Liburan Berkesan ala Kami

Oleh: Yudi (kelas 5 IPA) & Wildan (kelas 5 IPS)

Selama setahun sekali, kami para siswa SMART Ekselensia Indonesia akan kembali pulang ke kampung halaman masing-masing. Begitupula dengan saya, Muhammad Wahyudin Nur dan Wildan Khairul Anam. Kami berdua saat ini duduk di kelas 5, saya kelas 5 IPA sedangkan Wildan kelas 5 IPS. Saya pulang ke Karaba Indah, Karawang dan Wildan pulang ke Cibiru, Bandung.

Foto 1

Walaupun kami beda kelas, beda jurusan, dan juga beda kampung halaman (tapi masih sama-sama di Jawa Barat hehe), namun hati kami terpaut pada satu sosok guru kesayangan, Ustadzah Tri Artivining. Zah Vivi, sebutan sayang kami, merupakan guru IPS SMP di SMART Ekselensia Indonesia. Murid-murid SMART baik dari kelas 1 sampai kelas 5 mengagumi sosoknya. Beliau orang yang sederhana, murah senyum, dan juga gigih dalam mengajarkan banyak ilmu. Sayang, zah Vivi memutuskan untuk menyudahi masa kerjanya sebagai guru pada pertengahan 2014 karena harus ikut suami hijrah ke Bandung. Sedih? Itu sudah pasti, namun tidak banyak yang bisa kami perbuat selain mendoakan dari jauh, karena hanya itu yang bisa kami lakukan.

Seperti menjadi sebuah kebiasaan, tiap tahun pada momen pulang kampung saya dan Wildan berinisiatif untuk mengagendakan sowan ke tempat zah Vivi sekaligus melepas rasa rindu. Saya yang tinggal Karawang mengontak Wildan yang tinggal di Bandung untuk janji temu tanggal 04 Januari di salah satu tempat makan di Bandung. Setelah sampai di Bandung kami membeli mangga sebagai buah tangan dan langsung menuju rumah zah Vivi di daerah Cibiru.

Pukul 09.30 WIB kami sampai di rumah beliau, beliau sempat terkejut seraya mempersilakan kami masuk. Dengan senyum manis khasnya, Zah Vivi bercerita dengan riang seputar kehidupannya saat ini, beliau tidak berubah tetap semangat dan ceria seperti dulu. Setelah mengobrol panjang lebar Zah Vivi melihat gelagat aneh dari kami, gelagat lapar hehe. Namun zah Vivi tak akan membiarkan kami berdiam diri begitu saja, dengan satu komando beliau meminta kami mengupas mangga (niat awalnya kami bawa buat zah Vivi hihi), memotong pisang, membuat adonan untuk pisang goreng, lalu menggoreng hingga adonan tandas. Yes babak pertama selesai. Di babak kedua kami ke warung untuk membeli bahan-bahan masakan seperti ikan Patin, sawi, tahu, kulit lumpia, cabe, dan masih banyak lagi. Sesampainya di rumah zah Vivi kami kembali berkutat dengan kesibukan membuat makan siang, saya bertugas membuat ikan Patin goreng tepung, sayur sawi, dan bumbu batagor. Sedangkan Wildan bertugas membuat batagor. Sekadar informasi buat kalian nih, semua masakan kami buat sendiri lho (ehem tentu saja dengan resep dan “sedikit” bantuan zah Vivi hehehehe). Setelah semua masakan babak 1 dan babak 2 selesai, kami makan dengan lahapnya sampai kekenyangan, sampai sepertinya hampir tak ada ruang kosong lagi di perut. Tak ada yang lebih membahagiakan ketika bisa makan masakan sendiri bersama orang yang kami kasihi. Alhamdulillah.

Foto 2 Foto 3 Foto 4

Setelah super kekenyangan dan sulit berdiri, zah Vivi menghampiri dan memuji masakan hasil kreasi kami, wah bangganya. Karena kami tak mau merepotkan, piring dan peralatan dapur bekas memasak yang kotor kami cuci dengan hati riang. Hal itu memang menjadi kebiasaan yang ditanamkan ketika kami berkunjung ke rumah zah Vivi. “Dipaksa” masak, makan, mencuci piring, dan menghapal resep serta pulang dalam keadaan perut buncit.

Foto 5 Foto 6

Alhamdulillah tahun ini kami masih bisa berkunjung ke rumah salah satu guru kesayangan kami. Banyak sekali pelajaran yang kami dapat selama berkunjung ke rumah beliau tiap tahunnya, mulai dari perbendahaaraan resep, belajar mandiri dengan masak sendiri, belajar cara menghargai tamu, dan belajar bagaimana memanusiakan manusia. Semoga zah Vivi selalu sehat sehingga kami bisa selalu bertandang ke rumahnya.

Terima kasih zah, tetap menginsiprasi ya.

 

Tulisan ini kami dedikasikan untuk zah Vivi.

Karawang, 13 januari 2016

#YukPulangKampung

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.