Mengasah Jiwa Kepemimpinan di SMART Camp

IMG-20170425-WA0002

SMART Ekselensia sebagai Islamic Leadership Boarding School memiliki beberapa kegiatan unggulan guna mendukung proses pembinaan para siswanya, salah satu program unggulan yang rutin diberikan kepada siswa adalah SMART Camp. Kegiatan ini diberikan kepada siswa kelas 7 dan 8 SMP. Pelaksanaan kegiatan SMART Camp biasanya diadakan di luar lingkungan sekolah di tempat yang memiliki fasilitas outbond dan menyajikan pemandangan alam.

Rangkaian kegiatan disusun oleh guru dengan model yang sama, yakni berkelompok. Hal ini bertujuan agar dapat melatih kerjasama antar siswa SMART. Beberapa kegiatan dalam SMART Camp antara lain pentas seni kelompok di mana siswa diminta untuk menampilkan kreativitas seni secara bebas, beberapa permainan seru untuk melatih mental; kecermatan; dan kekompakan tim, serta ada pula jurit malam. Jurit malam merupakan kegiatan yang cukup menegangkan, sebab beberapa siswa terpilih akan dibangunkan tengah malam disaat yang lain sedang tertidur pulas. Para siswa ini diminta menutup mata dan hanya mengikuti tepukan suara untuk menyelesaikan misi bagi kelompok mereka di setiap pos yang telah dijaga oleh panitia. Seru sekali deh.

IMG-20170425-WA0001

Di hari terakhir kegiatan SMART Camp semua siswa diminta turun ke kolam untuk mengambil ikan dengan tangan kosong. Ikan yang berhasil ditangkap akan dijadikan bekal makan siang, hmm enaknya. Kegiatan ini dinilai sangat baik untuk melatih para siswa agar memahami bahwa apapun yang mereka inginkan tentunya dibutuhkan usaha dan kerja keras, serta kerjasama yang baik.

Itulah beberapa rangkaian kegiatan SMART Camp Islamic Leadership Boarding School SMART. Semoga dengan pola pembinaan tersebut SMART mampu mencetak pemimpin masa depan yang jujur, amanah, dan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak secara baik. (PM)