Mempererat Tali Persaudaraan di Futsal OHARA 2016

img_9236

Hari ini (25/10) Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) 2016 telah dimulai, tapi ini baru pra acara saja karena OHARA 2016 dimulai esok hari. Wah, kami senang sekali karena OHARA yang dinantikan akhirnya datang juga.

Oh iya, sedari pagi hingga sore berlangsung pertandingan Futsal yang diadakan di lapangan Futsal SMART lho. Pertandingan Futsal yang diikuti oleh 16 tim dari 14 sekolah dari seluruh Indonesia berlangsung sangat meriah. Akan tetapi, sebelum dimulai para peserta diminta untuk meregistrasi ulang kepesertaan agar dapat mengikuti pertandingan.  Para pendukung  bersorak sorai, merangsek hingga memenuhi tepi Lapangan Futsal SMART dan memperlihatkan betapa antusiasnya mereka. Gemuruh tepuk tangan membahana terdengar hingga ke atap-atap lapangan futsal.

img_9244

“Pertandingannya seru sekali, komentatornya menambah semarak suasana pertandingan siang ini. Keren nih OHARA,” ujar Abdi, siswa SMP Wiyata Mandala yang mengaku sangat antusias mengikuti pertandingan Futsal dalam OHARA 2016.

Lalu sekolah mana saja yang berpartisipasi? Adapun sekolah yang berpartisipasi antara lain: MtsN Parung, Tazkia Insani, SMART, Khalifah Internasional, Muhammadiyah Serpong, SMP Cendekia, Darul Muttaqin, Baitussalam, SMPIT Darul Quran, Yamanka, SMPN 1 Kemang, Wiyata Mandala, SMPN 2 Parung, Nurul Iman, dan Al-Hamidiyah Depok. Di bawah ini kamu bisa melihat bagan pertandingannya.

 

bagan-futsall

 

Adapun sistem yang dipakai adalah sistem gugur yang dibagi melalui mekanisme random. Jumlah pemain untuk setiap tim terdiri dari 12 orang dan telah didaftarkan sebelumnya. Peserta (pemain) yang  telah mendaftar tidak dapat digantikan oleh peserta lain selama turnamen futsal berlangsung.

img_9259

Nah, apabila terjadi draw maka akan langsung diadakan adu tendangan penalti dengan ketentuan 3+1+koin, apabila terdapat tim yang pada saat jadwal pertandingan harus bertanding namun tidak hadir maka tim tersebut dinyatakan walk out, sama halnya jika tim tidak datang dalam waktu 15 menit dari jadwal yang telah ditentukan maka tim juga dinyatakan walk out. Pemain minimal pada saat di lapangan adalah tiga orang. Selama bertanding para peserta tidak diperkenankan berbuat curang, jika curang maka ada ganjarannya. Ganjaran berupa pemberian kartu kuning atau merah. Pemain yang memeroleh kartu kuning akan dikenai denda Rp 15.000 dan boleh bermain pada pertandingan selanjutnya, sedangkan pemain  yang mendapatkan kartu merah akan dikenai denda Rp 20.000 dan tidak boleh bermain pada pertandingan selanjutnya.

Mewadahi bakat dan minat siswa sekolah menengah serta mengikat tali persaudaraan antar sekolah merupakan tujuan diadakannya pertandingan futsal ini.  Semoga dengan mengikuti lomba Futsal OHARA 2016 para pelajar se-Nusantara dapat menyalurkan energi positif di dalam diri mereka untuk mengekspresikan budaya bangsa ke seluruh penjuru negeri.

img_9267