“My Trip My Journey Within” Akan Selalu Membekas di Hati Kami

06 November 2016

Selepas Shalat Asar dan selepas SMART Bertadarus, tiba-tiba pak Wildan, guru kami, maju ke depan mimbar membawa sebuah kabar gembira.”Esok hari kita semua akan melaksanakan field trip,” ujarnya penuh semangat. “Field trip akan dilaksanakan di Yakult dan setelahnya kita akan menuju Lido, Sukabumi. Saat field trip seluruh siswa wajib menggunakan seragam batik dan jangan lupamembawa baju ganti untuk di Lido,” tambahnya. Sontak kabar tersebut membuat kami semua senang bukan kepalang, riuh suara kami memenuhi langit-langit Masjid Al-Insan sore itu. Namun suasana mendadak sepi  ketika…. “Namun kalian harus sudah siap pukul 04.20 pagi karena kita akan berangkat pukul 05.00 pagi,” tutupnya.  Beberapa dari kami terpekur karena khawatir tidak bisa siap sepagi itu, namun yang lain menyemangati dan meyakinkan kalau kami semua PASTI bisa siap dengan waktu yang sudah ditentukan. Sore itu kami pulang ke asrama dengan perasaan Nano Nano alias campur aduk.

 

08 November 2016

Waktu menunjukkan pukul 02.30 pagi, suara alarm yang memekakkan telinga berhasil membangunkan seisi kamar. Pagi itu kami sangat sibuk, ada yang sedang bersiap-siap; menyetrika pakaian; mandi; dan membangunkan yang lain. Tetapi dikejauhan samar-samar kami melihat adik-adik kelas yang telah rapi jali, buru-buru kami menatap jam yang menempel di dinding dan terkejut karena waktu menunjukan pukul 03.00 pagi. Kami yang saat ini duduk di kelas 5 hanya bisa bergumam: “Hmmm rajin sekali adik-adik itu ya” sembari sibuk memasukkan ini dan itu ke dalam tas. Dirasa semua hal telah sukses dilakukan kami menuju ke masjid untuk melaksanakan Shalat Subuh berjamaah, setelah shalat semua siswa turun ke bawah untuk makan pagi bersama.

“Kepada seluruh siswa SMART diharapkan segera berkumpul di lapangan”. Tanpa tedeng aling-aling kami semua sudah berada di lapangan,membentuk barisan berbanjar. Pagi itu begitu dingin, beruntung kami semua membawa jaket tebal. “Ayo seluruh siswa, jadilah yang teraktif dalam kegiatan field trip tahun ini. Persiapkanlah diri kalian sebaik mungkin,” seru seorang guru menyemangati kami sebelum acara field trip 2016 dilaksanakan.

foto-1

foto-2

foto-3

foto-4

Lima bus besar telah menanti kami di luar gerbang sekolah,kami dibagi berdasarkan kelas. Bus 1 untuk kelas 12, Bus 2 untuk kelas 11, Bus 3 untuk kelas 3, Bus 4 untuk kelas 2, dan Bus 5 untuk kelas 1; setiap bus dipimpin oleh guru yang menjadi penanggungjawab kegiatan hari itu. Tepat pukul 05.00 kami berangkat menuju destinasi pertama kami, pabrik Yakult yang terletak di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

foto-5

foto-6

Field trip sendiri merupakan kegiatan rutin SMART yang dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini kami berkunjung ke pabrik Yakult dan dilanjutkan ke Lido, setiap tahun destinasinya selalu berbeda dan kami tak sabar karenanya. Mengusung tema “My Trip My Journey Within” field trip tahun ini diharapkan mampu mempererat ikatan antara siswa dan para guru dan membuat kami makin semangat untuk belajar dan menggapai mimpi yang ingin kami gapai. Perjalanan menuju Yakult begitu menyenangkan, teman-teman kami tak bisa diam, selalu bergerak ke sana gerak ke sini, ngobrol ini itu, bernyayi, sampai berbagi penganan ringan yang telah dipersiapkan di hari sebelumnya. Waktu terus berjalan hingga kami pun terlelap.

foto-7

 

foto-8

foto-9

Sesampainya di Pabrik Yakult kami harus menunggu beberapa lama. Hingga akhirnya kami disambut oleh Humas Yakult seraya mempersilakan  kami masuk ke dalam ruangan khusus dan membagikan welcome drink berupa beberapa botol Yakult dan makanan ringan.

