Pengalamanku di Bengkulu

Oleh: Muhammad Zikrur Rahman.

 

Perkenalkan, namaku Muhammad Zikrur Rahman, panggil saja aku Zikru. Aku berasal dari kota Solok, Sumatera Barat. Usiaku sekarang 16 tahun dan duduk di kelas XII di SMART Ekselensia Indonesia. Saat ini keluargaku menetap di Bengkulu setelah beberapa kali harus berpindah tempat tinggal. Liburan kali ini agak berbeda, karena biasanya aku pulang ke Solok namun tahun ini harus berpuas diri berlibur di tempat baru, Bengkulu. Cukup mengejutkan mengetahui bahwa aku tak lagi tinggal di Solok, namun aku senang karena Bengkulu ternyata menyimpan banyak hal tak terlupakan.

Foto 1

Sore itu matahari bersinar malu-malu, di kejauhan terdengar suara-suara yang sepertinya sudah kukenal lama tapi lupa di mana. Tanpa ragu kulangkahkan kakiku menuju suara yang sudah lama tak kudengar, ah itu pantai, ah suara desiran ombak. Suara ombak yang khas tak pelak membuatku bahagia, membuatku lebih hidup. Selama ini yang kudengar hanya hingar bingar teman-teman sekamar dan juga teman-teman sekolahku, dan satu-satunya penghibur ialah pemandangan hutan kecil dan jalan raya dari jendela kamarku di asrama.

Foto 2

Pantai Panjang, orang Bengkulu menyebutnya begitu. Kira-kira kamu tahu gak kenapa disebut Pantai Panjang? Jadi Pantai Panjang merupakan pantai yang memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 7 kilometer, hal ini menjadi salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Panjang. Pantai Panjang berada di kawasan yang sangat strategis, membuat pantai ini selalu ramai didatangi para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan juga turis mancanegara. Kalau kamu berkunjung ke sini kamu hanya perlu menempuh waktu sekitar 15 menit dengan jarak 3 KM dari kota Bengkulu. Pantai Panjang menyuguhkan pesona keindahan yang sangat menggoda, hamparan pasir putih bersih yang sangat luas pasti akan buatmu bertah berlama-lama di sana. Pokoknya indah sekali.

Foto 3 Foto 4

Aku yang baru pertama kali ke sana pun dibuat terkagum-kagum, yang awalnya hanya sekadar iseng berubah menjadi jatuh hati. Kuhabiskan waktuku menikmati sunset yang cantik di cakrawala, lalu pulang ke rumah dengan bahagia dan tidur dengan pulas. Tapi petualanganku tak berhenti sampai sini saja lho hehe.

Foto 5

Keesokan harinya aku dan abangku merencanakan perjalanan seru lain di Bengkulu, walaupun sempat kebingungan beberapa saat namun akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Fort Marlborough atau lebih dikenal dengan sebutan Benteng Marlborough. Benteng Marlborough ialah benteng peninggalan Inggris, benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) pada 1713-1719 di bawah kepemimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah Benteng St.George di Madras, India.. Benteng Marlborough sendiri didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu dan masih banyak kejadian lain yang terjadi pada Benteng Marlborough. Hingga akhirnya pada 1977 benteng ini diserahkan kepada Depdikbud untuk dipugar dan dijadikan bangunan bersejarah.

Foto 6 Foto 7

Lagi-lagi aku kembali tercengang dengan yang Bengkulu miliki, tak disangka Benteng Marlborough masih cukup gagah dan indah, tak pernah kusangka ada benteng seperti ini. Yang makin membuatku kagum ialah pemerintah kota Bengkulu terlihat sekali menjaga bangunan ini, bahkan sulit sekali untuk menemukan sampah di sini, bersiiih sekali. Tak kulewatkan sedikitpun untuk tak mengambil gambar melalui gawai pemberian kerabatku. Kembali kutemukan sisi lain Bengkulu yang membuatku semakin jatuh hati. Oh ya sampai lupa, kamu harus membayar Rp 5.000 untuk masuk ke dalam Benteng Marlborough, harga tiketnya yang tak terlalu mahal membuat benteng ini semakin diminati warga Bengkulu dan wisatawan lain.

Foto 8 Foto 9

Liburan kali ini merupakan liburan sekolah paling berkesan. Aku sangat bahagia bisa mendapatkan banyak pengalaman dari plesiranku di sini, bahkan aku belajar Sejarah dan juga Geografi hehehe, senang rasanya bisa belajar selain di sekolah. memang sih banyak tempat yang belum kujelajah dan kuceritakan padamu, tapi semoga sedikit ceritaku di Pantai Panjang dan Fort Marlborough dapat memberikan referensi ketika kamu berkunjung ke Bengkulu nanti.

 

Salam hangat dari Bengkulu,

Zikru.

#PulangKampungnyaSMART

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.