Sob kita perlu bahwasanya Allah ingin agar kita semakin baik dalam berdoa. Jangan berhenti, karena kami punya rahasianya agar doa-doa diberikan yang terbaik oleh Allah Swt.

 

Pertama kita simak firman Allah berikut:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanaya kepadamu tentang Aku, kana (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS. Al-Baqarah : 186)

 

 

Dalam ayat di atas kita bisa kita temukan rangkaian rahasia terkabulnya doa. Apa saja kunci-kunci rahasia tersebut? Simak di bawah ini Sahabat Baik!

 

  1. Ihsan

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat”

Dalam berdoa kita harus berlaku ihsan. Ihsan artinya merasakan kehadiran-Nya dan jika tidak mampu demikian hendaklah kita yakin bahwa Allah itu ada dan sedang memperhatikan permohonan (doa) yang kita lantunkan. Pengertian sederhananya adalah menghadirkan hati ketika berdoa. Tau benar dengan apa yang kita minta dan yakin bahwa Allah Swt. sedang mendengarkan permintaan kita.

 

  1. Bersungguh-sungguh

“Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku”

Ketika berdoa hendaklah dilakukan dengan cara bersungguh-sungguh dan khusyuk. Karena Allah Swt. hanya akan mengabulkan doa orang-orang yang benar-benar berdoa pada-Nya, yakni doa orang yang khusyuk.

 

  1. Bertakwa

“Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku”

Ketika berdoa sesungguhnya kita sedang berharap pada-Nya. Bagaimana mungkin kita berharap sesuatu kepada Allah sementara kita selalu mengingkari perintah-Nya. Karenanya, mari terus meningkatkan ketakwaan pada Allah semata.

 

  1. Beriman

“Hendaklah mereka beriman kepada-Ku”

Beriman di sini maksudnya adalah kita harus yakin dengan sepenuhnya bahwa Allah Maha mengabulkan permohonan setiap hamba-Nya. Teruslah berdoa dengan penuh keyakinan. Hilangkan keragu-raguan dari dalam hati. Mungkin, doa yang kita lantunkan tidak langsung dijabah oleh Allah, namun yakinlah Allah lebih tahu kapan saat yang tepat untuk mengabulkan doa kita.

 

  1. Istikamah

“agar mereka selalu berada dalam kebenaran”

Allah Swt. menghendaki kita terus istiqamah dalam kebenaran. Jangan berhenti memperbaiki diri ketika doa sudah terkabul. Tapi teruslah istikamah dalam keimanan dan ketakwaan. Karena sesungguhnya kita tidak pernah bisa berlepas diri dari rahmat dan pertolongan-Nya. Manusia hanyalah mahluk lemah yang senantiasa membutuhkan pertolongan dari Allah saja.