Perjuangan Tanpa Henti

Ujian Nasional hanya tinggal menghitung bulan, namun kami baru menyadari kalau persiapan menyambut UN yang fenomenal itu belum maksimal. Kabar berhembus kalau kelas XII (alias kelas tertinggi dan paling akhir) merupakan kelas penuh ujian, kabar tersebut memang benar adanya oleh karena itu kami lebih banyak belajar, lebih banyak menganalisis, dan HARUS siap menghadapi berbagai kemungkinan. Iya, termasuk kemungkinan terburuk.

Untuk meminimalisasi kemungkinan tersebut sekolah kami mengadakan Try Out (TO) lanjutan yang diadakan Senin hingga Jumat (13-17 Februari).

IMG-20170215-WA0018 IMG-20170215-WA0017

TO sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang dihelat sekolah untuk memaksimalkan kemampuan kami dalam belajar menjelang UN dan SBMPTN, TO lanjutan kali ini memakan waktu lebih lama dengan jadwal cukup padat, tetapi karena kami sudah mempersiapkan diri jadi tak kesulitan mengikuti jadwal yang telah ditentukan sekolah.

Kami dibagi ke dalam dua kelas, Kelas IPA dan Kelas IPS. Masing-masing kelas diuji berdasarkan kompetensinya masing-masing, ada banyak materi yang diujikan diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta ditambah peminatan seperti Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Hari Senin sampai Kamis kami melaksanakan TO UN sedangkan Jumat dikhususkan untuk TO SBMPTN, masing-masing mata pelajaran yang diujikan memakan waktu hingga dua jam.

IMG-20170215-WA0016 IMG-20170215-WA0014

Kalau menurut pak Juli, kepala sekolah kami, tujuan dilaksanakannya TO agar kami memiliki gambaran serta target untuk menentukan PTN yang kelak dipilih. Selain itu diharapkan TO juga mampu membuat kami semakin keras dalam belajar dan cerdas dalam mengatur waktu belajar, jika etos belajar kami sudah pas bukan tidak mungkin impian masuk PTN favorit tercapai.  Wah setuju sekali deh dengan pemaparan pak Juli.

“TO lanjutan kali ini lebih greget sih, tapi Alhamdulillah membuat kami memiliki gambaran untuk praktik riilnya nanti,” ujar Vikram, Kelas XII IPA, ketika ditemui dijeda istirahat. “Tapi tadi Matematikanya dahsyat, benar-benar menguras pikiran sekali,” timpal Haidar, Kelas XII IPA.

IMG-20170215-WA0012 IMG-20170215-WA0011

Walau energi terkuras dan kepala cenat cenut ketika menjawab soal-soal, tapi kami tak akan menyerah begitu saja dengan “ujian” ini. Kami akan terus giat belajar, mengasah kemampuan dengan menjawab beragam latihan soal, terus berbenah diri agar cita kami untuk lulus dengan nilai baik, berdoa lebih banyak hingga mimpi kami diterima di PTN impian tercapai.

Doakan kami, ya! (AR)