Sob menghafal Al-Qur’an merupakan sarana kita mendekatkan diri kepada Allah Swt lho. Namun tahukah kamu kalau ada beberapa faedah menghafalkan Al-Qur’an? Yuk simak poin-poinnya di bawah

1. Bahwasanya orang yang hafal Alquran akan Allah jadikan baginya kedudukan di hati-hati manusia dan kemuliaan

إن الله يرفع بهذا الكتاب أقواما و يضع به آخرين

“Sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan kitab ini dan menghinakan yang lain dengannya.” (HR Muslim)

2. Menghafal Al-Qur’an akan membantu lisan sang penghafal senantiasa terjaga dan mampu mengucapkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan baik

3. Membantu kekuatan daya ingat

4. Jika sang penghafal adalah pelajar maka Allah akan memberikan ia kedudukan yang lebih diantara teman-teman di kelasnya -tentu saja dengan izin Allah- karena Allah mencintainya sebagai seorang penghafal Al-Qur’an.

5. Menghafal Al-Qur’an dapat menambah keimanan

6. Orang yang hafal Al-Qur’an termasuk orang yang paling baik diantara manusia dan paling mulia diantara manusia lainnya.

7. Penghafal Al-Qur’an termasuk ke dalam orang yang paling tinggi derajatnya diantara manusia di Jannah. Sebagaimana firman di dalam Alquran:

اقرأ وارتق و رتّل كما كنت ترتّل في الدنيا, فإنّ منزلتك عند آخر آية تقرؤها

“Bacalah dengan baik dan baguskanlah sebagaimana kamu membacanya dengan tartil pada waktu kamu di dunia. Karena sesungguhnya tempatmu tergantung pada akhir ayat yang kamu baca.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi dan dia berkata Hadits Shahih).

8. Orang yang menghafal Al-Qur’an akan bersama-sama dengan malaikat yang mulia :

عن عائشة رضي الله عنها قالت: قال رسول الله : الذي يقرأ القرآن و هو ماهر به مع السفرة الكرام البررة, و الذي يقرأ القرآن و يتتعتع فيه و هو عليه شاق له أجران

“Dari ‘Aisyah berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata: Orang yang mahir membaca Al-Qur’an maka nanti akan berkumpul bersama-sama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al-Qur’an maka dia mendapat dua pahala.” (HR Bukhari dan Muslim)

عن أبي موسى الأشعري قال : قال رسول الله : مثل المؤمن الذي يقرأ القرآن مثل الأترجة: ريحها طيب و طعمها طيب, و مثل المؤمن الذي لا يقرأ القرآن كمثل التمر لا ريح لها و طعمها حلو,و مثل المنافق الذي يقرأ القرآن كمثل الريحانة: ريحها طيب و طعمها مرّ, و مثل المنافق الذي يقرأ القرآن كمثل الحنظلة: ليس ريح و طعمها مرّ

Dari Abu Musa Al Asy’ary berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur’an seperti Utrujah, harum baunya dan lezat rasanya. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an seperti kurma, tidak berbau tetapi manis rasanya. Dan perumpamaan orang munafiq yang membaca Al-Qur’an seperti raihanah, harum baunya tapi pahit rasanya, sedangkan perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca Al-Qur’an seperti handzolah yang tidak ada baunya dan pahit rasanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

9. Sesungguhnya Alquran akan memberi syafa’at kepada orang yang membacanya pada hari kiamat dan memasukkannya ke dalam jannah.

عن أبي أمامة قال : سمعت رسول الله يقول: اقرؤوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه

Dari Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu ia berkataa: saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi pembacanya.” (HR Muslim)

 

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dicintai Allah karena gemar menghafal Al-Qur’an ya, aamiin.

 

Sumber: https://wanitasalihah.com/faidah-faidah-menghafal-al-quran/