Mengisi Kembali Semangat dan Jiwa Kepemimpinan di SMART Recharge Excellent

IMG-20170128-WA0004

Lepas Pulang Kampung, sejak menjejakkan kaki di SMART beberapa minggu lalu hati ini rasa tak nyaman. Banyak dari kami yang mendengar kabar burung seputar kegiatan leadership SMART bersama Kopassus TNI AD, mendengar nama TNI saja sempat membuat kami kalang kabut, beruntung kami bisa mengendalikan semua perasaan negatif tersebut.

***

IMG-20170128-WA0000

Bulan demi bulan berlalu hingga beberapa hari lalu guru kami mengabarkan kalau kegiatan leadership resmi diadakan dan jatuh pada Sabtu (28-01) dan Minggu (29-01), sontak saja kabar tersebut membuat kami kaget. Bak tersambar halilintar, hehe maaf terlalu berlebihan, bak mendapatkan durian runtuh kami (sedikit) lega dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Kok leganya sedikit?”

Pertama, lega karena akhirnya ada kejelasan dan kabar burung tersebut terbukti benar. Kedua, “sedikit” karena kami belum mempersiapkan banyak hal yang dibutuhkan. Tapi tenang kami semua sudah siap dan yakin kalau kegiatan ini akan menambah pengalaman kami, terutama di bidang kepemimpinan.

***

IMG-20170128-WA0001 IMG-20170128-WA0013 IMG-20170128-WA0008 IMG-20170128-WA0003 IMG-20170128-WA0002

Pagi-pagi sekali kami, 240 siswa SMART, telah rapi dan terlihat sangat siap menyambut hari ini. Kami dikumpulkan di Lapangan Bola SMART, di sana kami disambut penuh senyum oleh bapak-bapak Kopassus (yang dalam bayangan kami galak namun ternyata tidak), sejurus kemudian kami mendapatkan banyak arahan terkait kegiatan yang kami ikuti hingga esok hari.

Kegiatan yang diberi nama “SMART Recharge Excellent” ini bertujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan kami, menanamkan jiwa saling menghargai; menghormati; saling merasakan kebahagiaan dan penderitaan serta gotong royong dalam beragam urusan atau biasa dikenal dengan jiwa korsa, membentuk kedisiplinan kami, dan menancapkan kembali nilai-nilai SMART (jujur, santun, sungguh-sungguh, disiplin dan peduli) agar kelak ketika lulus dari SMART semua nilai tersebut akan tetap terpatri dalam jiwa kami.

“Lalu kenapa kegiatan ini turut memboyong Kopassus TNI AD?” Jawabannya karena kredibilitas mereka dalam membuat pola pelatihan teratur serta sistematis telah teruji dan tentu saja telah terbukti. Diharapkan kegiatan dengan jadwal padat ini akan membuat kami lebih disiplin dalam segala hal, semakin hormat kepada guru, memiliki mental kuat bak prajurit, dan rela berjuang demi agama bangsa dan negara. Luar biasa sekali, kami makin semangat dibuatnya.

Semua gundah gulana, rasa tak nyaman, dan kalang kabut yang kami rasakan sebelumnya tiba-tiba sirna. Kami yakin selalu ada hikmah dan hal positif dapat kami petik dalam hidup, sekarang kami akan memetik beragam ilmu tentang kepemimpinan, kemandirian, dan kesetiakawanan. (AR)