Kamu Kudu Tahu Keutamaan Ramadan Di Sini Sob!

Kamu Kudu Tahu Keutamaan Ramadan Di Sini Sob!

Kamu pasti sudah tahu kalau bulan Ramadan merupakan bulan baik kan Sob, cuma di bulan Ramadan semua perbuatan baik akan diganjar berkali lipat. Tapi tahukah kamu kalau di bulan Ramadan terdapat banyak karunia Allah Swt. lho Sob, karena itulah inilah saatnya kita memperbanyak pahala dengan memaksimalkan ibadah kita. Di bawah ini kita akan berkenalan dengan keutamaan Ramadan yang perlu kamu tahu:

  1. Salat Malam

Salat malam adalah salah satu amaliyah yang sangat ditekankan oleh Nabi Saw. terutama di bulan Ramadan. Salah satu keutamaan Salat Malam di bulan Ramadan yaitu itu mendapatkan pengampunan dosa yang telah dikerjakan di masa lalu.

 

  1. Sedekah

Sedekah maupun berbagi di bulan Ramadan merupakan perbuatan yang harus diperhatikan seorang muslim. Bahkan Nabi termasuk dari orang yang paling dermawan saat bulan Ramadan.

 

  1. Membaca Al-Qur’an

Sahabat Pendidikan salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditingkatkan selama Ramadan ialah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bahkan membaca satu huruf dalam Al-Qur’an di bulan Ramadan akan diberikan sepuluh kebaikan.

 

  1. Duduk di Masjid Hingga Matahari Terbit

Keutamaan berdiam diri di masjid di bulan Ramadan sudah barang tentu pahala yang didapatkan akan dilipatgandakan. Sudah selayaknya, agar kita mengoptimalkan salah satu keagungan ini dengan mengindari segala aktivitas malam yang dapat melalaikan untuk bangun di subuh hari.

 

  1. I’tikaf

Pada sepuluh malam terakhir Ramadan Rasulullah Saw. selalu melaksanakan I’tikaf di masjid dalam rangka meningkatkan ketaatan kepada Allah Swt. dan melupakan sejenak  aktivitas duniawi untuk merenung, membersihkan diri, dan mengharap ridho Allah Swt.

 

  1. Menghidupkan Lailatul Qadar

Selama Ramadan Rasulullah Saw. tak pernah berhenti mencari Lailatul Qadar, bahkan ia  senantiasa membangunkan keluarganya pada malam sepuluh hari terakhir dengan harapan mendapatkan Lailatul Qadar.

 

  1. Memperbanyak Zikir, Doa, dan Istighfar

Saat Ramadan ada waktu khusus yang mustajab untuk berdoa seperti saat berbuka, sepertiga malam terkahir saat Allah Swt, dan beristighfar di waktu sahur.

 

Puasa Sambil Diet atau Diet Sambil Puasa? Bolehkah? Simak Tulisan Kami Dulu Dong.

Puasa Sambil Diet atau Diet Sambil Puasa? Bolehkah? Simak Tulisan Kami Dulu Dong.

 

Seperti yang kita ketahui Sob jika berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim, tapi jika puasa diniatkan untuk berdiet kira-kira hukumnya apa ya?

Ketika kita berpuasa namun memiliki niatan lain maka hal ini bisa dijelaskan ke dalam dua keadaan Sob:

Pertama: Niat puasanya hanya untuk Allah, perihal mendapatkan kesehatan atau turun berat badan hanya bonus artinya yang besangkutan berpuasa niat ikhlasnya hanya untuk Allah saja namun dia menginginkan agar badan lebih sehat atau turun berat badan maka ibadah puasanya sah.

 

Kedua: Mungkin banyak dari kita yang memanfaatkan momen Ramadan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan, namun ternyata jika kita niat berpuasa semata-mata agar turun berat badan dan bukan karena Allah maka kita tidak mendapatkan pahala apa-apa. Sebagaimana firman Allah:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ نُرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلاهَا مَذْمُومًا مَدْحُورًا

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa (balasan dunia) yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami inginkan, kemudian Kami jadikan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir” (QS al-Israa’: 18).

