,

Cuma di OHARA Kamu Bisa Menemukan Uniknya Budaya Indonesia

Cuma di OHARA Kamu Bisa Menemukan Uniknya Budaya Indonesia

 

Olimpiade Humaniora Nusantara kembali menyapa kita semua. Di tahun 2019 yang menjadi tahun ke-11 penyelenggaraannya. OHARA, begitu biasa di sapa, mengangkat tema “Kreasikan Uniknya Budaya Bangsa” dengan harapan seluruh elemen masyarakat mau dan mampu untuk mengembangkan dan mengkreasikan berbagai keragaman budaya bangsa yang melimpah ruah dari ujung Sabang hingga ujung Merauke. Serta mengangkat kembali budaya Indonesia yang kaya akan nilai-nilai luhur, dipadu dengan unsur kreativitas generasi muda bangsa. Sehingga  mendorong para pelajar sekolah menengah di seluruh Indonesia mengenal budaya dan mencintai Indonesia.

 

Berbicara tentang budaya tentu tak lepas dari warisan berharga nenek moyang kita. Baik itu berupa kebudayaan benda ataupun tak benda, kebudayaan tulisan maupun kebudayaan lisan yang mirisnya hari ini hal tersebut mulai tenggelam seiring berkembangnya zaman. Dengan tujuan mengkreasikan dan membangkitkan kembali uniknya budaya bangsa, OHARA mengakomodasi itu semua. Di OHARA kita akan menemukan Opera Van Jampang, sebuah penampilan seni peran yang menghibur dalam bentuk visual budaya nusantara dijadikan ke dalam bentuk opera disertai dengan guyonan-guyonan. Ada juga Story Telling,  pewarisan seni budaya melalui kemampuan mendongeng menggunakan bahasa Inggris; Kedua lomba tersebut memiliki kesamaan yakni mengangkat tema seputar Legenda dan Pahlawan Nusantara.

 

Kecintaan para siswa sekolah menengah terhadap bangsa dan negara adalah tantangan nyata saat ini. Lintas Nusantara (Lintara) merupakan sebuah lomba dalam OHARA 2019 yang diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dengan perpaduan uji pengetahuan, musikalisasi puisi, akulturasi pakaian adat Indonesia dan lintas alam.

 

Berbeda dengan Lintara, LKTI menjadi spot  untuk mewadahi ide-ide nyata para pemuda agar dapat menyalurkan ide mereka yang dapat diaplikasikan di masyarakat karena sejatinya Ide-ide kreatif para pemuda dari seluruh nusantara tersebut adalah modal penting kemajuan bangsa sehingga  sangat sayang untuk dibiarkan lenyap begitu saja.

 

Dokumenter Budaya menjadi ajang kepedulian siswa dalam mengabadikan budaya dengan media-media kekinian. Dokumenter Budaya mengajak untuk mengetahui jejak-jejak setiap langkah budaya indonesia melalui video yang diolah sedemikian rupa. Yang paling unik dari kegiatan OHARA ini tentunya FAKN, lomba akulturasi kuliner nusantara dan mancanegara yang menuntut pesertanya memiliki inovasi dalam menciptakan masakan baru sehingga menghasilkan budaya baru yang tentunya memperkaya keragaman budaya bangsa kita.

 

Tak ketinggalan hal yang baru di OHARA kali ini adalah Mini Soccer. Perlombaan olahraga sepak bola dengan bentuk lapangan yang lebih kecil dan waktu yang lebih singkat membawa salam silaturahmi dalam hangatnya budaya bangsa.

 

OHARA  bukan sekadar menekankan kecintaan pada budaya, tetapi juga mengajak untuk mencintai budaya negeri sendiri agar tak lekang dimakan zaman. Yuk sama-sama menjaga dan melestarikan budaya kita! (Zaky)