,

Ibu, Bapak, Sekarang Saya Anak Hukum

SMART Ekselensia Indonesia

Ibu, Bapak, Sekarang Saya Anak Hukum

Oleh: Syahrizal Rachim, Alumni SMART Angkatan X berkuliah di Universitas Padjajaran Jurusan Ilmu Hukum

 

Nama saya Syahrizal Rachim, kamu pasti sudah akrab dengan saya karena tulisan saya sering mejeng di web SMART. Saya lahir pada 18 Oktober 2000 di Depok dan kini saya bertempat tinggal di Bogor. Saya bersekolah di SMA SMART Ekselensia Indonesia, sebuah sekolah menengah atas berakselerasi dan berasrama yang berbasis keislaman dan kepemimpinan (islamic boarding leadership school). Sebagai siswa sekolah tersebut, saya hanya berkesempatan tinggal di rumah pada saat liburan sekolah yang hanya ada sekali dalam setahun, yaitu saat akhir tahun.

Ayah saya bernama Deddy Suwardi. Beliau bekerja sebagai ojeg antar jemput anak sekolah di sekitar rumah saya. Beliau bekerja dari Senin sampai Jum’at mengikuti jadwal sekolah dan les siswa yang diantarnya. Beliau hanya bekerja sendiri. Beliau adalah seorang tamatan SMA. Adapun ibu saya bernama Ati Ingewati. Beliau tidak bekerja, melainkan fokus sebagai ibu rumah tangga. Beliaulah yang mengurus rumah sepanjang hari dan seorang diri. Beliau adalah seorang tamatan SMA.

Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Jadi, saya memiliki seorang kakak kandung. Kakak saya saat ini berada di jenjang kelas 3 SMA.

Saya tinggal di rumah milik nenek saya yang berada di bilangan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Sebelumnya saya beberapa kali berpindah dari satu rumah kerabat keluarga ke rumah kerabat lainnya karena terkena imbas penggusuran rumah. Selain itu, rumah ini berada di sebuah permukiman yang cukup padat serta sangat dekat dengan Sungai Ciliwung yang berada persis di depan rumah saya

Pada 2007, saya mulai bersekolah di SDN Cilangkap 2 yang letaknya dekat dengan rumah pada saat itu. Selama saya bersekolah SD, saya beberapa kali pindah rumah namun saya tidak berpindah SD. Saat kelas lima SD, saya beberapa kali mengikuti lomba olimpiade sains untuk menjadi perwakilan SD maupun kota dalam bidang IPA. Ketika saya duduk di kelas enam, saya mencoba untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi beasiswa SMART Ekselensia Indonesia. Saya mengetahui informasi SMART dari salah seorang paman saya dan seorang pengurus DKM sebuah masjid. Saya mengikuti seleksi mulai dari nilai rapor, tes tulis, psikotes, hingga pantukhir yang berlangsung kurang lebih selama 5 bulan. Sekitar bulan Mei 2013, Alhamdulillah saya mendapat kabar bahwa saya diterima masuk SMART Ekselensia Indonesia. Hal ini sangatlah membantu meringankan beban ekonomi keluarga saya yang sedang sulit sekaligus melukis cita-cita dan mimpi besar.

Setelah itu, pada tahun yang sama, saya melanjutkan sekolah di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Letaknya di Parung, Bogor. Tidak seperti saat SD, kali ini saya harus hidup di asrama bersama teman-teman saya yang menurut saya sangat hebat dalam bidang akademik dari seluruh penjuru Indonesia. Sama seperti teman yang lainnya, saya sempat sulit untuk beradaptasi hidup jauh dari kakak dan orangtua di asrama. Saya juga bersyukur dapat mempunyai teman-teman yang baik dan lingkungan yang mendukung. Berkat dorongan yang kuat saya berusaha dan bersungguh-sungguh untuk mencapai target cita-cita dalam memaksimalkan potensi semangat belajar yang ada di SMART Ekselensia.

Saya mulai mengikuti berbagai kegiatan mulai dari berbagai perlombaan dan organisasi siswa di sekolah. Saat kelas 1 dan 2 SMP, Alhamdulillah saya diberi kesempatan oleh SMART mengikuti lomba OSN tingkat kabupaten dan puji syukur mendapatkan juara 2 serta mewakili Kabupaten Bogor di tingkat Provinsi Jawa Barat. Di SMART Ekselensia Indonesia saya sangat menyukai dunia menulis dan jurnalistik. Hingga pada suatu ketika di kelas 3, Alhamdulillah saya berhasil meraih penghargaan jurnalistik tingkat nasional dan anugerah penulis opini terbaik dari Kemendikbud RI di Solo, Jawa Tengah.

Setelah lulus SMP, saya lanjut ke tingkat SMA. Di masa SMA, Alhamdulillah saya mendapat amanah untuk menjadi pengurus OSIS dan ketua sebuah kegiatan sekolah berskala nasional. Di samping itu pula saya harus memerhatikan nilai akademik yang harus konsisten. Alhamdulillah, saya kembali berhasil menjadi juara Olimpiade Sains Kabupaten di bidang kebumian dan menjadi salah satu Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat. Alhamdulillah, saat acara kelulusan saya mendapat amanah oleh sekolah dengan menjadi Wisudawan Terbaik SMART Ekselensia Angkatan X. Hal ini menjadi motivasi mendalam untuk terus istiqomah menjaga kesungguhan dan semangat yang selama ini SMART tanamkan kepada seluruh siswa-siswanya oleh para Ustaz dan Ustazah.

Selain itu, saya menemukan cita-cita yang ingin saya capai dan memang sesuai dengan minat dan bakat di sekolah ini. Saya ingin menjadi seorang Jaksa Agung yang jujur dan adil di Indonesia. Saya ingin berkontribusi untuk memajukan negara melalui bidang hukum dan meningkatkan rasa adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Saya juga beranggapan bahwa menjadi Jaksa adalah hal yang istimewa walau penuh dengan tantangan maupun halangan dari berbagai sisi. Pekerjaan ini memang memerlukan keahlian mumpuni karakter yang mengakar seperti kejujuran dan fokus yang tinggi serta kecakapan dalam mengemukakan pendapat. Oleh karena itu, saya ingin menuntut ilmu di Jurusan Ilmu Hukum, Universitas Padjadjaran, sebagai tempat terbaik dalam rangka mencapai cita-cita tersebut. Saya yakin bahwa banyak manfaat, kemampuan, dan pengalaman yang saya peroleh di jurusan tersebut.

Alhamdulillah, sekarang saya resmi diterima di Jurusan Ilmu Hukum-Unpad, bahkan melalui jalur seleksi undangan SNMPTN. Saat ini, saya berusaha untuk fokus mempersiapkan segala hal agar dapat berkuliah dengan baik di tempat tersebut, tempat yang akan saya datangi untuk melanjutkan ikhtiar saya meraih cita-cita setinggi-tingginya.

Memasuki dunia baru pastinya akan banyak tantangan yang datang untuk menguji seberapa besar konsistensi kita dalam memegang nilai-nilai yang telah ditanam sejak masa di SMART Ekselensia Indonesia. Dengan hal tersebut, saya memiliki harapan untuk memaksimalkan diri di dalam kegiatan keorganisasian dan menciptakan karya yang bermanfaat serta berkontribusi nyata bagi kehidupan seluas-luasnya.

Semoga benih-benih kebermanfaatan yang telah ditanam oleh SMART Ekselensia Indonesia tidak akan pernah hilang dan terus membentang segala kebaikan ke seluruh penjuru dunia.