 

Jadi jika kamu tetap menyelipkan niat karena Allah dan tak menjadikan turun berat badan sebagai tujuan utama berpuasa maka puasamu tetap sah Sob, yang tidak boleh adalah ketika kita tidak melibatkan Allah sama sekali di dalam niat kita berpuasa.

 

Segarkan Dirimu Dengan Air Nabeez Sob. Yuk Kita Buat!

Segarkan Dirimu Dengan Air Nabeez Sob. Yuk Kita Buat!

Alhamdulillah ya Sob kita masih bisa bertemu lagi dengan Ramadan, bagaimana puasa Ramadanmu hari ini?

 

Yang semangat dong supaya tetap kuat sampai Ied tiba. Nah supaya kamu tetap semangat kami ada resep Air Nabeez alias air rendaman (infused water) kurma kesukaan Rasullulah. Dilansir dari deerham.com, Air Nabeez merupakan minuman beralkali, artinya, minuman ini bisa bantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dengan membuat racun-racun dari dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu Air Nabeez juga baik untuk menstabilkan tekanan darah, menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh lho.

 

Resep Air Nabeez ini kiriman dari Kak Ima yang bisa kamu buat dan minum ketika berbuka ataupun sahur. Reesepnya mudah dan bahannya tersedia di mana pun, daripada berlama-lama yuk ikuti langkah-langkahnya.

 

Yang kamu butuhkan:

1. Tiga sampai empat buah kurma favoritmu

2. 300-400ml air matang

3. Wadah tertutup (boleh gelas, tempat minum, apapun)

 

Cara Membuat:

Masukan kurma ke dalam wadah tertutup yang telah diisi air lalu diamkan selama 8-12 jam. Jadi deh, mudah kan? Air Nabeez paling enak diminum ketika dingin lho Sob. Hmmm segaaar.

 

Nah gak sabar mau buat juga kan? Yuk kita buat sama-sama.

Hmmm Pilih 13 atau 27 Rakaat ya? Gaperlu Bingung, Baca Tulisan Ini Dulu Sob!

Hmmm Pilih 13 atau 27 Rakaat ya? Gaperlu Bingung, Baca Tulisan Ini Dulu Sob!

Wuiiiiiih MasyaAllah gak kerasa ya Sob esok kita sudah bertemu lagi dengan Ramadan, itu tandanya malam ini aku; kamu; dan kita semua akan bebondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan Salat Tarawih berjamaah. Namun setiap tahunnya suka ada kebingungan tersendiri terkait jumlah rakaat dalam Salat tarawih nih Sob. Tapi kamu gak perlu bingung karena kami akan membahas berapa jumlah maksimal rakaat dalam Salat Tarawih.
Hampir semua ulama mengatakan jika tidak ada batas maksimal untuk jumlah rakaat Salat Tarawih. Diantara dalil yang menunjukkan tidak ada batas untuk jumlah rakaat Salat Tarawih adalah hadis dari Ibnu Umarradhiyallahu ‘anhuma: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat malam sebanyak 13 rakaat”- HR. Abu Daud
Para ulama memahami hadis ini bukanlah pembatasan, karena Rasulullah tidak pernah membatasi jumlah rakaat Salat Tarawih Sob. Itu artinya ketika kamu melaksanakan Salat Tarawih sebanyak 23 rakaat maka itu sah-sah saja, namun sayangnya banyak praktik yang kurang maksimal di beberapa tempat. “Gak maksimal gimana kak?” Iya karena sebagian masjid yang melaksanakan Tarawih 23 rakaat mengenyampingkan faktor tumakninah dan malah terkesan terburu-buru.
Yang perlu kita ingat itu Sob, berapapun jumlah rakaatnya jangan sampai mengorbankan kualitas Salat Tarawih kita karena tumakninah bagian dari rukun salat. Seperti itu.
Oke, selamat menunaikan ibadah puasa ya Sob, Bismillah kita pasti sukses di Ramadan tahun ini aamiin.

