Jerry Mengancam, Tom Tertantang

Oleh: Muhammad Nashrul Azmi, Kelas IX IPS

Masih ingat kartun Tom and Jerry? Tom adalah seekor kucing yang selalu saja dikelabui oleh tikus bernama Jerry. Kalau diibaratkan dengan yang ada di negeri ini, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sedang mendapat ancaman dari oknum koruptor. Namun, apakah tim KPK patah semangat karena hal itu? Seharusnya tidak. Seperti si kucing, Tom, yang selalu berusaha menangkap hewan pengerat yang menjijikan dan merugikan itu. Sebenarnya, apa sih yang diinginkan para koruptor? Heran saja, terkadang tindak korupsi dilakukan oleh para pejabat yang memiliki kedudukan tinggi dengan gaji yang tidak main-main. Segitu kurangkah gaji yang mereka terima sehingga harus melakukan penggelapan uang.

Ancaman terahadap KPK rasanya sangatlah tidak berguna. Mungkin sedikit membuat pejuang kita tergentarkan, namun semangat makin berkobar. Kalau semakin terancam, tentu KPK juga akan semakin berusaha mencari solusi untuk bisa mendapatkan jalan keluar. Kepolisian dan masyarakat tentunya akan turun tangan terhadap masalah ini. KPK semakin kuat. Seharusnya para tersangka ataupun yang terdakwa melakukan korupsi berterima kasih terhadap hukum yang berlaku di negeri ini; masih dalam kategori ringan. Berbeda dengan di negara luar, hukuman yang diterima para koruptor adalah penjara seumur hidup, bahkan dihukum mati dengan dipancung. Negeri ini, malah hukum yang diserang. Apakah hukum di negeri ini ingin diperkuat? Tentunya ancaman terhadap KPK bisa menjadi tantangan dan evaluasi terhadap hukum yang berlaku di Indonesia.

Tikus. Koruptor dilambangkan sebagai tikus. Mereka itu cerdas, namun sayang, digunakan untuk hal-hal negatif. Mereka suka mencuri, meresahkan warga, pantasnya ditangkap dan dihukum mati. Indonesia sudah cukup terkenal dengan penggelapan uangnya. Haruskah Hanna-Barbera selanjutnya membuat Tom and Jerry versi Indonesia dengan jalan cerita “Ancaman terhadap Penyidik KPK”? Atau mungkin dibuatkannnya lagu tentang itu oleh Bona Paputungan agar masyarakat sadar? Rasanya tidak perlu. Apresiasi kepada tim KPK yang sudah berusaha memberantas dan melakukan pencegahan terhadap tindak korupsi.