From Nothing to Something

Muhammad Fatih Daffa’ siswa SMART Ekselensia Indonesia angkatan ke-8 yang berasal dari daerah Lumajang, Jawa Timur. Remaja yang akrab disapa Fatih ini merupakan siswa panutan adik kelas dan rekan-rekannya, karena  karakter dan kecerdasannya. Remaja yang ramah, dan rendah hati (hummble), mempunyai cita-cita kelak menjadi seorang ulama saintis. Dia mengagumi sosok kepribadian, leadership dan kecerdasan  Presiden RI ketiga, yaitu Dr. Ing BJ Habibie dan ulama besar nan kharismatik Imam Syafi’ie. Tokoh idolanya ini sangat mempengaruhi motivasinya untuk berkiprah baik di asrama maupun di sekolah.

Putra ke-4 dari 9 bersaudara yang dibesarkan oleh seorang Ibu yang berprofesi sebagai tukang jahit dan ayah sebagai pegiat sosial di lingkungan desa tempat tinggalnya, telah tumbuh dan  bermetamorfosa menjadi seorang calon generasi penerus bangsa Indonesia yang mempunyai karakter dan kompetensi. Remaja yang hobi membaca segala jenis buku serta piawai dalam menulis juga terlatih dalam bermain musik, bernyanyi (Nasyid) dan juga gemar menghafal Al-Qur’an . Selama mengenyam pendidikan di SMART telah banyak tinta prestasi yang sudah ditorehkan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, diantaranya meraih merit award (penghargaan  untuk 5 besar)  bidang matematika di Singapura dan tampil mendendangkan lagu bernafaskan Islam di MNC TV secara live.

Selain Fatih, ada alumni SMART Ekselensia Indonesia lainnya yang telah bermetamorfosa, yaitu Nurkholis yang berasal dari Waingapu Nusa Tenggara Timur. Pasca dari SMART Ekselensia Indonesia, Nurkholis diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesai (FK-UI) melalui jalur tanpa tes (SNMPTN) dan saat ini sedang menempuh semester ke-7.  Kholis – begitu sapaan akrabnya, tinggal di Dusun Manubara, Waingapu, Sumba Timur NTT. Nurkholis dididik dan tumbuh dalam sebuah keluarga sederhana, ayahnya  sebagai penjual kue.

Kedua remaja tersebut mengalami metamorfosa dan transformasi  setelah dididik dan dibimbing dalam sebuah sekolah inkubator SMART Ekselensia Indonesia. Fatih dan Kholis  tumbuh dan berkembang sebagai pembelajar sejati dan perubahan nyata baik dari karakter maupun kompetensinya. SMART Ekselensia Indonesia  telah mengubah anak seorang pegiat sosial dan penjual gorengan yang awalnya selalu merasa minder (inferior) menjadi pribadi yang percaya diri, multi talent, pengetahuan  keagamaan lebih mendalam,  leadership, rajin menghafal Al-Qur’an dan baca Hadits. Di  asrama mereka belajar tentang, kemandirian,  kebersihan, peduli terhadap sesama, soft skill (public speaking, debate, adab) dan hard skill (menjahit, berkebun, wirausaha), dan empati.

Dua kisah diatas menggambarkan bagaimana sekolah SMART Ekselensia Indonesia berkomitmen untuk mengubah mindset dan metamorfosa siswa from nothing to something sesuai dengan bakat dan minatnya menjadi lebih produktif dan kontributif. Komitmen itu tercantum dalam sebuah misi yaitu melahirkan lulusan yang berkepribadian Islam, berjiwa pemimpin, mandiri, berprestasi, dan berdaya guna. Komitmen tersebut di support oleh ketulusan guru-guru yang mempunyai kompetensi (kreatif, inovatif), karakter, memahami dunia remaja (parenting) dan juga harus memahami tumbuh kembang anak, sehingga bisa menemukenali minat dan bakat anak.

SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah bebas biaya, berasrama dan akselerasi ( SMP & SMA 5 tahun ) pertama di Indonesia. Diresmikan pada 29 Juli 2004 dengan lokasi di Jalan Raya Parung KM 42-Bogor, Jawa Barat. Sekolah ini merupakan salah satu organ yayasan  pendidikan Dompet Dhuafa, yang merupakan sekolah menengah setingkat SMP dan SMA khusus bagi siswa laki-laki lulusan Sekolah Dasar atau sederajat  yang memiliki potensi intelektual tinggi namun memiliki keterbatasan finansial. SMART Ekselensia Indonesia selain memperoleh akreditasi A (BNSP) juga sudah bersertifikat ISO 9001 : 2008 sejak 27 Februari 2013 oleh SAI Global.

Untuk menghadapi tantangan global dan program Indonesia Emas 2045,  SMART Ekselensia Indonesia menyadari bahwa tantangan yang dihadapi sangat komplek dan  kompetitif, maka SMART berikhtiar terus memperkuat fondasi dasar dengan menyuguhkan kurikulum sekolah dan asrama yang lebih terintegrasi, agar menghasilkan lulusan yang berkarakter dan kompetensi yang sesuai dengan perkembangan global.

Salah satu ikhtiar untuk meningkatkan kompetensi global, SMART Ekselensia Indonesia menjalin kemitraan  dengan Diaspora E-Class – Indonesia Diaspora  Network (IDN) dalam bentuk program “Diaspora Online Conversation Class”,  dimana dalam program ini siswa SMART Ekselensia Indonesia belajar bahasa Inggris secara virtual via skype dengan Mahasiswa/i yang ada di Eropa, Amerika, Timur Tengah, Asia Tenggara dan Australia. Jalinan kemitraan lainnya dengan Queen Marry, Jepang dalam program ini siswa SMART Ekselensia Indonesia belajar bahasa Jepang secara virtual via skype.

Selain itu, reliability merupakan salah satu dimensi kualitas SMART yang harus didukung dengan kurikulum  komprehensif yang memadukan sistem pendidikan sekolah dan sistem pendidikan asrama (internat/boarding school). Kurikulum menjadi panglima yang menjadi pedoman yang mengarahkan pembentukan siswa yang berkarakter, berjiwa pemimpin,  mandiri,  berprestasi, dan berdaya guna. Sistem active learning  yang diterapkan dalam setiap pembelajaran dan  didukung dengan  suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dan moving class, sehingga mampu menjaga tradisi lulusannya diterima 100% di PTN terakreditasi A. [MS]