mengenai sesi pertama workshop.Rehat siang ternyata tidak mengendurkan semangat para peserta workshop untuk mendapatkan inspirasi. Hal ini dibuktikan saat dibukanya sesi kedua workshop tentang Strategic Patnership. Tepuk tangan meriah membuka kegiatan inspirasi yang dibawakan oleh kak Andi Angger Sutawijaya, ia adalah Koordinator Nasional Komunitas Filantropi Pendidikan dan Ketua Komunitas Turun Tangan Banten.

Dengan pengalaman yang mumpuni di bidang partnership, kak Angger memberikan inspirasi nyata untuk berjejaring dengan baik dan optimal. Kak Angger menyatakan bahwa pentingnya kita untuk memiliki lingkaran partner, ia menyampaikan dengan lugas keutamaan gerakan sosial yang akan kami rencanakan. Aksi interaktif dan menyenangkan juga terdapat dalam sesi ini, para peserta diajak untuk turun langsung membuat rancangan kegiatan dan bersimulasi mencari sponsor yang akan kita tuju. Berbagai tips kepemimpinan dan berorganisasi juga dibagikan untuk mengajak kami untuk membuat gerakan sosial.

p_20161119_094650

Di akhir acara, para peserta mendapat banyak sekali manfaat dari networking dan partnership dalam kehidupan sehari-hari. Di tengah rintik hujan Sabtu sore berakhirlah acara Workshop Gemari Baca. Semoga kebermanfaatan dari partnership dan networking tidak berhenti di satu titik. Dibutuhkan aksi nyata untuk menyebarkan nilai dan manfaat agar kehidupan mejadi lebih bik dima yang akan datang. (RZL x AR)