Ini Dia Tiga Penghilang Pahala Puasa yang Kudu Kamu Tahu

Ini Dia Tiga Penghilang Pahala Puasa yang Kudu Kamu Tahu

 

Bulan puasa merupakan bulan berkah di mana setiap perbuatan baik kita akan diganjar pahala  berlipat ganda, namun ternyata ada hal-hal yang dapat menghilangkan pahala puasa kita lho Sahabat Pendidikan. Puasanya sih secara hukum tetap sah, tetapi tidak bernilai; sehingga keutamaan Ramadan pun tak bisa diraih.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلاَّ الْجُوعُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa, ia tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar” (HR. Ibnu Majah)

Hadis ini mengisyaratkan, ternyata yang puasanya tidak berpahala itu jumlahnya tidak sedikit. Lalu, apa saja yang bisa menghilangkan pahala puasa?

 

Berbohong

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengamalannya, maka Allah tidak butuh kepada perbuatannya yang meninggalkan makan dan minum” (HR. Al Bukhari)

Bohong atau dusta adalah hal yang dilarang Allah baik dalam kondisi puasa atau tidak. Jika dilakukan saat puasa, maka bohong atau dusta bisa menghilangkan pahala puasa.

 

Ghibah

Ghibah, meskipun yang disampaikan apa adanya (tidak bohong), juga termasuk ke dalam perbuatan yang dapat menghilangkan pahala puasa. Ghibah termasuk dalam kategori al jahl alias kebodohan atau tindakan bodoh.

 

Rafats

Rafats ialah bentuk kata-kata atau tulisan yang mengarah pada pornografi, hal ini berpotensi menghilangkan pahala puasa karena termasuk bentuk kemaksiatan. Membayangkan hal-hal yang bersifat rafats dan membangkitkan syahwat juga bisa menghilangkan pahala puasa.

Nah gak ingin kan puasa kita sia-sia hanya karena tiga hal di atas, yuk pelan-pelan kita tinggalkan ketiganya supaya puasa Ramadan kita berkah.