Maksimalkan Sepuluh Hari Terakhir Ramadan Dengan Cara Ini Sob!

Maksimalkan Sepuluh Hari Terakhir Ramadan Dengan Cara Ini Sob!

 

Wah Alhamdulillah kita semua telah memasuki sepertiga akhir Ramadan lho Sob, gak kerasa ya Ramadan akan meninggalkan kita. Meski Ramadan mulai beranjak pergi namun kamu bisa memaksimalkan waktu yang ada dengan melakukan lima kegiatan di bawah ini supaya puasamu lebih berfaedah.

 

1. Menghidupkan sepuluh malam terakhir Ramadan

 

Menghidupkan sepuluh malam terakhir Ramadan dilakukan dengan mengajak keluarga untuk meningkatkan kualitas ibadah. Hal ini menunjukkan kesungguhan untuk mendapatkan keutamaan di 10 malam terakhir Ramadan.

 

2. Memperbanyak bersedekah

 

Rasulullah dikenal sebagai seorang yang pemurah. Ia juga sangat dermawan dengan menyedekahkan hartanya. Saat Ramadan, tingkat kedermawanan beliau bertambah dari sebelumnya. Sebagaimana dinyatakan oleh Ibn Abbas ra, “Baginda Rasulullah Saw. adalah orang yang amat pemurah. Pada bulan Ramadan beliau menjadi lebih pemurah lagi.” (Mutaffaq ‘alaih).

 

3. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

 

Ada banyak keutamaan membaca Al Quran, terlebih pada bulan Ramadan. Beberapa keutamaan itu diantaranya adalah semakin mendekatkan diri kepada Allah. Membaca Al Quran juga memperoleh dua pahala yakni pahala membaca dan pahala susah payahnya: “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi ta’at, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” (Hadits Muttafaq alaih).

 

4. Memperbanyak salat malam

 

Bulan Ramadan, selain diwajibkan untuk berpuasa sehari penuh, malamya disunahkan untuk melakukan salat malam yang dikenal dengan salat tarawih. Selain memperoleh pahala, salat tarawih juga akan menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu. “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

 

5. I’tikaf

 

I’tikaf artinya berdiam diri di masjid selama beberapa waktu dengan niat beribadah kepada Allah. I’tikaf sebenarnya bisa dilakukan di setiap waktu, namun, di sepuluh hari terakhir Ramadan ini bisa menjadi kesempatan untuk lebih bersungguh-sungguh.