Sekarang Menghafal Quran Satu Juz Selama Ramadan Tak Susah Lagi, Kan Ada Metode Salaman

Sekarang Menghafal Quran Satu Juz Selama Ramadan Tak Susah Lagi, Kan Ada Metode Salaman

 

Kami tahu deh kalau kamu semua pasti ingin sekali menghafalkan satu juz Qur’an selama Ramadan, tapi sayangnya kamu bingung memulai dari mana? Sekarang gak perlu bingung Sob karena kamu bisa mengikuti Metode Salaman alias Sehari Sehalaman. Metode Salaman merupakan cara mudah menghafal satu juz Quran dan satu halaman setiap hari buat kita para pelajar yang penuh kesibukan.

 

Seperti yang kita tahu kalau satu juz Al Qur’an terdiri dari 20 halaman, buat sebagian dari kita pasti menghapalnya butuh perjuangan banget deh. Tapi dengan Metode Salaman dan kalau kamu istiqomah, dalam 20 hari saja kami yakin kamu semua bisa menghafal 20 halaman alias satu juz.

 

“Lalu jika sebulan 30 hari mana 10 hari lainnya?” 20 hari bisa kamu pakai untuk menghafal dan sepuluh harinya lagi untuk muroja’ah. Kamu hanya perlu menargetkan hafal satu halaman sehari menggunakan jadwal Salat Fardhu, empat waktu buat menghafal dan satu waktu untuk murojaah. Satu halaman Quran bisa kita bagi menjadi empat bagian, seperempat halaman dihafal lepas Subuh (sebelum Subuh juga boleh) sampai benar-benar hafal. Seperempat bagian kedua bisa dihafalkan lepas Zuhur, seperempat selanjutnya lepas Asar dan Magrib. Jika mau, selepas Isya dan Tarawih kamu bisa mengulang lagi satu halaman. Lakukan secara berkala hingga hari ke-20 dari lepas Subuh hingga Tarawih. Jika konsisten, di hari 20 kamu sudah hafal satu juz. Tinggal muroja’ah di sepuluh hari berikutnya sambil I’tikaf atau sembari menikmati perjalanan mudik ke kampung halaman.

 

Agar menghafal lebih menyenangkan, sediakan mushaf yang paling kamu sukai. Jika menggunakan aplikasi Qur’an di gawai pastikan notifikasinya tidak mengganggu ketika menghafal. Pilih tempat terbaik dan nyaman buat menghafal. Jika tak punya partner untuk setoran, kamu bisa merekam suara di gawai lalu diputar sambil menyimak dengan seksama sembari melihat mushaf, jadi bisa mencek posisi kesalahannya.

 

Selamat mencoba ya, semoga Ramadanmu tahun ini penuh dengan keberkahan aamiin

Selamat Berjuang Angkatan 11, Selamat Menyambut Masa Depan

Selamat Berjuang Angkatan 11, Selamat Menyambut Masa Depan

oleh: Asep Rogia, Guru Bahasa Arab dan Islamika

Wisuda bisa diartikan sebagai peresmian setelah melewati masa pendidikan dan pembinaan. Wisuda menjadi prosesi sakral dari sebuah perjuangan.
Selama lima tahun lamanya, siswa SMART Ekselensia Indonesia, yang telah kami anggap sebagai anak sendiri akhirnya berhasil menyelesaikan studinya dan siap melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan bekal ilmu pengetahuan dan pendidikan kepemimpinan yang mereka dapatkan selama berada di lingkungan SMART.
Rasa syukur ini kami panjatkan kehadirat Allah Swt. dengan membersamai kelulusan 40 anak-anak hebat dari berbagai penjuru nusantara. Tentu jalan mereka belum selesai, ini adalah sebuah langkah awal untuk bisa melanjutkan kebaikan-kebaikan kapanpun di mana pun dan menjadi sebaik-baiknya pribadi.
Terima kasih guru, terima kasih Dompet Dhuafa, terima kasih donatur. Keberkahan Allah membersamai dalam setiap ikhtiar kebaikan ini, aamiin.

