“Meski terasa letih, engkau tak letih memberi. Agar mimpi kami terlaksana …,“ demikianlah petikan puisi berjudul Insan Berdedikasi karya Rafa Al-Fayed, siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia. Selain dibawakan dengan memukau oleh rekan-rekan sejawatnya, puisi karya Rafa tersebut juga apik memotret bagaimana keseharian seorang guru.

.
Ya, gelar Insan Berdedikasi memang layak disandangkan kepada para guru, di samping Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Tak peduli sepelik apa pun masalah yang ada di rumah, mereka tetap tampil dengan wajah sumringah, demi menunaikan kewajiban mendidik anak-anak bangsa. Jika kita semua meyakini bahwa pendidikan adalah tiket untuk membawa suatu bangsa kepada kejayaan, gurulah ujung tombak untuk mendapatkan tiket itu. Tentu saja hal itu membuat tugas guru menjadi vital. Semapan apa pun sistem pendidikan dalam sebuah negara dibangun, tak akan berarti jika guru-gurunya tak memiliki dedikasi.

 

Karenanya, pada momen Hari Guru Nasional ini, kami ingin berucap terima kasih kepada seluruh guru Indonesia. Sungguh dedikasimu tak terbayar, jasamu tak terukur. Hanya Allah saja yang kuasa membalas semua lelahmu.

 

Semoga keberkahan menyertai setiap langkahmu, Guru …