Liburan GAK Boleh Mager Sob!

Liburan GAK Boleh Mager Sob!

 

Libur Lebaran  buat pelajar pasti jadi momen menyenangkan, ya bagaimana gak menyenangkan liburnya aja lama banget kan Sob? Nah tapi liburan jangan dihabiskan dengan mager dan tidur-tiduran aja dong Sob. Tidur memang salah satu kenikmatan dunia yang hakiki, iya kan? Iya dong. Eits tapi kita juga harus hati-hati karena menurut penelitian kebanyakan tidur bisa berisiko kematian dini.

 

“HAH SERIUS?”

Dua rius deh. Dikutip dari New York Post, penelitian dari Seoul National University, di Korea Selatan, menganalisis 133.608 orang dewasa berusia 40-69 tahun; dan ditemukan wanita yang tidur lebih dari sepuluh jam per hari memiliki 40 persen kemungkinan kematian dini terkait oleh tiga masalah kesehatan yaitu pinggul membesar, tekanan darah tinggi, dan peningkatan kadar lemak dan gula dalam darah serta kadar kolesterol baik yang menurun. Hal-hal tersebut dapat memicu penyakit jantung, stroke, diabetes, bahkan kanker.

Sedangkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC Public Health  menunjukkan bahwa pria yang tidur lebih dari sepuluh jam memiliki risiko yang lebih kecil, yaitu sekitar 28 persen. Tapi berbeda hasil jika waktu tidur per hari kurang dari enam jam. Pada pria, berisiko 12 persen untuk kematian dini, sedangkan pada wanita hanya sembilan persen yang berisiko tinggi.

Para peneliti meyakini bahwa durasi tidur memengaruhi hormon yang terkait dengan nafsu makan, asupan kalori, dan penggunaan energi.

Jadi yuk cari kesibukan agar waktu libur Lebaran kita tak hanya diisi dengan tidur, walaupun tidur diperlukan namun kamu harus menakar dosisnya juga ya.