Home Stay Idul Fitri SMART Ekselensia Indonesia

IMG-20170605-WA0002-1-768x1090

Apa itu program HOME STAY IDUL FITRI?

Home Stay Idul Fitri merupakan gerakan kepedulian dan berbagi  inspirasi serta kehangatan keluarga  untuk siswa SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School, dikemas dalam program orangtua asuh (Host Parents) selama liburan Idul Fitri. Gerakan ini mengajak keluarga Indonesia yang memiliki nilai-nilai  luhur dalam keluarga dan pencapaian penghidupan yang baik untuk berbagi inspirasi, motivasi, dan keteladanan.

Mari berkenalan dengan siswa SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School

Siswa SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School adalah anak-anak Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) dan berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Orangtua mereka  adalah buruh tani, nelayan, tukang becak, pedagang asongan, guru honorer, guru mengaji dll. Tidak sedikit dari mereka yang sudah kehilangan ayah atau ibu, bahkan kehilangan keduanya. Kami memilih mereka dari berbagai daerah di penjuru  nusantara dengan seleksi yang ketat dan menyemainya di sekolah SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School.
Saat liburan Idul Fitri mereka tidak dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, karena waktu libur panjang dan pulang kampung sekolah SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School dilakukan setahun sekali pada Januari.

Mari mengenal SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School

SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School , sebagai salah satu program Pendidikan dari Dompet Dhuafa Pendidikan (DDP), merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki tanggungjawab moral serta komitmen untuk mempersiapkan calon pewaris negeri, dengan mengusung visi “Menjadi Sekolah Model yang Melahirkan Generasi Berkepribadian Islami, Berjiwa Pemimpin, Mandiri, Berprestasi, dan Berdaya Guna”. Untuk mewujudkan visi tersebut, maka sekolah ini terus berikhtiar untuk senantiasa memberikan layanan pendidikan yang berkualitas melalui penyediaan program-program untuk meningkatkan kompetensi (competency) dan karakter (character) peserta didiknya, kurikulum 2013 berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) dan berasrama (boarding). Hingga tahun 2017 siswa SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School mencapai 14 angkatan dan telah meluluskan sebanyak  9 angkatan yang telah tersebar di perguruan-perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi luar negeri.

Syarat dan ketentuan menjadi keluarga Host Parents?

  1. Keluarga Muslim
  2. Domisili wilayah JABODETABEK
  3. Mengisi Form Pendaftaran Calon Host Parents
  4. Menandatangani surat kesediaan menjadi Host Parents
  5. Menyediakan diri dan keluarga menerima siswa SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School untuk menjadi bagian dari keluarga minimal 3 (tiga) hari, maksimal 2 (dua) pekan, dengan rentang durasi waktu program Home Stay dari tanggal 19 Juni 2017–02 Juli 2017
  6. Mencukupi kebutuhan siswa selama menjadi bagian dari keluarga Host Parents
  7. Memperlakukan siswa SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School seperti anggota keluarga lainnya, tidak memposisikan sebagai tamu atau pekerja dan dalam lingkungan Islami
  8. Siswa peserta Home Stay akan diantar ke rumah keluarga Host Parents
  9. Dan siswa diantar kembali ke sekolah SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School  oleh Host Parents
  10. Host Parents diharapkan dapat memantau dan memberi catatan pada buku monitoring Home Stay yang diisi oleh peserta Home Stay sebagai bahan evaluasi siswa yang ikut program Home Stay.

Bagaimana cara mendaftar menjadi Host Parents?

  1. Formulir dapat diunduh disini [Download]
  2. Dapat menghubungi narahubung Home Stay Idul Fitri 1438 H dan meminta dikirimkan formulir via email

Kapan Waktu Pelaksanaannya?

  1. Pembukaan pendaftaran Host Parents (6 – 14 Juni 2017)
  2. Fiksasi calon Host Parents (15 Juni 2017)
  3. Siswa mulai diantar ke rumah Host Parents (19 Juni 2017)
  4. Rentang Waktu siswa Home Stay  di rumah Host Parents dari tanggal 19 Juni 2017 – 02 Juli 2017  
  5. Siswa diantar kembali ke SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School oleh Host Parents sesuai dengan jangka waktu yang disepakati oleh Host parents dan panitia.

Sekretariat Panitia,
SMART Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School
Jl. Raya Parung – Bogor Km.42 Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16310
Narahubung: Aidil Azhari Ritonga 
Nomor gawai: 081385641245 (Whatsapp)
Email: aidil@dompetdhuafa.org