Mencintai Literasi di Bulan Bahasa

dscf1261

Lapangan SMART menjadi saksi bisu dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan SMART sejak angkatan pertama. Bisa dibilang SMART berbeda dengan sekolah-sekolah lain, jika di sekolah lain upacara biasa diadakan setiap Senin, di sekolah kami hampir setiap hari lho (tentu saja Sabtu dan Minggu tak termasuk). Sebut saja ia Apel Pagi, kegiatan ini telah dimulai sejak SMART berdiri sekitar 14 tahun yang lalu. Karena berbeda dengan upacara, maka lebih banyak kegiatan menarik di Apel Pagi, seperti pagi ini (23/11), Lapangan SMART terlihat sangat semarak dan penuh dengan kegembiraan. Apa pasal? Pasalnya dua teman kami membawakan Stand Up Comedy dihadapan ratusan siswa SMART dan para guru dengan gaya mereka yang unik dan menarik.

dscf1318 dscf1320

“Dari lahir gue udah jadi pejabat; Peranakan Jawa Batak,” buka Rizky Dwi Satrio, Kelas XII IPA, yang disambut gelak tawa. Skrip komedi yang ia bawakan makin membuat para peserta Apel Pagi riuh dengan tawa. Setelah Satrio puas mengocok perut kami tiba giliran Boby Anggara, Kelas XII IPA, membawakan skrip komedi selanjutnya. Penampilan Boby juga mampu membuat kami semua tergelak.

Oh iya kamu pasti heran ya kenapa bisa ada Stand Up Comedy di Apel Pagi, jadi begini, Sejak 16 November lalu hingga 24 November nanti kami mengadakan Bulan Bahasa SMART. Bulan Bahasa merupakan kegiatan yang dihelat oleh Organisasi Akademika SMART (OASE) agar para siswa SMART lebih mencintai literasi. Sekadar info untukmu kalau kondisi literasi di Indonesia dapat dibilang masih kurang, Indonesia saja tercatat menempati peringkat 64 dari 65 negara yang menjadi objek dalam hal literasi. Bahkan tingkat membaca siswa di Indonesia menempati urutan 57 dari 65 negara (PISA, 2010), pun indeks minat membaca masih berada pada angka 0,001 yang artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang membaca.

Naah Bulan Bahasa ini menjadi ajang kami untuk lebih mencintai literasi, ada beberapa kegiatan yang kami adakan seperti Stand Up Comedy, Khitobah (ceramah menggunakan bahasa Arab), dan Balas Pantun. Pelaksanaan Bulan Bahasa dilaksanakan di lokasi dan jam yang berbeda-beda, Stand Up Comedy diadakan setiap pagi di lapangan apel, Khitobah dilaksanakan lepas Zuhur di Masjid Al-Insan, dan Balas Pantun diadakan di kelas lepas Asar.

fb_img_1479808092764 p_20161122_122205 img-20161012-wa0003

Kami tak menyangka jika peminat Bulan Bahasa banyaak sekali, sekitar 150 siswa turut berpartisipasi dan meramaikan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini. Kami berharap jika Bulan Bahasa tahun ini mampu membuat kami lebih rajin untuk membaca, menelaah, dan mengingatkan teman yang lain betapa pentingnya membaca dan berliterasi. (AR x MA)

 

img-20161025-wa0005