Mau Khatam Quran Selama Ramadan? Bisa Sob!

Mau Khatam Quran Selama Ramadan? Bisa Sob!

 

Sob seperti yang kita tahu kalau salah satu ibadah utama dalam bulan Ramadan ialah membaca Al Qur’an. Jika di luar Ramadhan saja membaca tiap hurufnya bernilai 10 kebaikan apalagi di bulan Ramadhan kan? Tentu pahalanya akan berlipat-lipat. Nah,  buat kamu yang ingin mengkhatamkan Quran sebanyak 30 juz selama Ramadan bisa mengikuti enam tips di bawah ini.

 

1. Kencangkan Niat

Pertama-tama kamu kudu kencangkan niat dari sebelum Ramadan. Kenapa sebelum Ramadan? Agar ada waktu pemanasan sebelum Ramadan tiba.

 

2. Bersihkan hati dari kotoran

Kata Utsman bin Affan Ra: “Jika hati kita suci maka ia tidak akan pernah puas dengan kalam Rabb-Nya” artinya kotoran hatilah yang membuat kita berat dari membaca Al-Qur’an. Yuk perbanyak istighfar buat bersihin hati kita.

 

3. Atur strategi

Pernah nggak di Ramadan sebelumnya kamu nargetin buat khatam 30 juz tapi baru beberapa juz sudah menyerah? Strategi itun penting Sob karena mengkhatamkan Quran bagaikan perang melawan diri sendiri. Strategi yang bisa kamu ambil yaitu membagi-bagi 30 juz ke dalam beberapa bagian. Kira-kira seperti ini, 30 juz bakal diseleskan selama 30 hari berarti sehari kudu menyelesaikan satu juz. Nah satu juz itu (kalau pakai Qur’an standar) hanya 20 halaman. Jadi 20 halaman harus diselesaikan sehari caranya sebagai berikut: Waktu salat wajib ada lima nah bagi saja 20 halaman tadi tiap selesai salat fardhu. Abis shubuh empat halaman, abis zuhur empat halaman dst. Dengan kecepatan standar kamu cuman butuh sepuluh menit buat membaca empat halaman. Sesibuk-sibuknya kamu kerja pasti ada istirahat salat kan? Nah sisihkan sepuluh menit aja buat tilawah tiap abis salat fardhu.

 

4. Bareng-bareng

Nah, beramal kalau sendiri-sendiri kan cepat bosan tuh. Kamu bisa ajak teman nongkrong supaya bisa saling pantau tilawah udah sampai mana, juga buat wadah saling ingetin kalau-kalau ada yang lupa tilawah.

 

5. Kasih tahu orang terdekat.

Kasih tahu orang-orang terdekatmu kalau kamu punya target khatam Qur’an, minta do’a mereka dan diingetkan kalau sedang lupa. Orang terdekat bisa orangtua dan sahabat.

 

6. Berdoa dan minta didoakan

Do’a itu senjatanya orang mukmin. Setelah niat dan taget disusun, berdoalah kepada Allah untuk dimudahkan dalam mencapai target tersebut. Minta juga doa ke orangtua karena doa orangtua itu maqbul.

 

Akhirnya, selamat menyambut Ramadan ya Sob. Semoga kita bisa panen sebanyak-banyaknya kebaikan dan keberkahan.

Secuil Kisah Tentang Imsak yang Perlu Kamu Ketahui Sob

Secuil Kisah Tentang Imsak yang Perlu Kamu Ketahui Sob

 

Sob benarkah imsak menjadi waktu awal dimulainya seseorang menahan lapar dan dahaga?

Adapun berimsak (mulai menahan diri) lebih awal sebelum terbitnya fajar sebagaimana disebutkan oleh Imam Mawardi hanyalah sebagai anjuran agar lebih sempurna masa puasanya.

Lalu bagaimana dengan waktu imsak sendiri?

