Kalam Kak Amma

13782254_10209108979673465_8916378976840808600_n

Kak Amma Muliya Romadoni, demikian nama lengkapnya, saat ini tengah berjuang menyelesaikan kuliahnya di jurusan Teknik Termo Fluida Intitut Teknologi Bandung. Pria muda yang hobi membaca buku ini lahir di Jakarta, 30 Maret 1992.

Alumni angkatan pertama  SMART Ekselensia Indonesia ini memiliki kecintaaan besar dalam bidang  enterpreneurship. Kegiatan enterpreneurship yang ia tekuni sema masa kuliah adalah wirausaha dan technopreneur. Dalam bidang wirausaha ia menekuni bisnis konveksi khususnya dalam student entrepreneurship center. Technopreneur pun tidak luput digeluti pria muda ini. Ia menjadi CEO AMR Engineering lembaga Training Engineering Software pada tahun 2014. berbagai penghargaan dalam bidang enterpreneur ini didapatkannnya, salah satunya  prestasi sebagai penerima dana wirausaha Student Enterpreneurship Center USU 2011.

Dalam kegiatan keorganisasian di kampus, kakak asal Jakarta ini telah melakoni serangkaian pengalaman baik sebagai anggota ataupun ketua tim.  Organisasi softskill yang pernah ia ikuti antara lain organisasi keislaman khususnya lembaga dakwah kampus (LDK), badan eksekutif mahasiswa (BEM), serta badan pers fakultas teknik. Didalam kegiatan LDK kak Amma -demikian sapaan akrabnya- menjabat sebagai ketua pada tahun 2010-2011. menuru Menjadi staf departemen riset dan teknologi di BEM fakultas telah dijalaninya tahun 2011. Jabatan sebagai ketua redaksi koran “Simetrikal Engineering” di 2012 menjadi pengalaman organisasi berikutnya.

Serangkaian pengalaman berharga ia dapatkan selama berkuliah di jurusan teknik mesin, fakultas teknik, Universitas Sumatera Utara (USU). Ia pernah mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaran membuat mobil hemat energi tingkat Asia Pasifik di Filipina tahun 2014. Juara satu kategori urban konsep bahan bakar etanol berhasil diraihnya dalam lomba yang diadakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia tersebut.  Tidak tanggung-tanggung, gubernur Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada tim pembuat mobil yang dikomandoi olek Kak Amma tersebut.

Bidang penelitian merupakan bidang yang tidak asing beagi kakak kelahiran 30 maret ini. Membantu pengerjaan proyek penelitian tingkat pascasarjana  selama kuliah strata satu (SI) menjadikannya terampil dan memberikan pengalaman lebih untuk bekal pengerjaan penelitian nantinya. Studi Banding dan Presentasi Green Technology USU- USM Malaysia dilaksanakannya di tahun 2011. Selanjutnya, beasiswa dari LPDP  Kementerian Keuangan RI ia raih atas hasiil dari kerja kerasnya dalam berusaha dan belajar.

Kakak angkatan satu SMART EI ini menyatakan bahwa kehidupan di kampus bersifat heterogen. Hal ini tidak lepas dari datangnya berbagai pengaruh baih maupun buruk dalam setiap aktivitasnya. Kita ditantang untuk bisa konsisten dalam memilah-milah pengaruh yang baik maupun yang buruk. Sehingga, kita tidak terbawa arus yang tidak baik. Mengamalkan nilai-nilai baik yang telah diajarkan di SMART EI  menmjadi tantangan nyata karena kehidupan pasca SMART menjadi hambatan yang cukup nyata.

Kakak yang murah senyum ini berpesan kepada seluruh siswa SMART EI  jikalau mengalami kepenatan dalam belajarkarena haus akan ilmu, maka akan memetik hasil yang indah di masa yang akan datang. Pesan selanjutnya adalah elalu jadikan segala aktivitas sebagai ibadah, agar hidup menjadi berkah.

 

Kegiatan Alumni di Kampus?

  • Organisasi (Softskill) > Organisasi Islam ( Ketua Lembaga Dakwah Kampus tingkat Fakultas 2010-2011), BEM Fakultas ( Staff Departemen Riset dan Teknologi 2011), Manajer Tim Horas (Ketua Tim Pembuat Mobil USU 2013-2014 ), Chief Editor Koran Simetrikal Engineering 2012
  • Wirausaha (Student Enterpreneurship Center) Konveksi 2010 > Anggota
  • CEO AMR Engineering Lembaga Training Engineering Software (Technopreneur) tahun 2014

 

Pengalaman unik

  • Membawa Indonesia menjuarai kejuaran membuat mobil hemat energi di Filipina kategoribahan bakar ethanol Shell Eco-marathon Asia 2014
  • Mencoba hal yang baru untuk mengerjakan projek penelitian pascasarjana selama menjadimahasiswa S1

Plus dan Minus

  • Lingkungan di SMART sudah homogen ketimbang lingkungan di luar SMART. Olehkarenaituharus bisa memilah segala bentuk kegiatan yang akan dilakukan.
  • Apabila buruk menanamkan nilai yang sudah ditanamkan di SMART, maka akan lebih beratuntuk menjalani kehidupan pasca SMART.

Pesan untuk siswa

  • Jika mengalami kepenatan belajar dikarenakan haus akan ilmu, maka kita akan memetikhasil yang indah di masa yang akan datang
  • Selalu jadikan segala aktifitas sebagai ibadah, agar hidup menjadi berkah

 

Biodata :

Nama : Amma Muliya Romadoni

Alumni : angkatan 1

Asal : Jakarta

Tanggal lahir : 30 Maret 1992

Hobi : Membaca

 

Prestasi :

  • Studi Banding dan Presentasi Green Technology USU- USM Malaysia 2011
  • Penerima Dana wirausaha Student Enterpreneurship Center USU 2011
  • Penghargaan Gubernur Sumatera Utara dalam pelombaan mobil hemat Energi Shell Eco-Marathon Asia 2014
  • Juara I Mobil Hemat Energi Kategori Urban Konsep Bahan Bakar Etanol Shell Eco-Marathon Asia 2014
  • Penerima beasiswa LPDP Kementrian Keuangan RI 2015

Pendidikan :

  • S1 Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara (USU)
  • S2 Teknik Termo Fluida ITB (sedang berjalan)