Kamu Kudu Tahu Sunah Idul Fitri Di Sini!

Kamu Kudu Tahu Sunah Idul Fitri Di Sini!

 

Hari Raya Idul Fitri menjadi hari spesial bagi Muslim seluruh dunia, namun ada baiknya sebelum merayakan Idul Fitri kita melaksanakan sunnah Nabi seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

 

Pertama: Ketika akan melaksanakan Salat Ied kita dianjurkan membersihkan badan dengan mandi dan memakai wangi-wangian. Dari Ibnul Qoyyim rahimahullah: “Dan Nabi Saw. memakai pakaian yang paling indah pada dua hari raya, maka beliau memiliki pakaian khusus yang dipakainya pada dua hari raya dan hari Jum’at”.

 

Kedua: Sebelum melaksanakan Salat Ied kita disarankan untuk makan terlebih dulu. Dari Anas Ra: “ Rasulullah Saw. tidak keluar pada pagi hari Iedul Fitri sehingga beliau memakan beberapa biji kurma dan beliau memakannya dalam jumlah yang ganjil”.

 

Ketiga: Pergi satu jalan dan pulang dari jalan yang lain. Dari Jabir ra berkata: Bahwa Rasulullah Saw. pada hari Ied (pergi dan pulang) pada jalan yang berbeda.

 

Keempat: Disunahkan mengerjakan Salat Ied di tanah lapang

 

Kelima: Mengumandangkan takbir sejak tenggelamnya matahari pada malam Ied dan diwajibkan sebagian ulama berdasarkan firman Allah Swt. dalam surat Al Baqarah ayat 185.

 

Keenam: Mengucapkan selamat di Hari Raya Iedul Fitri. Diceritakan dari sebagian sahabat bahwa mereka berkata pada hari Ied:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

(Taqabbalallahu minna wa minkum)

Yang artinya, semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Dalam riwayat sahabat dan salafush shalih yang sampai kepada kita, jawaban taqabbalallahu minna wa minkum adalah doa yang sama: taqabbalallahu minna wa minkum.

 

Ketujuh: Bergembira pada Hari Raya Idul Fitri. Imam Abu Dawud menerangkan dari hadis sahabat Anas berkata: “Pada suatu waktu Nabi datang ke Madinah, di sana penduduk Madinah sedang bersuka ria selama dua hari. Lalu Nabi bertanya “Hari apakah ini (mengapa penduduk Madinah bersuka ria)?” mereka menjawab ”dulu semasa zaman jahiliyah pada dua hari ini kami selalu bersuka ria”. Kemudian Rasulullah Saw. bersabda “Sesungguhnya Allah Swt. telah mengganti dalam Islam dua hari yang lebih baik dan lebih mulia yaitu Idul Adha) dan Idul Fitri”.