Waktu imsak yang sering kita lihat di jadwal-jadwal imsakiyah adalah waktu yang dibuat oleh para ulama untuk kehatian-hatian.

Dengan adanya waktu imsak yang biasanya ditetapkan sepuluh menit sebelum subuh maka orang yang akan berpuasa akan lebih berhati-hati ketika mendekati waktu subuh. Di waktu sepuluh menit itu ia akan segera menghentikan aktivitas sahurnya, menggosok gigi, dan juga mandi serta persiapan lainnya untuk melaksanakan shalat subuh.

Nah itulah pentingnya mengetahui waktu imsak Sob. Jangan lupa disimpan dan dibagikan ya poster imsaknya. Semoga menjadi amal kebaikan bagi kita semua.

 

Ini Dia Lima Keutamaan Ramadan yang Kudu Kamu Tahu Sob!

Ini Dia Lima Keutamaan Ramadan yang Kudu Kamu Tahu Sob!

 

Assalamualaikum Sob, apa kabar kamu semua? Kalau kami Alhamdulillah baik hanya saja sedang banyak kesibukan nih Sob jadi maaf ya kalau jarang mengunggah kabar terbaru kami di sini.

 

Sob kamu semua pasti udah gak sabar buat bertemu dengan bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari. Nah seperti yang kamu tahu kalau Ramadan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam diseluruh dunia.

 

“Lah kenapa ditunggu-tunggu kak?” Itu karena bulan Ramadan memiliki beberapa keutamaan. “Lalu apa saja kak keutamaannya?” Keutamaannya ada lima Sob, tapi daripada kamu penasaran yuk segera baca di bawah.

1. Ramadan Bulan Diturunkannya Al-Qur’an


Tahukah kamu Sob kalau Ramadan ialah Syahrul Quran (bulan Al-Quran)? Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan. Allah Swt. berfirman: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)” – QS. Al-Baqarah: 185.

Sebab itulah disarankan agar di bulan Ramadan kita memperbanyak membaca Al-Quran dengan intensitas tak terbatas.

2. Bulan Penuh Keberkahan


Bulan Ramadan dikenal dengan bulan syahrun mubarak, hal ini didasarkan pada dalil hadis Rasulullah Saw.: ”Sungguh telah datang kepada kalian bulan penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian” – HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi. Setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya.

 

3. Malam Lailatul Qodar


Kemuliaan bulan Ramadan salah satunya adalah hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan Sob. Kamu pasti tahu kan malam apa itu? Yak benar Malam Lailatul Qodar, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah Swt. berfirman:”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada Lailatul Qodar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” – QS.Al Qadr:1-3.

 

4. Bulan Ramadan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah


Bulan Ramadan merupakan bulan penghapusan dosa, Rasulullah Saw. bersabda: ”Salat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui berbagai aktivitas ibadah di bulan Ramadan Allah Swt. akan menghapuskan dosa kita sebagaimana sabda Nabi Saw.: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt., maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”- HR.Bukhari dan Muslim. Sebab itulah di Bulan Ramadan ada baiknya kita memperbanyak ibadah ya Sob.

 

5. Pintu Surga Dibuka Pintu Neraka Ditutup


Kemuliaan dan keutamaan Bulan Ramadan lainnya  ialah pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup lho Sob. Allah memberi kesempatan kepada kita untuk masuk surga melalui serangkaian ibadah dan amal shalih yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan.

 

Naah itulah lima keutamaan bulan Ramadan Sob. Yuk kita persiapkan diri sebaik mungkin sebelum Ramadan datang. Nantikan artkel Ramadan seru lainnya ya.

,

Tak Perlu Khawatir, UNBK 2019 Pasti Berlalu!

Rasanya baru kemarin kami melihat kakak-kakak Angkatan 10 sibuk belajar mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tetiba saja UNBK 2019 sudah datang mengetuk pintu kamar asrama kami. Siap tidak siap kami harus siap.

