Classmeeting 2016, Seru Banget!

img_20161222_162705
“Datang, kerjakan, lupakan,” begitulah slogan kebanyakan siswa di sekolah menengah saat menghadapi ujian akademik, baik ulangan harian, Ujian Akhir Semester (UAS), dan ujian lainnya. Ya, untuk sedikit melepas penat dan melupakan “kepusingan” saat menjalani UAS.

UAS telah selesai kami lakukan dan membuat kegiatan di sekolah menjadi lowong. Dalam rangka mengisi kekosongan tersebut, Organisasi Akademika SMART (OASE) mengadakan kegiatan bertajuk “Classmeeting”.

img_20161222_162612

Classmeeting adalah sebuah kegiatan yang berisi lomba-lomba seru yang diikuti oleh masing-masing kelas di SMART Ekselensia Indonesia. Terdapat beberapa lomba yang dapat diikuti para siswa untuk menyemarakkan helatan seru ini antara lain Bal-balan, Doodle Art, SWOH, Malas Dihias, LSAS, Sok Tahu, dan Joker serta Fokus
Kegiatan Classmeeting dibuka pada Selasa, 13 Desember 2016, para siswa dan guru-guru turut hadir dalam pembukaannya. Dalam acara pembukaan ditampilkan berbagai simulasi lomba dalam kegiatan classmeting 2016. Tepuk tangan meriah pun diberikan kepada para panitia classmeeting 2016 yang telah menyusun konsep kegiatan sebulan sebelumnya. Saat acara pembukaan pula, Pak July Siswanto, Kepala Sekolah SMART, membuka pelaksanaan classmeeting 2016 dengan menabuhkan gong sebagai simbolisasi.

img_20161222_162548

Sehari sebelummya, telah diadakan lomba awal classmeeting 2016 yaitu Bal-balan dan Doodle Art. Di saat hari libur Maulid Nabi Muhammad saw tersebut, seluruh siswa menyaksikan aksi perjuangan kelasnya masing-masing mencetak gol ke gawang lawan dalan Lomba Bal-balan. Para penonton pun bergemuruh saat salah satu pemain berhasil mencetak gol ke gawang lawan. Namun, ada sesuatu yang menarik dalam lomba yang dilangsungkan di lapangan futsal SMART tersebut, para pemain diwajibkan menggunakan sarung saat berlomba dan ditemani dengan iringan musik yang sengaja diputar.

Seolah tidak mau kalah dengan Lomba Bal-balan, lomba yang mengasah kreativitas siswa SMART dalam menggambar ini memberikan sesuatu yang berbeda dalam pelaksanaannya. Dengan mengusung tema “Pulang Kampung” para perwakilan masing-masing kelas menggambar doodle-doodle terbaiknya untuk mendapatkan gelar doodle terkece. Tema tersebut dipilih karena pulang kampung merupakan topik yang saat ini sedang menjadi trend di kalangan siswa SMART.

Tepat di hari selasa (13/12), setelah melaksanakan Shalat Dhuha, seluruh siswa memadati lapangan hijau di depan Masjid Al-Insan. Masing-masing perwakilan siswa bersiap untuk mengikuti Lomba SWOH (Strong With One Hand). Setelah mengukur masing-masing berat badan, aksi tarik menarik tambang dengan satu tangan pun tak terelakan. Sontak saja, para pendukung dari masing-masing kelas berteriak menyemangati perwakilan kelasnya yang bertanding. Walaupun harus bersusah payah menarik tambang, para peserta lomba puas dengan hasil yang diraihnya.

Setelah menyelesaikan aksi tarik-menarik tambang, para siswa SMART melanjutkan kegiatan classmeeting dengan Lomba Malas Dihias. Setiap mading kelas di SMART dihias oleh masing-masing kelas sesuai dengan undian. Sama seperti Lomba Doodle Art, lomba ini mengangkat tema pulang kampung. Dengan bermodalkan berbagai perlengkapan berkreasi, para siswa berusaha menghias dengan sebaik mungkin. Salah satu mading, yaitu mading kelas 4 IPS mengangkat tema khusus yaitu senyuman akhir tahun. Di dalam mading tersebut tergambar sebuah senyuman manis yang diikuti dengan tulisan Ritme.

Keesokan harinya, lomba seru lainnya kembali diadakan. LSAS (Let sing a song) merupakan sebuah lomba melanjutkan lagu yang telah diputar sebelumnya. Keseruan terlihat saat peserta memikirkan kalimat yang tepat untuk melanjutkan lagu yang diputar. Sontak saja, senyum dan tawa pun hadir dalam lomba unik tahunan tersebut.

Sok tahu merupakan salah satu lomba seru dalam classmeeting kali ini. Para peserta ditantang untuk menjawab pertanyaan yang diberikan berupa hal-hal unik yang ada di lingkungan SMART Ekselensia. Mulai dari jemuran, asrama, lapangan, hingga kelas pun menjadi objek dalam pertanyaan dalam Lomba Sok Tahu. Ada beberapa peserta yang hanya asal dalam menjawab pertanyaan, tapi ada pula peserta yang menjawab dengan sungguh-sungguh dan berhasil menjawab pertanyaan dengan baik walau masih terdapat kegagalan. Lomba yang mengadaptasi konsep lomba cerdas cermat dalam salah satu televisi swasta ini pula menjadi ajang untuk menunjukan keSMARTan siswa terhadap lingkungan tempat belajarnya sehari-hari.

Lomba bernuansa kuliner turut hadir menyemarakan kegiatan tahunan siswa SMART ini. Aksi siswa menyantap kerupuk sambil diiringi musik dangdut terlihat dalam Lomba JOKER (Joget Kerupuk). Para peserta bahu membahu memakan kerupuk yang digantung dan telah dilumuri oleh saus sebelumnya. Saat menyantap kerupuk para peserta pun bergoyang mengikuti irama dangdut. Tak pelak, canda tawa hadir dalam lomba kuliner tersebut.

Terakhir adalah Lomba Fokus. Lomba ini merupakan lomba menebak adegan-adegan atau peristiwa unik dalam suatu film. Sebelumnya, para peserta menonton terlebih dahulu film yang akan menjadi soal dalam perlombaan. Tidak jarang para peserta membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

img_20161222_162457

Pekan classmeeting 2016 diisi pula dengan menonton film bersama di lantai dua gedung sekolah. Siswa-siswa kelas I, X dan IV juga mengikuti kegiatan semester pendek. Dalam kegiatan semester pendek, para siswa yang belum lulus dalam kompetensi dasar dapat menjalani remedial untuk mencapai nilai sesuai KKM yang telah ditetapkan.
Kegiatan classmeeting 2016 telah usai dilaksanakan seminggu setelah acara pembukaan. Pada akhirnya, lomba antar kelas tahunan tersebut menghasilkan 3 kelas “terkece” (sebutan juara classmeeting 2016). Kelas V IPA berhasil menjadi terkece pertama disusul kelas V IPS sebagai terkece kedua dan kelas IV IPA sebagai terkece ketiga.

Semoga kegiatan classmeeting tahun selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi dan menghasilkan kelas-kelas terkece di masa mendatang. (SR)

img_20161222_162427