20 Februari 2020. Pagi ini syahdu, mendung ditemani rintik hujan membersamai derap langkah para mujahid ilmu di tatar cendekia.

 

Hujan di pagi hari tak menyurutkan sedikitpun semangat kami dalam melakukan aktivitas berbau pendidikan, salah satunya Apel Pagi. Di saat orang lain memilih menarik lagi selimutnya dan meneruskan mimpi indah, para pembelajar sejati di SMART tetap semangat menyongsong pagi.

 

Apel pagi yang biasanya dilaksanakan di lapangan kali ini harus menerima nasibnya ketika dilaksanakan di lapangan. Kenapa dan untuk apa Apel Pagi diadakan? Kan bisa kalau Apel Pagi ditiadakan saja karena hujan.

 

اذا عرفت بعد السفر فالستعد

 

“Jika kamu sungguh telah mengetahui jauhnya perjalanan, maka bersiaplah (siapkan segala sesuatu) dengan baik”.

 

Karena kami sadar langkah kami masih terlalu pagi untuk kami hentikan, ungkapan dari pepatah arab itu mengajarkan kepada kami untuk menyiapkan perjalanan belajar dengan baik.  Dengan Apel Pagi, kami tanamkan nilai Disiplin.

 

Siswa dan guru secara khidmat, rapi dan tertib mengikuti kegiatan apel pagi.K ami tanamkan nilai-nilai disiplin bukan hanya dengan memberi contoh tapi menjadikan setiap hela nafas dan gerak kami qudwah bagi siapapun. Semoga berdirinya kami (siswa dan guru) pagi ini menjadi saksi dan pemberat amal baik kami dihadapan Rabb Jalla Jalaluh. Allahumma Aamin

 

Harta, ilmu, pangkat dan jabatan hakikatnya semua titipan yang kelak pada saatnya akan ditanggalkan.

 

-Asep Rogia_

Guru Bahasa Arab SMART