Oh iya sekadar informasi untuk kalian, Ujian Nasional (UN) tahun ini kami masih menggunakan sistem berbasis komputer alias UNBK seperti tahun sebelumnya. “Lalu apa sih UNBK?” Mungkin sebagian dari kamu  belum tahu apa itu UNBK, UNBK adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer atau biasa juga disebut Computer Based Test (CBT) di mana sistem pelaksanaannya menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada 2014 secara daring (online.pen) dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada 2015 lalu akhirnya dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-daring yaitu soal dikirim dari peladen (server.pen) pusat secara daring melalui jaringan (sinkronisasi) ke peladen lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh peladen lokal (sekolah) secara luring (offline.pen). Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari peladen lokal (sekolah) ke peladen pusat secara daring. Yang jelas kami telah mempersiapkan dengan baik segala sesuatu yang berhubungan dengan ujian penentu nasib kami di masa depan ini.

Sebelum UNBK datang kami telah menyiapkan banyaaaaak hal supaya kami bisa menaklukan ujian yang (masih) menjadi momok bagi pelajar di Indonesia ini. Walau terlihat seperti belajar melulu, tetapi kami menyisihkan waktu untuk bersantai juga kok, bahkan mungkin terlalu santai hehe. Mulai hari ini, Senin (01/04) hingga Kamis (04/04) plus tambahan hari Senin nanti (08/04) kami akan berjuang dan bertarung dengan gigih.

Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tak ada ritual apel pagi bersama karena jadwal UNBK dibagi menjadi dua shift yakni pukul 07.30-09.30 untuk Kelompok 1 dan pukul 10.30-12.30 untuk Kelompok 2. Bahkan teman-teman kami yang ujian di shift 2 masih bisa menyetrika baju dahulu Sob.

“Lalu kenapa dikelompokkan begitu sih?” Karena mencegah terjadinya keriuhan dan koneksi internet yang kurang stabil, oleh karenanya ujian dibagi menjadi dua bagian.

Nah tahukah kamu kalau setiap tahunnya SMART (Alhamdulillah) berhasil meluluskan semua muridnya dengan rerata capaian sekitar 97% diterima di PTN kenamaan. Karena itulah banyak pihak yakin kalau UNBK 2019 mampu membuat SMART meluluskan semua siswa-siswanya dan masuk PTN favorit, aamiin.

Ada 40 siswa yang mengikuti UNBK, selama empat (plus satu) hari kami akan berjuang menyelesaikan mata pelajaran yang  di-UNBK-kan. Untuk mata pelajaran yang diujikan sendiri antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. Lalu ada satu hari khusus untuk mata pelajaran pilihan yakni Biologi, Fisika, dan Kimia untuk jurusan IPA. Ekonomi, Geografi, Sosisologi untuk jurusan IPS.

Sob merasa gak sih kalau setiap tahunnya banyak lho teman-teman kita yang stres menjelang dan saat ujian tiba, pun kami merasakan hal yang sama. Selain (mungkin) karena kurangnya persiapan dan kesiapan, bisa juga karena tuntutan nilai lumayan tinggi. Kami ada beberapa tips nih untuk kalian agar tidak stres menghadapi UNBK tahun depan:

  1. Kamu harus siap lahir batin! Jangan anggap UNBK sebagai momok menakutkan, anggap saja ulangan biasa dengan soal yang lebih menantang.
  2. Persiapkan mental dan diri sebaik mungkin, karena yang tahu kapasitasmu kan hanya kamu.
  3. Banyak-banyak berdoa karena kekuatan doa itu maha dahsyat.
  4. Jangan lupa sarapan sebelum ke sekolah, karena sarapan terbukti mampu menambah daya konsentrasi.
  5. Percaya diri dan jangan pernah menyontek!
  6. Kerjakan soal yang menurut kamu paling mudah.

Semoga tips di atas membantumu.

 

Kami mohon doamu ya, semoga kami bisa mengerjakan soal dengan baik, mendapatkan nilai yang baik, dan bisa masuk PTN yang kami inginkan. Kami juga mendoakan agar kalian semua juga lulus dengan nilai terbaik aamiin! Doakan kami juga ya Sob! (AR)