Ini Dia Ketrampilan yang Kudu Kamu Punya Sebagai Milenial Sob

Sob sebagai millenial kemampuan hardskill saja tidak cukup lho, harus juga diimbangi dengan keterampilan khusus untuk menunjang kemampuan kita. Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, bapak Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa sumber daya manusia menentukan kemajuan suatu negara. Apalagi di era revolusi industri 4.0 ini, dan berikut adalah keterampilan yang harus pemuda masa kini kuasai:

 

1. Critical thinking
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran. Hari gini, percuma kalau hanya pintar tapi nggak kritis.

 

2. Creativity
Kreativitas adalah kemampuan dan kemamuan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan untuk mengembangkan sesuatu hal yang menjadi lebih baik. Kreativitas mampu melahirkan inovasi-inovasi baru. Salah satu contoh adalah Korea Selatan yang memiliki income tinggi karena kreativitasnya yang muncul dari motivasi ingin mengalahkan Jepang.

 

3. Communication
Mengkomunikasikan Pikiran, ide, dan gagasan kita lainnya memiliki peran sangat penting pada proses produksi informasi. Terutama tentang sains dan teknologi agar dapat diterima publik secara benar dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Percuma kita gagasan/pemikiran kalau tidak dikomunikasikan. Gak akan ada yang paham dan tahu dong hehe.

 

4. Collaboration
ini lah kekuatan yang bisa membangun Indonesia. Menurutnya, kelemahan Indonesia adalah kurang berkolaborasi. Kita lemah ketika berkelompok. Karena itu memerlukan kerjasama dan mengerti satu sama lain.

Nah sebagai Pemuda Indonesia yang luar biasa, Mari kita bersama-sama memantaskan diri dengan terus mengasah kemampuan berketerampilan kita. Karena masa depan banga, berada di tangan kita, Sudah Siap?