Idullfitri hanya tinggal menghitung hari Sob, banyak keluarga di berbagai penjuru nusantara mulai sibuk menyiapkan hidangan terbaik untuk Hari Raya. Kalau kita yang tinggal di Pulau Jawa pastilah akrab dengan menu ketupat dan opor, tapi kalau di daerah lain kira-kira apa ya makanan khas Lebarannya?

 

Dilansir dari Detik Food, berikut menu-menu nusantara yang selalu hadir saat Hari Raya.

 

  1. Aceh

Saat Lebaran, para ibu di Aceh akan sibuk membuat kuah labu dan bebek gulai kurma. Kuah labu  terbuat dari labu air lalu dimasak dengan kuah santan dan berbagai bumbu serta rempah, sedangkan bebek gulai kurma ialah olahan daging bebek lalu diguyur kuah gulai dan dimasak tanpa tambahan buah kurma.

 

  1. Madura

Di Madura, ada hidangan unik bernama kella pate. Makanan khas Madura ini biasanya hanya disajikan pada momen-momen besar termasuk ketika Idulfitri. Kella Pate dibuat dari ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasukkan ke dalam kuah santan dan bumbu pekat ditambah irisan belimbing wuluh.

 

  1. Makassar

Sebagian masyarakat Makassar kerap menyajikan ketupat saat Lebaran. Tapi lauk pelengkapnya bukanlah opor ayam melainkan ayam gagape. Hidangan ini termasuk salah satu yang tak pernah absen ketika lebaran tiba.

 

  1. Banjar

Semangkuk soto banjar yang disajikan ketika Lebaran dianggap sebagai simbol menyambut dan menjamu tamu spesial. Soto banjar yang hangat berkuah gurih ini tak pernah absen ketika berlebaran di rumah orang asli suku Banjar.

 

  1. Pontianak

Masyarakat Pontianak khususnya warga Melayu dan sekitarnya, menyantap lemang lepat , rendang daging, ditambah serundeng saat Lebaran tiba.