Duta Gemari Baca: Menulis Jurnalistik, Siapa Takut!

IMG_20170226_161830

Hari Minggu, 26 Februari 2017, sejatinya waktu istirahat setelah sepekan penuh penat dengan aktivitas sekolah. Namun tidak bagi para Duta Gemari Baca menembus rintikan hujan dan kemacetan Kota Depok. Mereka tampak bersemangat mengikuti pelatihan penulisan bersama Kak Aan (red: Rina Supusepa), jurnalis Media Release Indonesia, di masjid UI.

Pelatihan dimulai dengan perkenalan peserta, dimana 16 pemuda ini menyebutkan nama dan aktivitas mereka. Dan diskusi diawali dengan penulisan “berita”. Kata Rina bahwa difinisi berita memang tidak ada yang spesifik, tetapi substansi berita adalah informasi akurat yang diperoleh dari sebuah kejadian. Berita memiliki 3 bagian, yaitu judul, lead dan tubuh berita. Judul berita harus jelas dan menarik orang lain untuk membaca. Lead berita dapat dikatakan sebagai esensi umum sebuah berita. Dan tubuh berita mengandung penjelasan detail untuk berita tersebut. Penyusunan berita ini harus mengandung jawaban atas pertanyaan 5W1H.

IMG_20170226_152257

Pelatihan berjalan mengalir dan nampak antusiasme peserta di interaksi mereka. Berbagai pertanyaan terlontar dari peserta ketika tiba saat mereka diminta mulai menulis. Fokus pelatihan ini adalah peserta diajak untuk mengenal dan mampu menulis berita dalam bentuk release, feature dan opini. Para Duta Gemari Baca terlihat saling diskusi dalam menyelesaikan tugas penulisannya. Sebagai bahan menulis berita, para Duta diberikan satu gambaran kejadian. Kak Aan membagi 3 kelompok berdasarkan sudut pandang bagi peserta dalam belajat menulis berita, yaitu pendidikan, ekonomi dan agama. Tulisan yang dihasilkan sangat variatif dan memiliki penekanan yang unik.

IMG_20170226_144411

Tidak sekedar menulis, tapi Kak Aan juga membahas semua tulisan peserta. Titik poin pada pembahasan ini adalah konsistensi dan kesesuaian antara judul, lead dan isi berita. Diskusi tidak hanya berlangsung dalam model kelas besar, tapi metode coaching pun dilakukan. Pada akhir sesi pelatihan terpilih 5 tulisan terbaik, baik penulisan berita rilis maupun feature. Dan ditutup dengan diskusi evaluasi pelatihan serta perencanaan kegiatan Duta Gemari Baca berikutnya. Pelatihan ini adalah sebuah pembekalan bagi para Duta dalam mempersiapkan buku Duta Gemari Baca.