foto-10

foto-11

foto-12

foto-13

foto-14

foto-15

Kami semua diminta menampati kursi-kursi kosong yang telah disediakan. Para petugas dengan sigap mengarahkan kami tanpa buang-buang waktu. Kami takjub dibuatnya

foto-a

foto-b

foto-c

foto-d

Di dalam kami dijelaskan seputar sejarah Yakult dan bagaimana Yakult tercipta.Yakult didirikan pada 1967 silam dan hingga saat ini masih aktif menggadang minuman sehat yang berguna untuk menjaga usus kita, Yakult mengandung bakteri bernama L.casei Shirota strain yang ditemukan 80 tahun lalu di Kyoto Imperial University, Jepang.

foto-16

foto-17

foto-18

Sebagai informasi untuk kalian, Yakult mampu memproduksi hingga 6 juta botol setiap harinya lho. Selama di sana kami juga diajak berkeliling untuk melihat kegiatan di pabrik Yakult, namun sayang kami tak diperkenankan mengambil gambar selama berkeliling.

foto-19

foto-20

Setelah puas berkeliling kami kembali ke ruangan, di sana Humas Yakult berpesan, “Kalian harus terus mengejar cita. Jangan mau kalah dengan bangsa-bangsa besar. Sudah saatnya negara kita memimpin, dan kalian adalah calon-calon pemimpin tersebut. Teruslah belajar dan jangan putus asa mengejar mimpi”. Pesan yang sungguh makjleb dan sangat membekas. Menutup kunjungan kami di Yakult, pak July, Kepala Sekolah SMART, memberikan kenang-kenangan dan kami berfoto bersama di luar.

foto-21

foto-22

foto-23

foto-24

Banyak pelajaran kami dapatkan selama di Yakult, kami sangat senang walau waktunya kurang panjang. Satu per satu kami kembali memasuki bus untuk destinasi selanjutnya, Lido. Menurut keterangan guru, di Lido kami akan melakukan berbagai permainan menyenangkan, bukan hanya menyenangkan tapi juga mampu membuat hubungan kami kian erat antara satu dengan yang lain. Selama perjalanan ke Lido langit terlihat muram, kami berdoa semoga tak hujan. Doa kami terkabul, sesampainya di sana kami lekas berganti pakaian dan berkumpul di lapangan.

foto-25

foto-26

foto-27

Pak Cipto, guru kami yang merangkap coach permainan, mulai mengarahkan kami membentuk barisan berdasar kelas.

foto-e

Permainan pertama dimulai dengan strategi kepercayaan, setiap baris harus mengikuti instruksi dengan benar dan kekompakan sangat dibutuhkan di permainan ini. Semua peserta akan menjadi nahkoda ketika aba-aba diberikan, jika pak Cipto berkata “KANAN” maka seluruh  peserta harus bergerak ke kiri dan seterusnya. Permainan berlangsung sangat seru dan meriah, kami belajar satu hal dari permainan ini: sebagai tim harus lah kompak jika mau meraih kemenangan bersama.

foto-28

foto-29

foto-30

Permainan pertama selesai, kami masuk pada sesi permainan kedua. Pada sesi kedua ini lagi-lagi kekompakan kami diuji, kami semua duduk sambil merapatkan kaki lalu diberi bola kecil yang sejurus kemudian harus diserahkan kepada teman disebelah kami hingga garis akhir dengan cara apapun. Agak sulit memang namun kami bisa melakukannya karena kami percaya akan kekuatan persahabatan selama di SMART. Suasana kian meriah karena ada bola yang terjatuh, jika bola terjatuh maka harus dimulai dari awal lagi, seru sekali.

foto-31

foto-31a

Masih banyak permainan seru lain yang kami lakukan, salah satunya Permainan Kepercayaan. Kami semua diminta untuk mengangkat teman kami hingga garis akhir, kami semua berada dalam posisi duduk, yang kami butuhkan hanya percaya dengan rekan setim. Selama permainan berlangsung tak henti-hentinya kami saling menyemangati dan tergelak, guru-guru pun tak ketinggalan mengabadikan momen tersebut.

foto-32

Kami masih ingin sekali bermain, namun alam berkata lain. Awan muram yang sedari tadi nampak bersedih, akhirnya menangis juga. Hujan turun dengan sangat lebat, kami kocar kacir mencari tempat berteduh. Walau hujan sangat lebat, beberapa teman kami malah memilih untuk berenang, sungguh unik.

foto-33

Ah field trip tahun ini sungguh menyenangkan. Banyak pelajaran hebat kami dapatkan, banyak keakraban terjalin, banyak senda gurau yang membuat kami semakin percaya jika SMART merupakan rumah kedua kami yang tak tergantikan. Kami berharap kebersamaan dan keakraban ini akan terus terjalin sampai kapanpun, aamiin.

Sampai jumpa di field trip selanjutnya! (AR)