Bingung Sama Target Ramadan? Baca Tulisan Ini Sob!

Bingung Sama Target Ramadan? Baca Tulisan Ini Sob!

 

Wah gak kerasa ya Sob dua hari lagi kita akan bertemu lagi dengan Bulan Ramadan. Nah kalau boleh tau target Ramadan kamu apa nih Sob?

 

Memang gak mudah membuat target selama bulan Ramadan Sob, tapi gak ada salahnya juga kalau kita mulai menyusun strategi agar Ramadan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Jika kamu masih bingung menyusun target Ramadan, kami punya tujuh tips jitu supaya target Ramadanmu tercapai. Yuk simak tulisan di bawah.

 

1. Berpuasa Penuh Satu Bulan Ramadan

Karena hukumnya wajib maka sudah seharusnya kita melaksanakan puasa Ramadan sebulan penuh, sesibuk dan sebanyak apapun PR kita kecuali jika ada kondisi yang mengharuskan untuk tidak berpuasa. Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Melaksanakan Salat Malam Setiap Hari

Melaksanakan salat malam selain berpahalan, juga baik untuk kesehatan badan. Oleh karena itu Rasulullah Saw. Pernah bersabda, “Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala Allah semata, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

3. Melaksanakan Itikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah Swt. dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatan yang telah kita lakukan selama ini. Iktikaf ada baiknya diniatkan semata-mata untuk mendekatkan diri dan mengharapkan ridho Allah Swt. I’tikaf dianjurkan dilaksanakan jelang sepuluh hari terakhir Ramadan

 

4. Mencari Lailatul Qadr

Di sepuluh hari terakhir Ramadan kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dikarenakan adanya Lailatul Qadar atau malam kemuliaan, malam yang lebih mulia dari 1000 bulan atau setara dengan 83 tahun 4 bulan.

 

5. Memperbanyak Sedekah dan Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, di bulan ini Allah Swt. melipatgandakan pahala dari kebaikan yang kita perbuat, maka tidak ada salahnya jika kita berbagi kepada sesama dengan bersedakah dan memberi makan orang berpuasa. Rasulullah Saw. Bersabda,“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. Tirmidzi)

 

6. Memperbanyak Membaca Al Quran dan Mengkhatamkan Al-Quran

Ada baiknya kita meluangkan waktu dan mengkhususkan membaca Al-Qur’an minimal satu juz setiap hari sehingga bisa mengkhatamkan Al-Qur’an. Rasulullah Saw. bersabda, “Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan lebih akan dermawan lagi di bulan Ramadan ketika Jibril menemuinya pada setiap malam, lalu saling membacakan al-Qur’an dengannya.” (HR. Bukhari)

 

7. Membayar Zakat

Zakat dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya). Nah jangan lupa ingatkan kakak atau keluarga di rumah tentang pentingnya mengeluarkan zakat fitrah ya Sob.

 

Mengejar target di atas bukan berarti kita meninggalkan ibadah lain seperti melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah. Mudah-mudahan target yang telah disebutkan diatas tercapai. Dan disaat kita selesai berpuasa di bulan Ramadan secara penuh, mudah-mudahan kita bisa menjadi orang yang semakin bertaqwa ya Sob. Aamiin.