Kamu Kudu Tahu Keutamaan Ramadan Di Sini Sob!

Kamu Kudu Tahu Keutamaan Ramadan Di Sini Sob!

Kamu pasti sudah tahu kalau bulan Ramadan merupakan bulan baik kan Sob, cuma di bulan Ramadan semua perbuatan baik akan diganjar berkali lipat. Tapi tahukah kamu kalau di bulan Ramadan terdapat banyak karunia Allah Swt. lho Sob, karena itulah inilah saatnya kita memperbanyak pahala dengan memaksimalkan ibadah kita. Di bawah ini kita akan berkenalan dengan keutamaan Ramadan yang perlu kamu tahu:

  1. Salat Malam

Salat malam adalah salah satu amaliyah yang sangat ditekankan oleh Nabi Saw. terutama di bulan Ramadan. Salah satu keutamaan Salat Malam di bulan Ramadan yaitu itu mendapatkan pengampunan dosa yang telah dikerjakan di masa lalu.

 

  1. Sedekah

Sedekah maupun berbagi di bulan Ramadan merupakan perbuatan yang harus diperhatikan seorang muslim. Bahkan Nabi termasuk dari orang yang paling dermawan saat bulan Ramadan.

 

  1. Membaca Al-Qur’an

Sahabat Pendidikan salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditingkatkan selama Ramadan ialah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bahkan membaca satu huruf dalam Al-Qur’an di bulan Ramadan akan diberikan sepuluh kebaikan.

 

  1. Duduk di Masjid Hingga Matahari Terbit

Keutamaan berdiam diri di masjid di bulan Ramadan sudah barang tentu pahala yang didapatkan akan dilipatgandakan. Sudah selayaknya, agar kita mengoptimalkan salah satu keagungan ini dengan mengindari segala aktivitas malam yang dapat melalaikan untuk bangun di subuh hari.

 

  1. I’tikaf

Pada sepuluh malam terakhir Ramadan Rasulullah Saw. selalu melaksanakan I’tikaf di masjid dalam rangka meningkatkan ketaatan kepada Allah Swt. dan melupakan sejenak  aktivitas duniawi untuk merenung, membersihkan diri, dan mengharap ridho Allah Swt.

 

  1. Menghidupkan Lailatul Qadar

Selama Ramadan Rasulullah Saw. tak pernah berhenti mencari Lailatul Qadar, bahkan ia  senantiasa membangunkan keluarganya pada malam sepuluh hari terakhir dengan harapan mendapatkan Lailatul Qadar.

 

  1. Memperbanyak Zikir, Doa, dan Istighfar

Saat Ramadan ada waktu khusus yang mustajab untuk berdoa seperti saat berbuka, sepertiga malam terkahir saat Allah Swt, dan beristighfar di waktu sahur.