Hmmm Pilih 13 atau 27 Rakaat ya? Gaperlu Bingung, Baca Tulisan Ini Dulu Sob!

Hmmm Pilih 13 atau 27 Rakaat ya? Gaperlu Bingung, Baca Tulisan Ini Dulu Sob!

Wuiiiiiih MasyaAllah gak kerasa ya Sob esok kita sudah bertemu lagi dengan Ramadan, itu tandanya malam ini aku; kamu; dan kita semua akan bebondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan Salat Tarawih berjamaah. Namun setiap tahunnya suka ada kebingungan tersendiri terkait jumlah rakaat dalam Salat tarawih nih Sob. Tapi kamu gak perlu bingung karena kami akan membahas berapa jumlah maksimal rakaat dalam Salat Tarawih.
Hampir semua ulama mengatakan jika tidak ada batas maksimal untuk jumlah rakaat Salat Tarawih. Diantara dalil yang menunjukkan tidak ada batas untuk jumlah rakaat Salat Tarawih adalah hadis dari Ibnu Umarradhiyallahu ‘anhuma: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat malam sebanyak 13 rakaat”- HR. Abu Daud
Para ulama memahami hadis ini bukanlah pembatasan, karena Rasulullah tidak pernah membatasi jumlah rakaat Salat Tarawih Sob. Itu artinya ketika kamu melaksanakan Salat Tarawih sebanyak 23 rakaat maka itu sah-sah saja, namun sayangnya banyak praktik yang kurang maksimal di beberapa tempat. “Gak maksimal gimana kak?” Iya karena sebagian masjid yang melaksanakan Tarawih 23 rakaat mengenyampingkan faktor tumakninah dan malah terkesan terburu-buru.
Yang perlu kita ingat itu Sob, berapapun jumlah rakaatnya jangan sampai mengorbankan kualitas Salat Tarawih kita karena tumakninah bagian dari rukun salat. Seperti itu.
Oke, selamat menunaikan ibadah puasa ya Sob, Bismillah kita pasti sukses di Ramadan tahun ini aamiin.