Kak Haikal Ingin Lebih Produktif di Masyarakat

Sudah sepatutnya pemuda memiliki tekad kuat untuk mengubah bangsanya ke arah lebih baik, hal tersebut dikarenakan pemuda merupakan motor penggerak kemajuan bangsa. Hanya saja sebagai motor penggerak rasanya tak cukup jika pemuda tak berperan aktif dalam kegiatan sosial serta kerelawanan, aktif dalam kegiatan sosial dan kerelawanan menjadi upaya menumbuhkan kepekaan dan kepedulian.

Itulah yang dilakukan Haikal Ramadhan, alumni SMART angkatan 9 dan mahasiswa Universitas Tidar Magelang jurusan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia yang menyisihkan waktu, pikiran, dan tenaganya membersamai Si Mobil Baca (Si MoBa).

Menurut Haikal rasa penasaran yang besar membawanya kepada rentetan pertanyaan seputar Si MoBa, dengan penuh keberanian ia mendatangi kantor sekretariat Si MoBa di Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa Pendidikan Bogor, Jawa Barat. “Program yang ditawarkan Si MoBa membuat saya ingin terlibat di dalamnya. Meski memiliki embel-embel perpustakaan keliling tetapi Si MoBa terlihat berbeda karena mampu mendekatkan masyarakat memperoleh akses informasi dan program literasi aplikatif yang dapat diterapkan di masyarakat,” kata Haikal.

Selama tiga hari mengikuti kegiatan bersama Si MoBa di Cianten, Jawa Barat, ia mengaku mendapatkan ilmu baru seputar siasat jitu mendongeng, aktvitas literasi yang menyenangkan, permainan interaktif dan banyak insight positif lain yang memperkaya pengetahuannya di bidang literasi. “Ingin lebih produktif di masyarakat menjadi target saya setelah mengikuti Si MoBa wara wiri di Cianten,” tegasnya.

Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang diinisiasi karena keterbatasan masyarakat dalam menjangkau serta mendapatkan aksesibilitas terhadap perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca, walaupun baru seumur jagung program ini diharapkan menjadi alternatif upaya dan solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat.

“Dengan program sekeren ini saya harap Si MoBa bisa terus melaju kencang hingga ke berbagai pelosok negeri, semakin banyak yang dapat terlibat dan dilibatkan, semakin banyak pula manfaat yang dapat di rasakan dari adanya Si MoBa ini,” tukas Haikal. (AR)