Ingat Disiplin Ingat SDS dan Satgas

Ingat Disiplin Ingat SDS dan Satgas

Oleh: Daus & Raden

Kedisiplinan memiliki kata dasar disiplin yang berarti ketepatan waktu dan kondisi. Disiplin merupakan salah satu nilai SMART yang mempunyai arti sendiri yaitu membantu pembinaan karakter bagi orang secara umum.

Di SMART sendiri terdapat 2 badan kedisiplinan yaitu SMART Discipline SMART (SDS) yang kinerjanya dikhususkan untuk asrama, lalu ada SATGAS (Satuan Tugas) yang tugasnya mengambil alih kedisiplinan sekolah.

Berdasarkan sejarah kedisiplinan, sekolah berada di naungan SDS, namun adanya SATGAS dalam kinerja kedisiplinan sekolah, harapannya SDS dan SATGAS ini bisa menjadi mitra dalam pengembangan karakter disiplin baik di sekolah maupun di asrama. Namun, faktanya kinerja 2 badan kedisiplinan ini kurang mulus, mungkin dikarenakan anggota SATGAS yang minim dan baru atau kurangnya koordinasi antara SATGAS dan SDS.

Hal itu terlihat pada saat apel pagi yang awalnya petugas kedisiplinan apel pagi ada di tangan SDS dan berjalan cukup baik namun saat adanya SATGAS terlihat kurangnya  koordinasi. Jadwal petugas apel kurang teratur mungkin kedepannya bisa diperbaiki agar lebih baik lagi, jadi dari SDS sendiri terlihat kurang adanya program baru, inovasi dan kinerja SDS sekarang lebih berkesan pada hukuman, lalu pengawasan SDS terhadap siswa pun kurang ketat, terlihat pada saat kegiatan di masjid sedang berlangsung.

Mungkin masalah-masalah di atas terjadi karena kurangnya koordinasi dan program kerja yang kurang terlaksana. Masukan untuk badan kedisiplinan siswa SMART sebelum berjalannya aktivitas atau kegiatan kedisiplinan adalah merencanakan program kerja, pembagian tugas dan evaluasi kegiatan kedisiplinan. Harapannya untuk SATGAS dan SDS dapat lebih baik dan optimal dalam kinerjanya, lalu untuk siswa diharapkan bisa bekerjasama dalam menegakkan kedisiplinan di SMART Ekselensia minimal mampu memperbaiki dirinya sendiri, jikalau diri sendiri sudah baik maka keseluruhannya akan mudah menjadi lebih baik. Narasumber: Alfian Fathan Mubina.